Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peranan dan Faedah Enzim Proteolitik

Peranan dan Faedah Enzim Proteolitik
credit:instagram@karahanogluciftligi

Apa Itu Enzim Proteolitik?

Enzim proteolitik atau kerap disebutkan sebagai protease adalah kelompok enzim yang merinci protein menjadi molekul yang lebih kecil. 

Tiap tipe enzim proteolitik mempunyai kekuatan berlainan dalam menghidrolisis ikatan peptida. Contoh enzim proteolitik diantaranya pepsin, tripsin, kimotripsin, papain, bromelain, dan subtilisin.

Peranan Enzim Proteolitik

Enzim proteolitik berperan penting dalam pencernaan karena mereka merubah protein pada makanan menjadi asam amino yang dibutuhkan tubuh. Enzim proteolitik sudah dipakai dalam beragam terapi klinis, misalnya dalam onkologi, infeksi, penataan darah dan imun.

Enzim yang berperan penting dalam metabolisme tubuh dari penataan fungsi hati sampai mekanisme imun adalah enzim proteolitik. Peran lain yang tidak kalah pentingnya adalah enzim proteolitik merinci fibrin berlebihan di mekanisme peredaran darah dan jaringan penyambung yang lain, seperti otot.

Enzim ini memberikan gizi dan darah kaya oksigen untuk membuang tersisa metabolisme yang dibuat dari infeksi dan fibrin secara berlebihan. Dengan begitu enzim proteolitik menahan aglutinasi darah.

Faedah Enzim Proteolitik

Sekarang ini, enzim proteolitik sudah dibuat berbentuk suplemen. Biasanya, suplemen tersebut mengategorikan enzim proteolitik menjadi dua kelompok. 

Pertama, kelompok enzim proteolitik pencernaan, untuk menolong kerja mekanisme pencernaan. Kedua , kelompok enzim proteolitik yang masuk ke peredaran darah dan menolong metabolisme enzim.

Berikut ini adalah faedah dari enzim proteolitik, antara lain:

Mengurangi Infeksi

Radang sebagai respon alami tubuh saat cedera. Tetapi, radang yang terlalu berlebih akan memperlambat proses pengobatan. Enzim proteolitik mengurangi infeksi dengan menetralisasi karakter biokimiawi sehingga pembaruan dan pergantian jaringan bisa segera di mulai.

Mengurangi infeksi akan berpengaruh pada kenaikan kesehatan jantung, menahan kanker, dan alzheimer. Enzim ini percepat pengobatan cedera sesudah pembandingan dan arthritis.

Membersihkan Sel Mati

Enzim proteolitik adalah senjata khusus badan untuk "mengolah" beberapa sisa sel organik di mekanisme peredaran darah dan getah bening.

Menahan Aglutinasi Darah

Dengan meleburkan fibrin pada darah, akan mengurangi resiko terjadinya gumpalan darah. Enzim proteolitik yang disebut nattokinase benar-benar efisien meningkatkan kualitas sel darah, memaksimalkan peredaran darah dan menahan aglutinasi. Ini penting untuk mengurangi resiko terserang penyakit stroke.

Mengoptimalkan Mekanisme Imun

Kendaraan khusus mekanisme imun untuk menantang zat asing adalah enzim. Makrofag misalnya, mengolah penyusup asing dengan enzim proteolitik. Enzim proteolitik meningkatkan performa mekanisme imun untuk melakukan pekerjaannya.

Bakteri, virus, dan jamur, sebagai organisme dengan bahan dasar protein atau asam amino. Enzim proteolitik mengolah beberapa penyusup ini. Disamping itu, enzim proteolitik berperan untuk mengurangi alergi, masalah autoimun, sinusitis, dan asma.

Hilangkan Sisa Cedera

Sisa cedera pada jaringan kulit dibuat dari protein. Enzim proteolitik bisa "mengolah" sisa cedera pada jaringan, khususnya pada mekanisme peredaran darah.

Itulah Peranan dan Faedah Enzim Proteolitik. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

Posting Komentar untuk " Peranan dan Faedah Enzim Proteolitik"