Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Slogan Kesehatan Lingkungan Penting?

Mengapa Slogan Kesehatan Lingkungan Penting?

Apa saja slogan kesehatan lingkungan? Kesehatan lingkungan menurut organisasi WHO atau World Health Organization adalah suatu keseimbangan ekologi yang harus ada diantara manusia dan lingkungannya agar tercipta keadaan yang sehat dari manusia.

Ruang lingkup kesehatan lingkungan menurut WHO mencakup pembuangan sampah-sampah padat, penyediaan air minum yang bersih, pengendalian pencemaran tanah, pencegahan polusi udara, terjaminnya kesehatan kerja, perencanaan tata ruang kota dan daerah yang teratur, pengendalian kecelakaan, sistem sanitasi yang baik, tanggap darurat bencana, penanganan epidemi wabah penyakit, pemukiman yang layak, rekreasi umum, pariwisata, pengelolaan air limbah, pencegahan radiasi, serta upaya nyata untuk mencegah pencemaran lingkungan.

Sementara itu, kesehatan lingkungan menurut HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia) adalah kondisi lingkungan yang mampu menopang keseimbangan ekologi yang dinamis antara manusia dan lingkungannya untuk mendukung tercapainya kualitas hidup manusia yang sehat dan bahagia.

Adapun ruang lingkup kesehatan lingkungan di Indonesia meliputi penanganan limbah padat seperti sampah, pengendalian limbah cair dari pabrik, pencegahan radiasi yang berbahaya, upaya penyehatan air dan udara, pengamanan limbah gas, penanganan vektor penyakit, pencegahan dan pengamanan kebisingan, pencegahan kerusakan tanah, serta penanganan kesehatan pasca bencana.

Lingkungan hidup yang sehat tentu menjadi dambaan semua orang. Memelihara kesehatan lingkungan adalah tanggung jawab setiap individu. Upaya melaksanakan kesehatan lingkungan dapat dilakukan ditempat-tempat umum seperti terminal, hotel, pasar, maupun pertokoan. 

Untuk kesehatan lingkungan pemukiman selayaknya dari daerah tempat tinggal dan asrama. Kesehatan di lingkungan kerja dimulai dari kawasan perkantoran dan industri.

Selain itu, kesehatan lingkungan juga harus dilakukan di semua sarana angkutan umum baik itu darat, laut, maupun udara. Lingkungan lain yang perlu mendapat perhatian untuk kesehatan lingkungan adalah lingkungan darurat pasca bencana yang biasanya menyebabkan perpindahan penduduk secara massal dan rentan terhadap penyakit.

Masalah kesehatan lingkungan merupakan hal yang sangat kompleks saat ini. Disisi lain kemajuan jaman namun dilain pihak seringkali lingkungan menjadi rusak akibat pembangunan yang tidak disertai dengan upaya penghijauan kembali. Untuk itu, diperlukan kerjasama semua pihak dalam menangani permasalahan tersebut.

Sebagai negara yang sedang berkembang, Indonesia memiliki sejumlah permasalahan kesehatan lingkungan seperti permasalahan air bersih, pembuangan kotoran, kebersihan pemukiman penduduk, sanitasi yang buruk, pembuangan sampah sembarangan, kehigienisan makanan dan minuman, serta daerah endemi serangga atau binatang yang dapat menyebabkan penyakit. Semua hal tersebut masih diupayakan penanggulangannya sampai saat ini.

Beragam cara dapat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya kesehatan lingkungan. Penyuluhan tentang kesehatan lingkungan harus terus dilakukan secara berkala dan berkesinambungan agar masyarakat semakin sadar dan mengerti bahwa lingkungan yang sehat akan berdampak pada kesehatan manusianya itu sendiri.

Misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor yang berakibat munculnya polusi udara, membangun sistem sanitasi yang baik serta selalu menjaga kebersihan lingkungan. 

Salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran mengenai kesehatan lingkungan dengan memasang berbagai macam slogan tentang kesehatan lingkungan yang dimulai dari lingkungan tempat tinggal sampai ke tempat umum.

Slogan diyakini mampu menginspirasi jiwa seseorang untuk mengikuti apa yang diharapkan. Slogan merupakan motto yang digunakan baik dalam tulisan, ucapan, atau tayangan agar mudah diingat dan biasanya mengandung unsur agama, sosial, politik, jasa, kesehatan, dan komersial. Slogan ditulis dalam bahasa yang jelas lagi ringkas.

