Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Antoine Lavoisier, Penemu Hukum Kekekalan Massa

Antoine Lavoisier, Penemu Hukum Kekekalan Massa

Tiga Ratus tahun yang lalu bahkan ilmuwan yang paling terpelajar pun memiliki beberapa gagasan aneh. Tidak sedikit dari mereka yang peduli dengan perubahan kimia yang kami bakar. Mereka percaya (secara sederhana) bahwa zat misterius yang disebut phlogiston dicampur dengan kayu, batu bara, kertas dan sebagainya – sebenarnya semua zat yang dapat dibakar. 

Jika suatu bahan bakar ditimbang sebelum dibakar dan abu yang tertinggal setelah dibakar, tampaknya menjadi lebih ringan selama proses tersebut. Ilmuwan awal berpikir bahwa phlogiston telah menghilang selama pembakaran, hanya menyisakan abu. 

(Sekarang diketahui bahwa bahan bakar tampak menjadi lebih ringan hanya ketika beberapa produk pembakaran keluar sebagai gas. Berat total abu dan gas selalu lebih besar daripada berat bahan bakar aslinya.)

Namun, hal itu menjadi jelas. bahwa "teori phlogiston" tentang pembakaran tidak memberikan penjelasan fakta yang benar-benar memadai. Penghargaan untuk penggulingan terakhirnya dapat diberikan kepada ahli kimia Prancis Antoine Lavoisier (1743 – 1794). 

Beberapa tahun sebelumnya, Scheele dan Priestley telah menemukan gas oksigen, meskipun mereka tidak menjelaskan apa itu atau apa fungsinya. 

Antoine Lavoisier, dalam serangkaian eksperimen penting, menunjukkan bahwa udara sebagian besar terdiri dari gas oksigen dan nitrogen dan oksigen memainkan peran penting dalam proses pembakaran.

Eksperimen Antoine Lavoisier yang paling terkenal melibatkan pemanasan merkuri (cairan keperakan yang digunakan dalam termometer). Ahli kimia itu memasukkan empat ons merkuri ke dalam retort. Sebuah tabung dari retort dilewatkan ke toples kedap udara yang ditempatkan di palung merkuri untuk menutupnya. 

Retort dipanaskan dengan tungku kecil, dan segera Antoine Lavoisier mencatat bahwa sisik merah kecil mulai terbentuk di permukaan merkuri dalam retort. Ini merupakan tanda bahwa sedang berlangsung perubahan kimia pembakaran (burning). Beberapa merkuri bergabung dengan oksigen untuk menghasilkan merkuri oksida (sisik merah)

Peralatan Lavoisier untuk eksperimen terkenal di mana ia menunjukkan pentingnya oksigen dalam proses pembakaran

Setelah dua belas hari ditemukan bahwa tidak ada lagi kerak yang terbentuk. Proses pembakaran selesai. Sekitar seperlima dari udara di retort telah habis, meskipun hanya sedikit merkuri yang hilang.

Antoine Lavoisier menyadari bahwa gas yang digunakan (oksigen) telah bergabung dengan merkuri. Gas yang tersisa (sekarang disebut nitrogen) tidak bergabung dan tetap tidak berubah.

Bagian kedua dari eksperimen Antoine Lavoisier menyatakan gagasannya tentang peran oksigen dalam pembakaran. Dia menghilangkan sisik merah dari merkuri dan meletakkannya dengan hati-hati di retort lain. 

Dia kemudian memanaskannya (ke suhu yang agak lebih tinggi daripada di bagian pertama percobaan). Hasilnya, merkuri dan oksigen dalam timbangan (mercuric oxide) terpisah sekali lagi. 

Mengukur berat merkuri dan oksigen Antoine Lavoisier menemukan bahwa mereka persis sama seperti yang telah "hilang" sebelumnya. Secara kebetulan, ahli kimia telah menggunakan zat (merkuri) di mana perubahan kimia ini dapat dibalik.

Kesimpulan yang dicapai oleh Antoine Lavoisier sebagai hasil dari eksperimen ini adalah, pertama, oksigen membentuk sekitar seperlima dari udara, kedua bahwa oksigen memainkan peran penting dalam proses pembakaran, benar-benar bergabung dengan zat yang dibakar, dan ketiga bahwa sisa udara (nitrogen) tidak bertindak dengan cara ini

Meskipun penemuan Antoine Lavoisier tentang pembakaran adalah pencapaian terbesarnya, itu bukan satu-satunya. Para ilmuwan melanjutkan dengan menunjukkan bahwa bernapas sangat mirip dengan pembakaran, dan membuat daftar awal unsur-unsur kimia.

Bagaimana bunyi dari hukum Lavoisier?

Hukum kekekalan massa yang berbunyi "Di dalam suatu sistem tertutup, massa zat-zat sebelum reaksi sama dengan massa zat sesudah reaksi".

Itulah ulasan singkat tentang Antoine Lavoisier, Penemu Hukum Kekekalan Massa. Semoga informasi ini dapat membantu Anda.

Posting Komentar untuk "Antoine Lavoisier, Penemu Hukum Kekekalan Massa"