Fosil Dinosaurus - 10 Fakta Menakjubkan Tentang Dinosaurus

Seberapa banyak yang Anda ketahui tentang dinosaurus? Jurassic Park dan King Kong telah memperkenalkan kita pada dinosaurus, tetapi seberapa banyak lagi yang Anda ketahui?

Berikut adalah 10 fakta dinosaurus yang akan mengejutkan kerabat dan teman Anda:

1. Dinosaurus pertama kali muncul pada periode Trias (248 hingga 213 juta tahun yang lalu), dan mendominasi daratan hingga akhir periode Kapur (65 juta tahun yang lalu). ).

2. Karena fosil telah ditemukan, kita mengenal dinosaurus. Fosil, yang biasanya ditemukan di batuan sedimen, termasuk bagian tubuh yang diawetkan (tulang, gigi, kulit, cakar, dll.), serta fosil jejak (ichnofossils), yang menggambarkan lingkungan hewan dan termasuk jejak kaki, liang, sarang. , bekas gigi, kotoran, dan bukti lain dari keberadaan mereka.

3. Proses yang disebut sebagai "lempeng tektonik" menyebabkan benua-benua di planet ini bergeser perlahan. Selama periode Trias, ketika dinosaurus pertama kali berevolusi, semua benua di bumi digabungkan untuk membentuk satu benua super yang dikenal sebagai "Pangea."

4. Pada akhir zaman Kapur, semua spesies dinosaurus yang dikenal menghilang. Ada banyak penjelasan mengapa hal ini bisa terjadi, tetapi salah satu yang saat ini paling diterima adalah bahwa asteroid menghantam bumi dan menghalangi sinar matahari, sehingga mustahil untuk menumbuhkan cukup makanan.

Lapisan iridium yang diperkirakan berasal dari asteroid dan ditemukan di seluruh dunia, serta situs dampak potensial yang ditemukan di Meksiko selatan, memberikan bukti untuk teori ini.

5. Compsognathus, dinosaurus Jurassic akhir yang menghuni Eropa dan seukuran ayam, adalah dinosaurus terkecil yang pernah ditemukan. Compsognathus diperkirakan memakan serangga, kadal, dan hewan kecil lainnya.

6. Karena banyak spesies dinosaurus yang berbeda panjangnya lebih dari 100 kaki (30 meter), ada banyak pesaing untuk gelar dinosaurus terbesar. Yang terbesar tidak diragukan lagi adalah sauropoda, dinosaurus pemakan tumbuhan berkaki empat yang hidup di akhir Jurassic atau era Cretaceous awal dan memiliki leher panjang.

7. Sir Richard Owen, yang mendirikan Museum Sejarah Alam di London, Inggris, juga memunculkan istilah "dinosaurus". Kata "Dinosaurus" berasal dari kata Yunani "Deinos" (mengerikan) dan "sauros," yang berarti "kadal yang mengerikan" (kadal).

8. Meskipun fosil dinosaurus telah ditemukan selama berabad-abad, identitas mereka baru terungkap belakangan ini. William Buckland menerbitkan deskripsi ilmiah pertama tentang dinosaurus pada tahun 1824.

9. Selama periode yang sama ketika dinosaurus menguasai daratan, banyak reptil air—yang bukan dinosaurus—memerintah lautan. Plesiosaurus, Nothosaurus, Mosasaurus, dan Ichthyosaurus adalah beberapa dari hewan air ini.

10. Tidak ada dinosaurus terbang non-unggas yang diketahui, meskipun faktanya burung tampaknya berasal dari dinosaurus. Pterosaurus, atau reptil terbang, adalah umum selama periode dinosaurus.

Itulah 10 Fakta Menakjubkan Tentang Dinosaurus. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar untuk " Fosil Dinosaurus - 10 Fakta Menakjubkan Tentang Dinosaurus"