Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hewan - Hewan Langka dan Asalnya

Orang Utan
credit:[email protected]_thewildnature

Bersamaan dengan makin meningkatnya jumlah penduduk, maka makin tinggi pula tingkat permasalahan yang dihadapi oleh tumbuhan dan hewan di planet ini. Karena manusia, hewan mulai terancam punah. 

Jika hewan hewan langka dan asalnya tersebut tidak dipelihara, sudah dapat dipastikan bahwa hewan langka tersebut akan hilang dari peradaban seperti contohnya dinosaurus dan hewan mammoth.

Mengetahui hewan langka dan asalnya sangat penting bagi manusia untuk dapat memelihara hewan-hewan tersebut. Hewan yang terancam punah dapat diselamatkan dengan cara membuat undang-undang dan mematuhinya, antara lain seperti yang dibuat oleh negara Amerika pada tahun 1973.

Hal lain yang dapat dilakukan untuk hewan langka dan asalnya tersebut adalah mengontrol jumlah penduduk manusia. Bertambah banyaknya jumlah penduduk berarti makin berkurangnya tempat untuk hewan dan tumbuhan.

Jenis Hewan yang Terancam Punah

Red-knee tarantula (Brachypelma smithi). Asal muasal hewan ini adalah dari Mexico. Laba-laba berkaki merah ini tinggal di dalam liang tanah dengan cara menggali. Mereka terancam punah karena tempat mereka tinggal kini banyak dijadikan perkebunan, perumahan dan pemotongan kayu.

Gombessa coelacanth (Latimeria chalumnae). Ikan aneh ini ditemukan pertama kali di Amerika Selatan tahun 1938. Ikan dengan gigi tajam seperti arwana ini dipercaya telah punah sekitar 80 juta tahun yang lalu. Panjangnya mencapai 5 kaki dan dapat berenang mundur, terbalik, dan dengan ekor di atas.

Houston toad (Bufo houstonensis). Katak ini memiliki ciri-ciri: bintik-bintik, basah, berkutil, mata menyembul keluar. Hewan pemakan nyamuk ini berasal dari kota Houston dan Austin.

Galapagos tortoise (Geochelone). Penyu adalah reptile paling tua di bumi. Penyu Galapagos ditemukan di pulau Galapagos, di negara Ekuador.

Horned guan (Oreophasis derbianus). Burung bertanduk merah ini tampak seperti memakai topi merah. Hewan ini ditemukan di bagian selatan Meksiko, sepanjang Guatemala di Amerika Selatan.

California condor (Gymnogyps californianus). Burung ini tak memiliki bulu pada leher hingga kepalanya. Seperti namanya, burung ini ditemukan di California. Mereka adalah hewan pemakan bangkai.

Kitti’s hog-nosed bat (Craseonycteris thonglongyai). Hewan pemakan serangga ini sangat diperlukan untuk menyeimbangkan bumi. Kelelawar berhidung babi ini ditemukan di Thailand.

Long-beaked echidna (Zaglossus). Hidung pemakan semut ini panjang sehingga dapat menggali sarang semut paling dalam sekalipun di dalam tanah. Mereka banyak ditemukan di hutan New Guinea.

Armadillo

Giant armadillo (Priodontes giganteus). Armadilo adalah hewan pemangsa rayap atau anai-anai. Hewan ini tinggal di hutan-hutan Amerika Selatan, sepanjang Venezuela hingga Argentina.

Vancouver Island marmot (Marmota vancouverensis). Marmut ini sesuai namanya, berasal dari pulau Vancouver, British Columbia. Mereka memakan tanaman, biji-bijian, akar, bunga dan buah.

Fossa (Cryptoprocta ferox). Fossa adalah hewan karnivora yang hanya ditemukan di hutan-hutan Madagaskar. Mereka memiliki cakar seperti kucing dan pemburu yang hebat.

Maned wolf (Chrysocyon brachyurus). Serigala ini memiliki moncong yang lebih mirip rubah. Mereka adalah hewan omnivora yang berarti pemakan tumbuhan dan hewan. Ditemukan di Amerika Selatan.

Spectacled bear (Tremarctos ornatus). Beruang hitam dan besar ini tinggal di hutan pegunungan yang tinggi di bagian barat Venezuela, Colombia, Ekuador, Peru, dan Bolivia. Beruang ini aktif di malam hari, dan pada siang hari mereka tidur di gua, di atas batang pohon, atau di bawah rimbunnya pohon.

Markhor (Capra falconeri). Kambing liar ini memiliki tanduk yang melintir. Hewan yang juga dikenal dengan nama kambing gunung ini banyak ditemukan di pegunungan Asia.

Babirusa (Baburousa babyrussa). Babirusa adalah babi Asia yang memiliki cula.  Mereka suka merendam diri di hutan berlumpur di Malaysia.

Malayan tapir (Tapirus indicus). Hewan dengan dua warna yang unik ini memiliki warna hitam di bagian atas tubuhnya, dan warna putih di bagian bawah tubuhnya. Tapir hidup di hutan-hutan Burma, Thailand, Sumatra, dan Peninsula.

Great Indian one-horned rhinoceros (Rhinoceros unicornis). Badak bercula satu ini dapat ditemui di Nepal dan India bagian timur.

West Indian Menatee (Trichechus manatus). Biasa dikenal dengan sebutan ikan duyung, hewan mamalia ini adalah perenang yang anggun. Hidup di daerah sepanjang pantai dan sungai Florida dan Pulau Karibia.

Humpback whale (Megaptera novaeangliae). Ikan paus adalah hewan paling pintar di bumi. Paus humpback terkenal dengan nyanyiannya. Mereka adalah pemakan ikan-ikan kecil. Ditemukan di perairan Amerika.

Orang utan (Pongo pygmaeus). Dalam bahasa Melayu, orang utan berarti “orang yang tinggal di hutan”. Orang utan ditemukan di hutan hujan di Borneo dan Sumatra. Satu-satunya musuh mereka adalah manusia.

Semoga informasi tentang  Hewan Langka dan Asalnya diatas bermanfaat dan berguna untuk Anda.

Post a Comment for " Hewan - Hewan Langka dan Asalnya"