Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Mengevaluasi Penelitian Ilmiah

Bagaimana Mengevaluasi Penelitian Ilmiah

Penelitian ilmiah digunakan dalam pengembangan perawatan medis, membantu mengubah dan membentuk kebijakan pemerintah, dan dapat dimengerti memiliki dampak besar pada masyarakat pada umumnya. 

Penelitian ilmiah juga dapat ditampilkan di media, dengan temuan yang muncul dalam laporan berita yang disiarkan di televisi, di majalah, dan di surat kabar.

Penting agar penelitian ini diinterpretasikan dengan benar karena begitu lazim di masyarakat modern. Ada beberapa laporan media yang mungkin membuat klaim aneh yang didasarkan pada penelitian ilmiah dan warga yang diberi informasi harus dapat membedakan antara penelitian yang benar-benar relevan dengan dunia nyata dan penelitian yang dilakukan dengan buruk.

Beberapa penelitian menggunakan sesuatu yang dikenal sebagai pseudosains, yang cenderung terlalu menggeneralisasi dan mengabaikan penelitian masa lalu dari hasil penelitian kecil atau dari satu kasus. 

Menurut salah satu asisten peneliti yang merupakan lulusan universitas bergengsi, banyak penelitian pseudoscientific tidak dapat dipercaya karena menunjukkan validitas eksternal yang rendah, yang berarti bahwa hasilnya tidak berlaku untuk populasi secara umum. 

Kenyataannya, seringkali hasil penelitian yang dilakukan dengan buruk hanyalah kebetulan dan terjadi secara kebetulan.

Asisten peneliti pascasarjana ini menjelaskan bahwa sains sejati didasarkan pada penelitian ilmiah yang menggunakan logika dan banyak partisipan. Penelitian yang dilakukan dengan benar juga cenderung mempertimbangkan beberapa studi penelitian dan juga akan membangun penelitian sebelumnya. 

Ketika mengevaluasi penelitian ilmiah, orang harus terlebih dahulu menentukan bahwa penelitian yang mereka baca adalah sah.

Begitu mereka menentukan bahwa studi penelitian itu sah, orang tidak boleh langsung mengambil kesimpulan. Telah ditentukan bahwa kesalahan paling umum yang dilakukan orang ketika mereka menafsirkan penelitian adalah menganggap bahwa korelasi sebab-akibat adalah hal yang sama. 

Artinya, banyak orang yang salah mengira bahwa karena kedua variabel itu terjadi bersamaan, maka variabel yang pertama pasti menjadi penyebab dari variabel yang lain.

Ini, tentu saja, tidak benar dan sebab-akibat hanya dapat disimpulkan jika pengacakan itu etis. Manipulasi dengan eksperimen harus ada jika orang mengasumsikan sebab-akibat, karena hal itu membantu menghilangkan variabel-variabel yang mengacaukan, yang mungkin merupakan penjelasan-penjelasan alternatif untuk hubungan yang ada antara dua variabel.

Faktanya adalah bahwa orang harus menggunakan penilaian terbaik mereka ketika mereka menganalisis hasil penelitian ilmiah. Orang selalu perlu memastikan bahwa klaim yang dibuat peneliti itu logis, bukan opini yang didasarkan pada hasil penelitian kecil atau dari satu penelitian, dan yang terpenting, tetap skeptis. 

Jika sebuah penelitian yang dipublikasikan di media tampaknya meragukan, orang harus mencari artikel ilmiah yang sesuai dan menggali lebih dalam realitas penelitian khusus yang dijelaskannya.

Posting Komentar untuk " Bagaimana Mengevaluasi Penelitian Ilmiah "