Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Fungsi Ethernet Controller pada Jaringan Komputer?

Ethernet Controller

Bagi kalangan pengguna komputer, Ethernet controller tentu sudah tidak asing lagi didengar. Ethernet atau biasa juga disebut dengan network controller ini merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan sebuah jaringan.

Jaringan yang akan dihubungkan ini biasanya menggunakan interface tertentu, baik berupa LAN cable atau bisa juga menggunakan wireless.

Dalam penggunaannya, network controller ini memang menjadi suatu permasalahan yang biasa terjadi pada pengguna komputer. Tidak hanya pada perangkat komputer yang terdiri atas CPU, monitor, keyboard, dan mouse saja yang biasa mengalami masalah pada network ini.

Personal komputer seperti laptop atau netbook juga sering mengalami permasalahan pada jaringannya. Akan tetapi, pada personal komputer biasanya akan diberikan CD atau DVD yang berisi driver atau software utilities yang diperlukan oleh sistem operasi pada personal komputer tersebut.

Pengertian dan Sejarah Ethernet atau Network Controller

Pada pengertiannya, Ethernet atau network controller memiliki pengertian masing-masing. Ethernet sendiri bisa diartikan sebagai bagian dari teknologi jaringan pada komputer. Itulah mengapa, Ethernet ini juga sering disebut juga network atau jaringan. 

Biasanya Ethernet ini berlaku pada jaringan area lokal atau yang lebih dikenal dengan sebutan LAN (Local Area Network). Jadi, dari pengertian yang telah dijelaskan, Ethernet bisa disimpulkan sebagai jaringan internet yang biasa digunakan pada area atau wilayah kecil.

Sebagai sebuah bagian dari jaringan, Ethernet atau network controller ini bisa juga disebut dengan perangkat jaringan komputer. Hal ini dikarenakan, Ethernet controller digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet yang ada di lingkungannya.

Sebagai sebuah perangkat, tentu Ethernet atau network jaringan ini memiliki beberapa permasalahan yang terjadi pada komputer. Hal ini kiranya menjadi suatu hal yang wajib diketahui sebagai langkah untuk mengenal dan lebih memahami kinerja network controller pada komputer.

Dalam perkembangannya, Ethernet ini pertama kali diperkenalkan oleh Robert Metcalfe dari ALOHAnet. Buah pemikiran dari Robert Metcalfe ini kemudian dikembangkan kembali oleh Xerox PARC yang pada awalnya hanya ditulis dalam catatan Robert Metcalfe pada 22 Mei 1973. 

Saat itu, Robert Metcalfe yang pertama kali menemukan hal tersebut tidak menyangka bahwa penemuan nya akan digunakan hingga saat ini.

Kemudian di tahun 1975, Xerox yang mengetahui pemikiran Robert Metcalfe dan mengembangkan pemikiran Metcalfe tersebut memohon untuk mematenkan pengembangannya dan juga menyertakan Metcalfe sebagai penemu awalnya. 

Saat itu, Xerox juga ikut dibantu oleh David Boggs, Butler Lampson, dan Chuck Thacker, sehingga penemuan tersebut dipatenkan oleh mereka bersama.

Hingga pada tahun 1979, Robert Metcalfe yang pertama kali menemukan Ethernet memutuskan untuk keluar dari Xerox dan membentuk 3Com. 

Dengan membentuk 3Com ini, Robert Metcalfe mencoba meyakinkan Digital Equipment Corporation (DEC), Xerox, dan Intel untuk bersatu dan bekerja sama mempromosikan dan mengenalkan pada dunia mengenai kegunaan Ethernet sebagai perangkat dasar komputer. Dari situlah kemudian lahir DIX standar yang merupakan singkatan dari Digital, Intel, Xerox.

Dengan bergabungnya ketiga pengembang software tersebut maka pada 30 September 1980 diluncurkannya The Ethernet, A Local Area Network. Data Link Layer and Physical Layer Specifications. 

Produk pertama Ethernet ini kemudian dikembangkan lagi menjadi versi kedua di tahun 1982, dua tahun setelah dikenalkannya pertama kali Ethernet pada khalayak umum.

Di tahun 1982, perkembangan Ethernet yang ditemukan oleh Robert Metcalfe ini kemudian dibuat dalam bentuk kartu adapter yang dirancang untuk personal komputer IBM. 

