Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Penemuan Penting Yang Tidak Disengaja

5 Penemuan Penting Yang Tidak Disengaja

Beberapa ilmuwan dilahirkan untuk bereksperimen secara alami pada hal-hal baru dengan tujuan menciptakan, sementara yang lain menjadi target tak terduga dari eksperimen yang tidak disengaja yang mengarah pada inovasi dan penemuan yang mengubah hidup yang membuat mereka mendapat pujian. 

Dikatakan bahwa lebih baik beruntung daripada baik. Berikut adalah 5 inovasi tidak disengaja yang paling menonjol dan terkenal dalam sejarah manusia.

1. Microwave Oven 

microwave

Percy Lebaron Spencer, seorang insinyur Raytheon pada tahun 1945, bereksperimen dengan magnetron untuk mengirimkan sinyal gelombang mikro, yang digunakan dalam sistem radar awal. 

Ketika dia menemukan permen yang meleleh di sakunya pada suatu hari, dia memutuskan untuk membuat kotak kontainer menggunakan gelombang mikro yang dilepaskan oleh magnetron, yang juga menyebabkan permen itu meleleh. 

Dia tidak tahu bahwa pengamatannya yang tidak disengaja telah menghasilkan oven microwave yang digunakan dunia modern.

2. Sinar-X

sinarx

Tahukah Anda bahwa mesin yang digunakan di semua fasilitas medis saat ini juga ditemukan secara tidak sengaja? 

Pada tahun 1895, ketika bereksperimen dengan sinar penghasil radiasi katoda, fisikawan Jerman Wilhelm Roentgen membuat terobosan yang tidak disengaja yang memunculkan sinar-X. 

Dia memperhatikan bahwa lampu neon di labnya bersinar saat dia menyalakan sinar katoda. 

Dia menutupi layar, tetapi cahaya itu tetap ada sampai dia secara tidak sengaja meletakkan telapak tangannya di antara layar dan tabung, memperlihatkan garis tulangnya. Akibatnya, sinar-X ditemukan secara tidak sengaja.

3. Radioaktivitas

radioaktif

Henri Becquerel melakukan eksperimen yang tidak disengaja sebagai hasil dari penemuan sinar-X, yang mengarah pada penemuan radioaktivitas oleh ilmuwan menikah Pierre dan Marie Curie. 

Itu terjadi ketika Henri menutupi semua peralatannya dengan kain dan menyimpannya di laci selama musim dingin. 

Ketika dia kembali, dia menemukan gambar hangus di pelat fotografi karena kontak kristal uranium. Dan sebagai hasil dari eksperimen yang tidak disengaja inilah kekuatan senjata nuklir ditemukan.

4. Penisilin

pinisilin

Dengan meninggalkan cawan petri yang tidak bersih, Alexander Fleming secara tidak sengaja menemukan Penisilin. 

Ketika dia kembali dari liburan, cawan petri, yang awalnya berisi bakteri Staph, telah tumbuh jamur, yang telah membunuh semua bakteri yang tersisa di cawan. 

Penicillium notatum adalah nama yang dia berikan pada jamur, yang mengarah pada penemuan Penisilin, obat antibakteri yang sekarang digunakan di seluruh dunia.

5. Alat pacu jantung

alat-pacu-jantung

Dapatkah Anda membayangkan peralatan medis yang ditemukan secara tidak sengaja yang menggunakan impuls listrik untuk mengatur detak jantung? 

Terima kasih Wilson Greatbatch, asisten profesor yang, saat bereksperimen dengan pemantauan jantung, secara tidak sengaja menarik resistor yang salah dari kotak peralatan. 

Dia menggunakan resistor 1-mega ohm bukannya 10.000-ohm, yang menyebabkan rangkaian berperilaku berbeda. Sejak itu, penemuannya yang tidak disengaja telah menyelamatkan banyak nyawa.

Itulah 5 Penemuan Penting Yang Tidak Disengaja. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat.

Post a Comment for " 5 Penemuan Penting Yang Tidak Disengaja "