Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jembatan Terpanjang di Dunia

Vasco da Gama Bridge
credit:[email protected]_cats

Fungsi utama dari jembatan adalah untuk menghubungkan kedua daerah yang terpisah oleh sungai dan jurang. Selain sebagai alat penghubung, jembatan juga berfungsi sebagai sarana memperlancar arus mobilitas kendaraan. 

Jembatan merupakan bukti dari teknologi manusia. Karena dibuat berdasarkan dari hasil perencanaan yang matang dan dirancang dengan presisi tinggi. 

Berikut ini adalah ulasan jembatan terpanjang di dunia.

Awal Mula Jembatan Dibangun 

Dahulu sungai dan jurang merupakan hambatan yang luar bisa sulit bagi mobilitas manusia. Untuk menjangkau tanah di seberang sungai, manusia zaman dahulu terpaksa menyeberangi dengan berenang, atau menunggu sampai air sungai dangkal.

Seiring perkembangan akal dan teknologi, diciptakanlah perahu untuk menghantarkan orang mencapai tempat tujuan di seberang sungai. Lama kelamaan diciptakanlah jembatan sederhana yang terbuat dari bambu, batang kayu, yang dirancang sedemikian rupa supaya dapat dilintasi manusia. 

Seiring waktu berjalan, teknologi kian maju, pembangunan jembatan pun mengalami modernisasi, yakni dirancang dari besi dan baja agar jembatan kokoh tahan lama. Membangun jembatan dibutuhkan orang-orang yang ahli di bidang rancang bangun, seperti dari teknik sipil, arsitektur, geologi.

Jadi jembatan adalah teknologi canggih yang dihasilkan dan diciptakan oleh beberapa ahli. Tentu untuk membangun jembatan yang kokoh dan panjang diperlukan dana yang tak sedikit. 

Berikut ini ulasan jembatan-jembatan terpanjang di dunia, antara lain:

Seven Mile Bridge

Jembatan ini merupakan salah satu jembatan terpanjang di dunia yang dimiliki Amerika Serikat. Rentang panjangnya mencapai 10 km. Jembatan ini melintasi Teluk Meksiko sampai daratan Florida. Jembatan Seven Mile Bridge dibangun pada 1978 dan selasai pada 1982. 

Vasco De Gama Bridge 

Jembatan panjang ini berada di Portugal. Panjang jembatan ini 17 km, membentang sungai Tagus, Lisbon. Jembatan Vasco De Gama diresmikan pertama kali pada 1998.  

Jembatan ini dinamai Vasco De Gama untuk mengenang 500 tahun seorang penjelajah dari Portugal. Penamaaan ini sebagai bentuk penghormatan karena beliau yang menemukan jalur pelayaran dari Eropa menuju India, dan orang yang pertama kali berlayar mengelilingi benua Afrika. 

 Donghai Bridge

Donghai Bridge terletak di Cina. Jembatan ini merupakan salah satu jembatan terpanjang yang dimiliki RRC, panjangnya 35 km, menghubungkan daratan Sanghai dengan semenanjung Yangshan. 

Jembatan ini merupakan jembatan yang terpanjang melintasi laut yang pernah dibuat manusia. Jembatan ini diresmikan pada 2008. Jembatan ini memiliki kontruksi yang panjang di beberapa tempat hingga memungkinkan dilintasi kapal besar.   

King Fahd Causeway

Jembatan King Fahd Causeway, merupakan salah satu jembatan terpanjang di dunia yang dibangun di Timur Tengah. Jembatan King Fahd Causeway menghubungkan dua negara yakni Arab Saudi dan Bahrain. Jembatan King Fahd Causeway dibangun di atas laut Merah. 

Jembatan ini dibangun pada tahun 1982. Peletakan batu utamanya oleh Raja Fadh dari Kerajaan Arab Saudi dan Sultan Syekh Salman bin Isa Al-Khalifa dari Kerajaan Bahrain. Jembatan ini pertama kali diresmikan pada tahun 1986. 

Post a Comment for " Jembatan Terpanjang di Dunia"