Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahukah Anda Manfaat Atmosfer?

Tahukah Anda Manfaat Atmosfer?

Manfaat atmosfer, bila tidak dipelajari maka tidak akan diketahui bagaimana menjaganya. Mengapa harus dijaga? Mari, renungkan apa yang akan terjadi kalau manusia tidak peduli dengan atmosfer. Udara di bumi akan semakin panas. Dan, udara yang panas ini akan membuat es mencair.

Cairan es yang begitu banyak akan membuat air permukaan laut semakin meninggi. Saat air permukaan laut naik, artinya akan ada banyak pulau yang tenggelam. Lalu, mengapa bisa semakin panas? Karena salah satu zat di atmosfer adalah ozon.

Menipisnya Ozon

Lapisan ozon yang menipis, artinya daya serap terhadap radiasi matahari akan semakin melemah. Sampai di sini, mungkin Anda sudah bisa membayangkan apa yang akan terjadi bila manusia tidak peduli dengan manfaat atmosfer.

Kepedulian itu bisa ditunjukan dengan cara lebih cinta pada bumi dan tidak serakah dengan mengambil semua kekayaan bumi secara membabi buta. Ada waktunya untuk menjaga agar lapisan ozon itu tidak semakin menipis hingga tidak bolong.

Jika rumah tidak mempunyai plafon, apa yang dirasakan? Apalagi, jika atapnya terbuat dari asbes. Rasa panas yang menyengat pasti akan sangat mengganggu. 

Begitulah gambaran jika ozon menipis. Alangkah sejuk dan nyamannya tinggal di rumah dengan plafon yang bagus, lalu di sekitar rumah ada banyak pepohonan. AC tidak dibutuhkan lagi karena udara telah sejuk.

Gas Lain di Atmosfer

Itu baru lapisan ozon yang harus dijaga. Masih banyak zat lain yang harus dijaga agar atmosfer mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Selain ozon yang menyerap radiasi matahari, atmosfer ini juga mengandung zat seperti nitrogen. 

Para petani dan orang-orang yang mempelajari tentang pertanian dan tetumbuhan pasti tahu apa manfaat dari zat nitrogen ini. Zat inilah yang membantu pertumbuhan tanaman.

Zat lainnya adalah oksigen. Semua harus tahu fungsi oksigen bagi manusia. Tanpa oksigen yang baik, pernapasan tidak akan menjadi baik. Di suatu wilayah dengan tingkat oksigen yang rendah, penduduknya pasti akan cepat sekali merasa kelelahan.

Kelelahan ini bila terus berlanjut, maka akan banyak gangguan penyakit. Mimisan atau keluar darah dari hidung mungkin saja bisa terjadi. Selain itu, mungkin saja banyak orang yang tidak berumur panjang.

Belum lagi rasa panas yang begitu menyengat, napas tersengal, dan udara terasa sangat tidak bersahabat. Sebaliknya, jika suatu daerah mempunyai tingkat oksigen yang tinggi, masyarakatnya bisa mencapai usia 100 tahun lebih. Hebatnya lagi, dengan usia yang begitu panjang itu, mereka tetap sehat dan mampu beraktivitas dengan lancar.

Manfaat oksigen yang begitu banyak inilah yang membuat para bintang dunia, seperti Michael Jackson melakukan terapi oksigen. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa daerah dengan tingkat oksigen yang bagus. 

Bahkan, di daerah Madura diyakini ada sebuah tempat dengan kadar oksigen tertinggi di dunia. Di tempat ini, orang mampu hidup sangat panjang dan tetap sehat.

Oksigen yang tidak baik akan menimbulkan banyak keburukan hingga perilaku yang tidak baik. Mengapa bisa? Oksigen yang rendah akan membuat emosi cepat sekali tersulut. Emosi yang meningkat inilah yang membuat orang mudah berkonflik dan melakukan tindakan di luar nalar sehingga terjadi tindakan kejahatan.

Dampak yang begitu besar dari memburuknya oksigen yang cukup mengerikan itu seharusnya membuat manusia sadar untuk menjaga oksigen agar tetap baik. Menanam adalah salah satu hal yang memang wajib dilakukan. Tanpa adanya tumbuhan yang cukup, maka oksigen pun tidak akan cukup untuk semua orang yang tinggal di sekitar daerah tersebut.