Ketika itu, kartu adapter Ethernet tersebut diproduksi dan didistribusikan oleh perusahaan yang dikembangkan secara langsung oleh Robert Metcalfe pada tahun 1985, yaitu 3Com. Sejak saat itu pulalah, kebutuhan Ethernet controller berevolusi dan memenuhi pasar di kalangan pengguna komputer dunia.

Fungsi Ethernet dan Jenis-jenis Card pada Jaringan

Fungsi Ethernet Controller

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Ethernet merupakan perangkat sebuah jaringan komputer. Perangkat ini dikembangkan oleh Robert Metcalfe yang tentu memiliki visi dalam mengembangkan teknologi komputer pada waktu itu.

Ethernet ini tidak diciptakan semata-mata hanya untuk menunjang perkembangan komputer. Ethernet memiliki fungsi yang di dalamnya sangat berperan penting dalam kegiatan berkomputer hingga saat ini.

Jika dilihat dari pengertiannya, Ethernet itu sendiri merupakan sebuah perangkat keras atau perangkat fisik teknologi yang berisi data link layer untuk jaringan di area lokal. 

Ethernet ini mendukung kecepatan data teoritis yang bisa mencapai 10 megabits per detik (Mbps). Hingga saat ini, kemampuan kecepatan yang dimiliki oleh Ethernet ini bisa mancapai 1.000 Mbps.

Dalam penggunaannya, protokol jaringan dengan kemampuan tingkat tinggi, seperti Internet Protocol atau IP biasa menggunakan Ethernet sebagai media transmisi yang menjadi jalan jaringannya tersambung dengan baik. 

Data yang dikirim melalui media transmisi melalui protokol Ethernet dikenal dengan sebutan frame. Frame ini mengirim data-data melalui transmisi protokol jaringan yang nantinya akan terus sambung-menyambung.

Jika dalam bentuk digital media transmisi ini dikenal dengan sebutan protocol Ethernet mala dalam bentuk fisiknya transmisi ini berupa kabel Ethernet. Kabel Ethernet ini biasanya cukup terbatas. 

Maksimal penggunaan kabel Ethernet ini bisa mencapai 100 meter. Hal ini dikarenakan tipe jaringan yang digunakan oleh Ethernet adalah LAN atau Local Area Network.

Artinya, jaringan yang dapat dijangkau oleh Ethernet controller ini hanya sebatas area kecil atau area lokal. Meskipun begitu, jika pengguna ingin memperluas jaringannya, cukup dengan menggunakan jaringan bridge devices. 

Bridge device ini bisa menghubungkan are yang lebih luas lagi, seperti jaringan antar gedung, jaringan antar sekolah, kantor, atau lainnya.

Dalam perkembangannya, Ethernet ini dibuat dalam bentuk kartu yang dikenal dengan sebutan adapter. Adapter atau kartu Ethernet ini merupakan perangkat yang mendukung standar Ethernet dengan koneksi jaringan yang lebih tinggi dengan memanfaatkan kabel sebagai transmisinya.

Kartu Ethernet ini biasa juga dikenal sebagai Network Interface Card atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan NIC atau kartu antarmuka jaringan. Ethernet card ini tersedia dalam beberapa paket standar yang biasa digunakan untuk jaringan komputer. Paket-paket Ethernet card ini memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda.

Berikut ini bentuk-bentuk paket Ethernet card yang biasa ditemukan pada jaringan komputer, antara lain:

1. ISA Card: Merupakan kartu Ethernet jaringan pertama yang mengharuskan komputer untuk dibuka dan di instalkan ulang.

2. PCI: Merupakan perkembangan dari ISA Card. Biasanya PCI card ini sudah dipasangkan oleh pabrikan komputer dan dapat dengan mudah diinstalkan melalui desktop komputer.

3. Ethernet PCMCIA Card: Merupakan Ethernet card kecil yang berbentuk seperti SIM Card. Biasanya Ethernet card ini digunakan untuk laptop, tablet, komputer mobil, dan lain sebagainya.

4. Eksternal USB Ethernet adapter: Perkembangan terbaru dari Ethernet card yang berbentuk seperti kotak kecil yang biasa digunakan untuk komputer desktop. 

Jenis paket Ethernet card yang satu ini menjadi pilihan alternatif dan seringkali digunakan untuk konsol video game. Selain memiliki kemampuan yang baik, jenis paket Ethernet card ini dapat dengan mudah dipasangkan pada perangkat komputer, baik komputer desktop, laptop, atau tablet sekalipun.

Itulah informasi seputar Ethernet controller yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk " Apa Fungsi Ethernet Controller pada Jaringan Komputer?"