Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Energi Gerak di Alam Semesta

Energi Gerak di Alam Semesta

Energi gerak atau energi kinetik adalah energi yang memiliki massa dan kecepatan. Energi ini telah menjadi bagian dalam kehidupan seluruh semesta alam dan makhluk yang tinggal di dalamnya. 

Planet-planet bergerak berdasarkan perhitungan semesta, gunung, sungai, laut. Bahkan, bumi tempat kita berpijak, semua bergerak berdasarkan perhitungan yang sudah ditetapkan.

Sebuah benda yang memiliki massa atau bobot terhadap gravitasi memerlukan energi kinetik dalam upaya melakukan pekerjaan mulai kondisi diam hingga bergeraknya mencapai kecepatan tertentu. 

Perhatikan benda-benda yang bergerak di sekitar kita, seperti kipas angin, baling-baling pesawat terbang, kincir angin, pisau mixer, dan pisau blender, yang semuanya diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Macam-macam gerak dapat terjadi di sekitar kita. Misalnya, air mengalir, bola menggelinding, kincir berputar, bola basket memantul, dan mobil yang bergerak pada permukaan datar. Benda-benda yang bergerak atau melakukan usaha terpengaruh oleh adanya gaya gravitasi bumi, yaitu benda yang berada di atas akan selalu jatuh ke bawah, tidak pernah sebaliknya.

Ukuran dan Bentuk Benda

Selain gravitasi bumi, ada hal lain yang mempengaruhi pergerakan suatu benda, yaitu ukuran benda dan bentuk benda. Kecepatan suatu benda dalam bergerak dipengaruhi oleh tenaga yang diberikan padanya. 

Ukuran pada dua benda berbeda, meskipun keduanya diberi tenaga yang sama, kecepatan yang dihasilkan keduanya juga akan berbeda satu sama lain.

Benda yang memiliki luas permukaan sentuh kecil akan menerima hambatan yang kecil pula. Oleh karena itu, benda tersebut dapat lebih cepat bergerak dibanding benda yang luas permukaan sentuhnya besar. 

Bentuk benda juga mempengaruhi kecepatan bergeraknya. Misalnya, ada dua benda, satu berbentuk bola dan yang lain berbentuk balok.

Bila kedua benda itu diberikan sedikit tenaga pada landasan yang berupa benda miring, yang akan sampai terlebih dahulu adalah benda berbentuk bola dengan cara menggelinding. Sementara itu, balok akan meluncur dengan waktu yang relatif lebih lama. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bentuk berpengaruh pada gerak benda.

Pemanfaatan Energi Gerak

Benda-benda yang memanfaatkan konsep energi gerak, di antaranya sebagi berikut:

  • Kipas angin, adanya perubahan dari energi listrik menjadi energi gerak dapat menjadikannya bermanfaat dalam memberikan angin buatan di kala hari sedang panas.
  • Kincir angin, angin yang menggerakkan baling-balingnya mampu menghasilkan energi listrik yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga dan industri.
  • Kapal layar, kapal ini berlayar memanfaatkan angin yang meniup layar-layarnya agar dapat menjalankan perahu di atas laut yang mengombang-ambing untuk kebutuhan mencari ikan.

Itulah ulasan artikel tentang  Energi Gerak di Alam Semesta. Semoga ulasan di atas  berguna dan bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for " Energi Gerak di Alam Semesta "