Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Galaksi Andromeda dan Bima Sakti

galaksi-bima-sakti

Tentu kalian yang merupakan pecinta superhero Superman pernah mendengar nama Galaksi Andromeda bukan? Tidak asing dengan nama itu bukan? Tentunya pernah. Karena dalam narasi superhero itu Superman tinggal dalam suatu planet yang dekat dengan Galaksi Andromeda yang namanya Planet Krypton.

Ada satu episode dari film Superman Return yang menunjukkan ia sedang terbang di Galaksi Andromeda. Kemungkinan ada yang belum mengetahui sebetulnya ada tidak sih Galaksi Andromeda itu atau cuman sebuah fiksi saja? Jawabnya adalah ada.

Kemungkinan galaksi yang terpopuler adalah Galaksi Bima Sakti atau yang umum disebutkan Milky Way Galaxy. Namun Galaksi Andromeda ini pantas Anda kenali. 

Galaksi Andromeda sebagai galaksi yang dekat sama Galaksi Bima Sakti dan sebagai galaksi yang semakin besar dari Galaksi Bima Sakti walau bagaimanapun massanya masih besar Bima Sakti.

Dahulu sebetulnya ukuran Galaksi Andromeda kecil tetapi galaksi ini pada akhirnya makan galaksi kecil yang lain ada di sekelilingnya sampai sebesar sekarang ini. 

Letak Galaksi Andromeda ini dengan Bima sakti berlainan 2,lima juta tahun sinar matahari atau sekitaran 18,8 triliun tahun.

Kesamaan di antara Galaksi Andromeda dan Galaksi Bima Sakti adalah kedua galaksi ini sama punya dari sebuah galaksi yang mempunyai nama Galaksi Lokal Grup yang mempunyai lebih dari 50 galaksi yang lain. 

Galaksi Andromeda biasa juga dikenal dengan Messier 31/M 31, semua sisi dari galaksi ini dapat diamankan gambarnya oleh Wide NASA Infrared Survey Explorer (WISE).

WISE yang mempunyai tempat yang sama dengan 100 bulan purnama lebih. Untuk tangkap photo Galaksi Andromeda WISE memakai 4 detektor infra merah (3,4 dan 4,6 mikron sinar warna biru, 12 mikron sinar warna hijau dan 22 mikron sinar warna merah.

Galaksi Bima Sakti versus Galaksi Andromeda

galaksi-andromeda

Ada sebuah teori baru yang pada sebuah dasawarsa yang semakin berkembang, yakni akan bertabrakan nya dua galaksi besar Bima Sakti dan Galaksi Andromeda. 

Bukan suatu hal yang gampang untuk kita orang awam pahami mengenai teori itu, karena itu di paragraf ini akan kita ulas style yang memberikan dampak untuk gerakan galaksi.

1. Galaksi Andromeda, Style Dark Matter

Style pertama kali yang mempengaruhi gerakan Galaksi Andromeda dan galaksi yang lain adalah Dark Matter. Einstein pernah menyampaikan sebuah teori yang mengatakan jika zat itu memiliki karakter dasar, semua tanpa kecuali. Karakter-sifat itu adalah zat terbagi dalam partikel, massa dan gravitasi.

Dalam hukum fisika, beberapa hal seperti ada style ambil menarik dan style tolak menampik antara zat dapat diterangkan. Makna dari Dark Matter ini adalah materi yang cuma punya satu dari tiga karakter dasar yang sudah diterangkan barusan, yakni berbentuk gravitasi tanpa massa dan partikel. Karena tidak mempunyai massa itu jadi tidak bisa diukur.

Sempat ada yang yakini jika luar angkasa hanya sebuah ruangan hampa yang tidak mempunyai apapun di dalamnya, walaupun sebenarnya di ruangan hampa yang mereka katakan itu ada Dark Matter . 

Maka sebetulnya semesta alam ini terbagi dalam keberadaan fisik (berbentuk massa dan partikel)yang cuma sejumlah 4,6%, 83% oleh Dark Matter dan bekasnya oleh Dark Energy. Istilah Dark Matter mulai diperkenalkan pada 1933.

2. Galaksi Andromeda, Style Dark Energy

Style kedua yang mempengaruhi gerakan Galaksi Andromeda dan galaksi yang lain adalah Dark Energy. Bila Dark matter sebagai style penarikan kebalikannya Dark Energy adalah sebuah style dorong. Perlu kita kenali jika energi akan abadi tidak akan lenyap sampai kapan saja.

Nah, jika Dark Energy adalah sebuah style dorong yang telah ada dan tercipta saat pertama timbulnya semesta alam. 

