Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Pohon Aren bagi Manusia

Manfaat Pohon Aren bagi Manusia

Awalnya, pohon aren tidak pernah dilirik sebagai tanaman budidaya. Pohon aren banyak tumbuh secara liar di hutan dan tak tersentuh. Namun, sedikit demi sedikit masyarakat mulai mengetahui manfaat pohon aren. Hal ini membuat pohon aren semakin banyak dibudidayakan.

Dalam bahasa daerah, pohon aren mempunyai nama yang berbeda-beda. Orang Sunda menyebut pohon aren sebagai tangkal kawung, sedangkan penduduk Jawa menyebutnya anau atau angong. 

Dalam bahasa internasional sendiri (bahasa latin) pohon aren disebut dengan Arenga pinnata atau Arenga saccharifera. Pohon aren termasuk dalam famili Arecaceae.

Habitat Pohon Aren

Pohon aren dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian sekitar 500 hingga 800 meter di atas permukaan laut. Tanah yang subur bukanlah faktor utama untuk tumbuhnya pohon aren, bahkan pohon ini dapat tumbuh pada segala kondisi tanah seperti tanah liat, tanah berkapur dan tanah berpasir. Meski demikian, pohon aren tidak tahan terhadap kondisi tanah yang terlalu asam.

Idealnya, pohon aren ditanam pada daerah dengan curah hujan sekitar 1200 mm per tahun dengan iklim sedang sampai basah. Kedalaman air tanah yang dibutuhkan antara 1 hingga 3 meter dan suhu rata-rata tiap harinya berkisar kurang lebih 25 derajat celcius. 

Karena toleransi wilayah tumbuh yang luas inilah, tanaman aren bisa tumbuh hampir di seluruh daerah di Indonesia.

Fungsi Ekologis, Budaya, dan Ekonomi dari Pohon Aren

Manfaat Pohon Aren bagi Manusia

Pohon aren dengan batang dan akar yang kokoh merupakan salah satu tumbuhan yang mampu diandalkan sebagai penyeimbang ekosistem dan ekologi. Meski pohon aren mempunyai akar serabut, namun jenis akar pohon aren sangat kokoh, dalam serta tersebar. Ini membuat pohon aren mampu menahan proses erosi tanah.

Akar pohon aren juga memiliki kemampuan untuk menahan air, inilah kelebihan lain dari pohon aren. Keistimewaan ini membuat pohon aren mampu ditanam di lahan yang relatif kering dan tidak memerlukan perawatan khusus. Kemampuan pohon aren tersebut sangat membantu untuk menjaga kelestarian daerah pegunungan yang berlereng-lereng dan juga daerah lembah.

Masyarakat tradisional menggunakan pohon aren sebagai bahan bangunan, upacara adat, obat-obatan, hingga berbagai perabot rumah tangga. Aren juga dipakai sebagai sumber bahan makanan manusia dan juga pakan ternak.

Sementara, petani pohon aren selama ini menggunakan hasil produksi pohon aren sebagai bahan dasar untuk nira dan gula aren. Nira aren dapat diproses menjadi minuman. 

Nira dari pohon aren juga dapat dibuat menjadi gugus fungsi alkohol seperti etanol atau etil alk0hol. Etanol merupakan bahan bakar alternatif yang bisa digunakan untuk menggantikan minyak tanah, gas elpiji, dan bensin.

Etanol juga berfungsi sebagai bahan sterilisasi alat-alat medis dan kedokteran. Gula aren  atau disebut juga dengan palm sugar juga mempunyai manfaat ekonomi yang luar biasa. Gula aren dapat dijadikan komoditi ekonomi dengan nilai yang cukup tinggi. 

Selain nira dan gula aren, batang aren yang diparut halus bisa dicampurkan dengan dedak,  gabah ataupun bekatul untuk dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

Buah aren yang keras bisa dilunakkan dan diolah menjadi kolang-kaling, sebagai campuran untuk minuman kolak. Daun aren yang masih muda umumnya digunakan sebagai bahan rokok linting yang kemudian diisi tembakau. 

Sedangkan untuk daun aren yang telah tua, biasanya dipakai sebagai atap rumah atau gazebo. Ijuk pohon aren bisa dimanfaatkan untuk sapu dan penyaring air.

Bagi kesehatan, ternyata pohon aren juga memberi kontribusi yang signifikan. Nira aren dapat dijadikan bahan obat-obatan untuk haid yang tidak teratur, sembelit, sariawan, disentri, kepala pusing, radang paru-paru sampai melepas keletihan. Gula aren mempunyai manfaat jitu untuk menghambat penyerapan kolesterol.

Akar muda pohon aren dapat digunakan untuk penyembuhan batu ginjal. Dan akar tua pohon aren dipakai sebagai bahan obat sakit gigi. Bahkan penelitian beberapa tahun lalu menyebutkan bahwa minuman aren yang telah difermentasikan mampu dijadikan biopestisida yang ramah lingkungan.

Itulah ulasan tentang Manfaat Pohon Aren bagi Manusia. Semoga ulasan diatas berguna dan bermanfaat untuk para pembaca semua.

Posting Komentar untuk " Manfaat Pohon Aren bagi Manusia"