Zat lain yang ada dalam atmosfer adalah karbondioksida. CO2 ini sangat bermanfaat bagi fotosintesis yang dilakukan oleh daun. Tanpa adanya CO2, maka tumbuhan tidak bisa berkembang. Tumbuhan akan melepaskan CO2 di malam hari. Untuk itulah, sebaiknya tidak memasukan tanaman ke dalam rumah di malam hari. 

Zat selanjutnya yang dikandung oleh atmosfer adalah neon yang bermanfaat bagi listrik. Energi listrik tentu saja sangat bermanfaat terhadap manusia. Secara tidak langsung, atmosfer memberikan peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Sudah sepantasnya manusia bersyukur dan tidak melakukan kerusakan yang hanya akan menyusahkan manusia sendiri.

Tanda Cinta Allah SWT pada Manusia

Bumi ini diciptakan dengan senyaman dan seindah mungkin. Allah SWT. memberikan anugerah yang begitu baik bagi manusia agar mereka bisa hidup dengan tenang dan damai. ''Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak menuju langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu." (QS. Al Baqarah (2): 29).

Tidak hanya pada satu ayat, Allah Swt. menerangkan bahwa ada lapisan langit di jagad raya ini. Dalam surat Fussilat (41) ayat 11-12, Allah SWT. mengatakan ''Kemudian Dia menuju langit, dan langit itu masih merupakan asap. Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa dan Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya.''

Setiap penciptaan itu ada manfaatnya. Tidak ada yang sia-sia di sisi-Nya. Hanya saja, manusia terkadang tidak menyadari betapa telah diberi yang terbaik. Mungkin pengetahuan manusia belum sampai pada tahapan bagaimana menjaga agar bumi ini tetap nyaman.

Untuk itulah, adalah tugas orang dewasa terutama orang tua untuk memberikan bimbingan kepada anak-anak bagaimana menjaga bumi yang artinya juga menjaga atmosfer.

Fungsi Atmosfer

Selain mengandung zat-zat seperti ozon, oksigen, karbondioksida, neon, dan nitrogen, atmosfer ini juga merupakan lapisan yang melindungi bumi dari benda-benda angkasa yang akan jatuh ke bumi. 

Bayangkan kalau tidak ada atmosfer. Meteor dengan ukuran yang sangat kecil saja telah mampu membuat kebakaran yang cukup hebat. Apalagi kalau ukurannya cukup besar. 

Meteor yang jatuh dengan ukuran yang besar sanggup membuat kawah yang sangat besar. Ketika ada meteor jatuh di Rusia yang membunuh beberapa orang, kehebohan pun tak terelakan. Itu baru meteor yang jatuh. 

Bagaimana dengan benda langit lainnya? Allah SWT. itu sangat sayang pada makhlukNya. Sebaiknya manusia sangat menyadari hal ini, agar tidak terlalu sombong berada di bumi ini.

Atmosfer berfungsi juga menjaga suhu bumi agar makhluk yang ada di bumi ini tidak merasa terlalu dingin atau terlalu panas. Suhu malam dan siang hari yang berbeda membuat manusia bisa beristirahat dengan tenang.

Coba kalau panas sepanjang hari, manusia pasti tidak bisa beristirahat dengan tenang. Begitu juga sebaliknya, jika udara dingin terus. Atmosfer inilah yang diperintahkan oleh Allah SWT. untuk menjaga stabilitas suhu di bumi.

Alat komunikasi bisa berfungsi dengan baik juga karena fungsi atmosfer yang memantulkan gelombang radio. Kalau tidak ada atmosfer, akan sangat sulit bagi manusia melakukan komunikasi jarak jauh dengan kecepatan yang luar biasa. Manusia hanya memanfaatkan apa yang telah disediakan oleh Allah SWT.

Begitu banyak rahasia di jagad raya yang belum terpecahkan. Hanya manusia yang mau berpikir yang akan mendapatkan hikmah dari manfaat atmosfer serta semua penciptaan yang ada di langit dan yang ada di bumi.

Post a Comment for " Tahukah Anda Manfaat Atmosfer? "