Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hemat Energi Hemat Biaya

Hemat Energi Hemat Biaya

Sudahkah Anda menghemat energi listrik? Listrik telah menjadi bagian dari kehidupan modern. Listrik memberi keuntungan yang banyak bagi kelangsungan kelancaran dan kemudahan aktivitas kita mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi.

Banyak di antara kita yang merasa nyaman dan baru bisa memejamkan mata alias tidur jika lampu kamar dalam keadaan menyala. Nyalanya lampu kamar disebabkan adanya arus listrik mengalir. Itu sebabnya listrik begitu memiliki arti bagi kehidupan kita.

Tak hanya bagi manusia, listrik pun memiliki manfaat bagi hewan. Perhatikan saja dengan apa yang biasa dilakukan oleh masyarakat kita pada anak ayam yang tidak lama menetas. Anak ayam yang dipisahkan dari induknya mesti diberi cahaya lampu dengan daya terang 5 watt agar anak ayam merasa hangat seolah-olah berada dalam dekapan induk ayam.

Melalui cara seperti itu, diharapkan anak ayam akan terhindar dari kedinginan dan kematian. Pengatur-pengatur suhu dalam inkubator sebuah ruang laboratorium penangkaran hewan juga memiliki aliran energi listrik. Hal ini agar dapat memiliki suhu yang stabil sehingga telur-telur yang dibudidayakan bisa menetas dengan sempurna.

Dua contoh kasus tersebut membuktikan bahwa kita sebagai makhluk hidup memerlukan energi listrik untuk kehidupan. Meski sudah hidup melewati zaman modern, namun tetap saja masih banyak di antara kita yang belum teraliri energi listrik.

Belum teralirinya beberapa daerah di Indonesia oleh energi listrik disebabkan kekurangan pasokan energi listrik dari pusat. Selain keterbatasan prasarana, ketersediaan energi listrik menjadi kendala. Itu sebabnya pemerintah, terlebih lagi Perusahaan Listrik Negara (PLN) bergiat mensosialisasikan hemat energi listrik.

Hemat energi listrik bukan semata-mata seruan agar kita tidak terlalu menghambur-hamburkan atau memakai energi listrik jika kurang berguna. 

Namun hemat energi listrik dimaksudkan juga untuk cadangan jika suatu waktu daya energi listrik mengalami gangguan, masyarakat masih bisa memperoleh aliran energi listrik dari sisa penggunaan energi yang dihemat tadi.

Hemat energi listrik dimaksudkan agar wilayah lain di Indonesia yang belum teraliri energi listrik bisa segera mendapat kemudahan dengan adanya energi listrik di wilayah tersebut.

Jika kita melakukan penghematan dalam penggunaan energi listrik, biaya tagihan listrik tiap bulannya pun akan semakin berkurang. Menghemat listrik, menghemat pula biaya seperti slogan PLN yang diiklankan di media televisi beberapa tahun lalu yakni Hemat Energi Hemat Biaya. 

Berkurangnya penggunaan energi listrik dalam tiap bulan bisa membuat kita mengalokasikan dana sisa pada kebutuhan hidup lainnya.

Penggunaan listrik yang begitu tinggi terjadi pada pukul 17.00 – 22.00. Pada jam-jam tersebut rata-rata sebagian penduduk sudah kembali dari aktivitasnya masing-masing dan cenderung berada di rumah. Penggunaan listrik di rumah pada pukul tersebut menjadi lebih tinggi.

Itu sebabnya sejak beberapa tahun yang lalu PLN gencar mengkampanyekan program 17 – 22 untuk melakukan hemat energi listrik. Penghematan tersebut tidaklah lama, hanya berselang sekitar 5 jam. 

Di antaranya matikan saklar lampu yang tidak dipakai, hindari menyetrika pada pukul tersebut, kurangi penggunaan barang elektronik secara berlebihan, dan penghematan-penghematan lainnya. 

Sebagai contoh, misalnya jika tidak harus atau tidak ada acara televisi yang mesti ditonton, lebih baik menyelesaikan pekerjaan kantor atau membaca buku.

Jika penggunaan energi listrik melebihi kuota, akan terjadi kelebihan dan bisa menimbulkan pemadaman aliran listrik. Jika sudah terjadi pemadaman, barulah masyarakat berbondong-bondong melakukan penghematan dengan harapan tidak ada lagi pemadaman aliran listrik. Inilah kebiasaan masyarakat kita, sadar jika telah terjadi. Namun sosialisasi kadang selalu diacuhkan.

Penggunaan energi listrik, memang sepatutnya kita hemat. Toh, penghematan tersebut juga berefek pada ketersediaan atau pasokan energi listrik untuk kita juga. Berperilaku bijak tidak akan menyengsarakan diri, malah akan memberi kelebihan dan manfaat bagi kelangsungan hidup banyak orang. 

Listrik memang membantu kelangsungan kita, mempermudah aktivitas, dan menjadikan kehidupan lebih baik seperti slogan PLN baru-baru ini: Listrik, untuk kehidupan yang lebih baik.

Posting Komentar untuk " Hemat Energi Hemat Biaya"