Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gunung Terbesar Di Dunia

pegunungan-himalaya

Gunung adalah bentukan tanah yang menonjol lebih tinggi dari lingkungan di sekitarnya. Sebuah gunung umumnya lebih tinggi dan curam dari bukit. Sebagian besar memiliki puncak yang meruncing. 

Terdapat beberapa ukuran standar yang menentukan apakah suatu tonjolan tanah bisa disebut gunung. Ensiklopedia Britannica, misalnya, menetapkan bahwa sebuah gunung harus berketinggian paling tidak 610 meter.

Gerakan tektonik lempeng, gerakan orogenik, atau gerakan epeirogenik adalah beberapa teori yang bisa menjelaskan proses terbentuknya sebuah gunung. Apabila ada beberapa gunung yang mengumpul dalam bentuk barisan, sebutannya adalah pegunungan.

Sebagai “bangunan alami” yang menjulang, wajar jika gunung selalu dikategorikan berdasarkan tingginya. Semakin tinggi sebuah gunung, semakin takjub manusia yang melihatnya.

Ada sebagian orang yang melihat gunung sebagai tantangan yang harus ditaklukkan dengan cara mendakinya hingga puncak. Tak peduli tebingnya curam berbatu, diselimuti salju dingin, atau nyaris hampa udara.

Mayoritas gunung yang tinggi berlokasi di sekitar Himalaya, Karakoram, dan wilayah-wilayah Asia lainnya, seperti Asia Timur, Tengah, dan Selatan. Mulai dari perbatasan Afganistan dan Pakistan hingga ke China.

Dunia mengenal Gunung Everest yang berada di perbatasan China dan Nepal sebagai yang tertinggi. Para pendaki dari berbagai negara mendatanginya untuk mencicipi bagaimana rasanya berdiri di “Puncak Dunia”. Tinggi Gunung Everest adalah 8.848 meter di atas permukaan laut. Tentu sulit menaklukkan gunung ini.

Namun, ada pula yang disebut sebagai “gunung terjangkung” bernama Gunung Mauna Kea di Amerika Utara. Gunung ini memiliki ketinggian lebih dari 10.000 meter jika diukur dari dasar laut di sekitarnya, sehingga layak disebut lebih “jangkung” dari Everest.

Setelah itu, ada pula gunung tertinggi atau “terjangkung” jika diukur dari inti bumi, yaitu Gunung Chimborazo di Ekuador. Gunung ini memiliki tinggi 6.310 meter.

Gunung-gunung Tertinggi di Berbagai Benua

mckenley-mountain

Gunung McKinley (juga dikenal sebagai Denali) adalah gunung yang tertinggi di Amerika Utara, tepatnya di Alaska, Amerika Serikat. Tingginya mencapai 6.194 meter di atas permukaan laut. 

Kemudian di bagian Selatan Benua Amerika, ada pula Gunung Aconcagua di Andes, Argentina, yang memiliki tinggi 6.960 meter di atas permukaan laut.

Sementara itu, Benua Australia bangga mempunyai Gunung Kosciuszko dengan tinggi 2.228 meters, yang terletak di New South Wales.

Afrika yang terkenal dengan alam liarnya pun mempunyai gunung tinggi menawan yang disebut Kilimanjaro. Gunung paling gagah seantero benua hitam ini tingginya 5.895 meter diatas permukan laut dan berlokasi di Tanzania.

Di Benua Eropa, kedudukan sebagai gunung tertinggi dipegang oleh Gunung Elbrus yang berada di Negara Rusia. Tingginya mencapai 5.642 meter.

Untuk kawasan Asia, tentu Anda sudah bisa menebak bahwa juaranya adalah Gunung Everest yang telah membuat dunia penasaran akan pemandangan dari puncaknya. Konon, jika Anda berhasil mendaki Everest hingga tuntas, akan menemukan perasaan tenang dan damai.

Terakhir adalah Benua Antartika yang menyebut Vinson Massif sebagai gunung tertinggi di sana karena mempunyai tinggi 4.897 di atas permukaan laut.

Gunung Terbesar

Terdapat pula gunung-gunung yang mendapat julukan sebagai terbesar karena luas dan memiliki volume yang besar. 

Yang pertama adalah Gunung Mauna Loa yang berketinggian 4.169 meter, mempunyai luas area dasar sekitar 5.200 km² dan volumenya mencapai 42.000 km³. 

Kemudian ada Gunung Kilimanjaro yang merupakan gunung berapi terbesar berdasarkan luas area daratan dan volume (635 km² dan 4.793 km³). Berikutnya adalah Gunung Logan, gunung tidak berapi yang luasnya sekitar 311 km².

Itulah informasi tentang Gunung Terbesar Di Dunia. Semoga berguna dan bermanfaat.

Post a Comment for " Gunung Terbesar Di Dunia"