Daya dorong yang terbentuk saat tercipta semesta alam beralih menjadi energi, jika tidak ada Dark Matter, karena itu semesta alam, galaksi (terhitung Galaksi Andromeda) semuanya yang ada akan amburadul karena tidak ada suatu hal yang bisa menarik dan meredam mereka. Oleh karenanya Dark Matter penting sekali.

Bertabrakan nya Galaksi Andromeda dan Galaksi Bima Sakti

Menurut riset, bertabrakan nya galaksi satu sama galaksi yang lain sebetulnya adalah proses penggabungan menjadi galaksi baru. Sama seperti dengan rumor akan berlangsungnya tabrakan Galaksi Andromeda dan Galaksi Bima Sakti. Namun saat yang diperlukan tidak cuma sekian hari, tetapi kelak sesudah beberapa juta tahun setelah itu.

Beberapa periset dari NASA sudah mendapati jika bakal ada persilangan di antara orbit Bima Sakti dengan orbit Galaksi Andromeda yang bisa terjadi sekitar 5 miliar tahun kembali. Sekarang ini kedua galaksi itu sama-sama merapat sepanjang 120 km per detik karena itu akan lama untuk sampai 18,8 triliun km.

Dengan replikasi super komputer, beberapa astronom akan memprediksi apa tubrukan itu akan merusak bumi atau mungkin tidak. Pada video replikasi Galaksi Bima Sakti dan Andromeda tiba dari arah bersimpangan, Galaksi Bima Sakti tiba dari bawah Galaksi Andromeda kebalikannya. Menurut hasil astronom memprediksi matahari, semua tata surya dan bumi tidak sama-sama tubrukan.

Galaksi Andromeda dan Bintang Periode Depan

Menurut ESA Herschel dan Observatorium XMM-Newton Galaksi Bima Sakti terbagi dalam beberapa ratus miliar bintang. Galaksi Andromeda mempunyai cincin debu yang hendak membuat bintang-bintang baru dan cahaya X-Ray. 

Berdasar analisis dari beberapa astronom disebut jika ada sebuah piringan tebal di Galaksi Andromeda, penemuan baru ini akan menolong periset untuk memahami proses pembangunan galaksi.

Sekitar 70 % bintang di Galaksi Andromeda ada dalam suatu piringan tipis bintang galaksi. Susunan dari piringan tipis ini terbagi dalam lengan spiral. 

Jika piringan (cakram) tebal terbagi dalam bintang-bintang yang telah tua, tetapi proses pembentukannya tidak bisa dimengerti. Menurutnya penilaian detail dan pengetahuan pembangunan galaksi spiral yang hendak membuat mereka mendapati bagaimana proses itu terjadi.

"Hasil ini sebagai salah satunya yang paling memikat buat ada di survey induk yang semakin besar dari pergerakan dan kimia bintang di tepian Galaksi Andromeda. Cari disk tebal sudah memberi penglihatan yang unik dan fantastis dari pembangunan sistem Galaksi Andromeda dan pasti menolong dalam pengetahuan kita mengenai proses yang sulit" menurut Scott Chapman dari Institut Astronomi di Cambridge.

Galaksi Andromeda, Silang Orbit Antara Benda Angkasa

Karena ada Dark Matter dan Dark Energy bisa menerangkan mengenai gerakan benda angkasa. Benda angkasa semua mempunyai orbit tanpa terkecuali, bulan, tata surya galaksi-galaksi (terhitung Galaksi Andromeda) mempunyai orbit.

Apa yang terjadi coba jika mereka tidak mempunyai orbit tentu mereka akan sama-sama bertabrakan karena tidak mempunyai lajurnya masing-masing, mereka akan semaunya berkeliling dan memutar ke semua benda yang turut melayang-layang dengan mereka.

Teleskop Luar Angkasa Spitzer lama, yakni semenjak berdirinya NASA sudah merekam 4 tubrukan yang terjadi antara dua galaksi lainnya di antara Galaksi Bima Sakti dan Galaksi Andromeda. Nach, itu muncul karena peluang ada kejadian persilangan antara orbit. 

Sempat ada yang kejadian tabrakan yang muncul karena kecepatan sinar yang merambat 300.000.000 meter per detik, tetapi itu terjadi telah bermilyaran tahun lalu karena jarak di antara galaksi yang satu dan lainnya benar-benar jauh.

Demikian sepintas mengenai Galaksi Andromeda, Bima Sakti dan beberapa benda angkasa yang lain. Mudah-mudahan artikel ini bisa memberi pengetahuan yang berguna untuk yang membacanya.

Post a Comment for " Mengenal Galaksi Andromeda dan Bima Sakti"