Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gunung Kerinci, Tertinggi di Sumatra

Gunung Kerinci, Tertinggi di Sumatra

Gunung Kerinci merupakan salah satu mahakarya Tuhan yang luar biasa indah, menancap kokoh di posisi central Sumatra. Gunung Kerinci termasuk salah satu gunung tertinggi di Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera.

Tingginya mencapai 3.805 meter dari permukaan laut (dpl). Di atasnya terdapat kawah besar yang berbentuk kerucut. Dinding bagian atas berukuran 600 x 580 meter dan bagian bawah berukuran 120 x 100 meter. Di dalamnya terdapat air berwarna belerang, yaitu hijau kekuning-kuningan.

Posisi gunung Kerinci terletak pada garis 10°45,50' LS dan 1010°160' BT, dan berada di kecamatan Kayu Aro, kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Terletak dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), gunung Kerinci juga dikelilingi tiga kecamatan yang cukup berdekatan dengan kaki gunung Kerinci, yaitu Kayu Aro, Gunung Tujuh, dan Gunung Kerinci.Tiga daerah ini memiliki potensi bahaya jika sewaktu-waktu terjadi letusan.

Gunung Kerinci merupakan Cincin Api Pasifik yang pernah meletus pada tahun 1949. Sampai saat ini, aktivitas gunung Kerinci selalu berada di bawah pengawasan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Keistimewaan Gunung Kerinci

Gunung Kerinci, Tertinggi di Sumatra

Bila berjalan menyusuri perut gunung hingga ke puncak, tentu Anda akan menemui beragam jenis hutan yang tumbuh di sepanjang lerengnya. Ada tiga bagian kelompok hutan, yaitu jenis Hutan Dipterokarp Bukit, Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan Hutan Gunung.

Pada posisi 300-750 meter dpl misalnya, Anda akan menemui jenis Hutan Dipterokarp Bukit dengan spesies utama pokok Seraya, pokok Keruing, dan masih banyak lagi spesies yang lain yang memenuhi ragam tumbuhan yang belum sempat diberi nama.

Pada ketinggian 750 hingga 1.200 meter dpl, Anda akan menemui jenis Hutan Dipterokarp Bukit Atas. Spesies pada hutan ini memiliki bentuk yang sederhana seperti pokok Damar Minyak, pokok Berangan, dan pokok Mempening.

Pada lereng yang lebih tinggi lagi, sekitar 1.200 hingga 1.500 meter dpl, Anda akan menemui spesies hutan seperti yang terdapat di Bukit Fraser dan tanah tinggi Cameron. Di sana terdapat pokok-pokok daun Tirus Konifer. Di daerah ini juga terdapat bunga Rafflesia, pokok Rhododendron, dan pokok Periuk Kera.

Lalu pada ketinggian 1.500 meter dpl hingga ke atas, Anda akan menemui Hutan Gunung yaitu pemilik spesies utama atau khas Gunung Kerinci, seperti Belukar, Buluh, Kelat, Resam, Lumut dan Paku-Pakis yang berwarna warni.

Pada puncak ketinggian 3.805 meter dpl, gunung Kerinci memberikan pemandangan yang sangat indah bagi para pendaki. Yaitu hamparan hutan hijau yang beraneka ragam, serta barisan-barisan rata perkebunan teh yang menghijau tampak menyatu dalam simfoni keindahan gunung Kerinci.

Posting Komentar untuk " Gunung Kerinci, Tertinggi di Sumatra"