Sejumlah organisasi dan instalasi tertentu menggunakan slogan dengan tujuan yang berbeda-beda misalnya slogan pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, dan kebersihan. Biasanya slogan mudah diingat sehingga akan terus tertanam dalam benak masyarakat. 

Dalam rangka upaya mengembalikan kondisi bumi agar hijau kembali, aksi nyata dan slogan mulai dicanangkan untuk memberikan semangat bagi setiap manusia agar mau merawat dan menjaga kesehatan lingkungannya.

Adapun manfaat slogan adalah sebagai berikut:

Salah satu sumber motivasi. Inspirasi hidup tidak hanya berasal dari luar namun bisa juga berasal dari dalam diri sendiri. Slogan menjadi sumber motivasi seseorang dalam menjalani hidup dan juga mengakar dalam jiwa seseorang.

Slogan bisa menjadikan hidup menjadi lebih bermakna. Seringkali segala persoalan hidup memberi tekanan pada hidup seseorang. Namun siapa sangka, slogan yang ringkas bisa menjadi pegangan hidup bahkan membuka jawaban terhadap semua masalah hidup. Tanpa kita sadari, kalimat yang tertera pada slogan mampu mengikat kita untuk mengikuti aturan yang dianjurkan.

Membangkitkan semangat untuk hidup dan menjadi pribadi yang lebih baik. Slogan mampu mempengaruhi pikiran dan jiwa seseorang untuk lebih bergairah dalam menjalani hidup.

Slogan dapat mendorong keyakinan seorang individu untuk lebih yakin terhadap sang pencipta maupun lebih mencintai hidup. Dengan demikian, seorang individu akan lebih bersyukur terhadap apa yang dimilikinya.

Slogan mampu menjembatani seorang individu untuk meraih cita-citanya. Kemampuan ini menjadikan seseorang menjadi konsisten, penuh percaya diri, teguh, serta berkomitmen untuk meraih apa yang diinginkannya.

Slogan tentang kesehatan lingkungan pun diharapkan mampu memotivasi setiap orang untuk menyelamatkan bumi yang sudah semakin rusak akibat pemanasan global. Kerusakan jangka panjang pemanasan global adalah semakin melebarnya lubang lapisan ozon di atmosfer bumi, mencairnya es di kutub utara, dan meningkatnya kerusakan lingkungan hijau. 

Untuk mengurangi dampak tersebut, slogan hendaknya memberi pengaruh positif bagi setiap individu untuk berbuat yang terbaik bagi bumi.

Berikut beberapa slogan mengenai kesehatan lingkungan:

Ayo jagalah kebersihan lingkungan !

A million ways to go green

Bebaskan bumi dari pencemaran dan sampah 

Be Clean, Go Green

Better Earth, better Life, better tomorrow

Back to nature

Buanglah sampah pada tempatnya !

Bersih pangkal sehat

Clean the air, live happily !

Car free day

Everyday is earth day

Hemat air, hemat biaya 

Hidup bersih cermin budaya bangsa Indonesia

Hidup sehat ramah lingkungan

Ingin hidup sehat ? Ayo jaga lingkungan Anda !

Kebersihan sebagian dari iman

Keep our ocean blue !

Marilah kita wujudkan lingkungan yang bersih dan sehat 

One man one tree – Satu orang satu pohon

Reduce Reuse Recycle

Selamatkan lingkungan untuk hari esok yang lebih baik 

Sesungguhnya Allah itu bersih dan suka kebersihan

Stop Global Warming !

Save water, save life

You’ve only got one planet, don’t trash it

Menjaga lingkungan agar tetap bersih, sehat, dan segar bukanlah pekerjaan yang mudah. Akan tetapi kita harus tetap berusaha agar kesadaran masyarakat tentang kebersihan dan kesehatan meningkat. 

Dengan slogan kesehatan lingkungan tersebut semua lapisan masyarakat diharapkan dapat menerima ajakan, melakukan, dan melarang suatu hal yang dapat merusak lingkungan sehingga akan tercipta keseimbangan lingkungan yang berdampak pada kesehatan manusia dan kesehatan lingkungannya.

Slogan apa pun yang dicanangkan, tidak akan berarti apa-apa jika tidak disertai dengan tindakan yang nyata. Untuk itu, mari hijaukan bumi kembali dan mulailah dengan mencintai lingkungan.

Itulah penjelasan mengenai slogan kesehatan lingkungan. Semoga informasi yang disampaikan dapat berguna dan bermanfaat.

Post a Comment for "Mengapa Slogan Kesehatan Lingkungan Penting?"