Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anders Celsius - Fakta, Angka, dan Gambar

Anders Celsius - Fakta, Angka, dan Gambar

Anders Celsius, seorang astronom Swedia, dikreditkan dengan mengembangkan skala suhu Celsius. Pada tahun 1740, Celsius juga membangun Observatorium Astronomi Uppsala, observatorium astronomi tertua di Swedia.

Anders Celsius lahir di Uppsala, Swedia, dan dibesarkan sebagai seorang Lutheran. Nils Celsius, ayahnya, adalah seorang profesor astronomi. Celsius menyelesaikan pendidikannya di kampung halamannya yang terletak di utara Stockholm. 

Sejak usia muda, ia menunjukkan bakat luar biasa untuk matematika. Ia belajar astronomi di Universitas Uppsala, di mana ia bergabung sebagai profesor astronomi pada tahun 1730, seperti ayahnya.

Kontribusi dan Pencapaian: 

Dari tahun 1732 hingga 1734, Celsius mengunjungi berbagai lokasi astronomi Eropa yang terkenal dalam usahanya untuk membuat observatorium astronomi di Swedia. Astronom Inggris dan Prancis sedang memperdebatkan bentuk bumi pada saat itu. 

Tim dikirim ke "ujung" bumi untuk menilai posisi lokal tertentu untuk menyelesaikan perselisihan. Pelayaran ke utara dipimpin oleh Pierre Louis de Maupertuis, dengan Celsius sebagai asistennya.

Dari tahun 1736 hingga 1737, perjalanan ke Lapland, Swedia paling utara, dilanjutkan. Setelah semua pengukuran terkumpul, gagasan Newton tentang perataan bumi di dekat kutub akhirnya disahkan pada tahun 1744.

Setelah ekspedisi, Celsius kembali ke Uppsala. Dia dikreditkan sebagai astronom pertama yang menggunakan alat ukur untuk memeriksa perubahan medan magnet bumi selama cahaya utara dan untuk memperkirakan kecerahan bintang.

Di Observatorium Uppsala, Celsius mendukung pemisahan skala suhu termometer air raksa menjadi 100 °C pada tekanan air raksa 760 mm, dengan 100 mewakili titik beku dan 0 mewakili titik didih air.

Akun ini dianggap lebih tepat daripada Gabriel Daniel Fahrenheit dan Rene-Antoine Ferchault de Reaumur karena penetapan lingkungan dan metode pengukuran yang terperinci.

Celcius adalah pendukung kuat kalender Gregorian, yang diadopsi di Swedia hanya sembilan tahun setelah kematiannya, pada 1753. Unit interval suhu "derajat Celcius" dinamai untuk ilmuwan yang luar biasa ini.

Kehidupan dan Kematian Celsius Selanjutnya: Pada 1725, ia diangkat sebagai sekretaris Royal Society of Sciences di Uppsala, posisi yang dipegangnya sampai kematiannya. Pada 1744, ia meninggal karena TBC.

Post a Comment for " Anders Celsius - Fakta, Angka, dan Gambar"