Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Lingkungan Hidup

Pengertian Lingkungan Hidup

Pengertian lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita yang merupakan makhluk hidup, baik itu manusia, binatang maupun tumbuhan. Intinya adalah, bahwa semua yang memiliki nyawa dan tergolong sebagai makhluk yang bernafas adalah bagian dari lingkungan hidup.

Dari pengertian lingkungan hidup tersebut diatas, menunjukkan bahwa semua manusia adalah merupakan bagian dari lingkungan hidup. Oleh karena kita harus memiliki kesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup tersebut dan bukan justru sebaliknya, yakni menjadi predator untuk merusak kelestarian lingkungan hidup.

Semakin berkurangnya wilayah hutan di dunia dan semakin langkanya jenis binatang tertentu merupakan bukti dari rusaknya lingkungan hidup di sekitar kita. Faktor terbesar yang menjadi penyebab fenomena tersebut adalah ketamakan (kerakusan) manusia. Atas nama industrialisasi dan hawa nafsu, manusia menjadi penghancur bagi kehidupan kedua jenis makhluk hidup tersebut.

Berkurangnya hutan di dunia menjadikan tidak ada penyaring udara kotor yang berdampak buruk yaitu semakin menipisnya lapisan ozon di atmosfer bumi. Lubang ozon di atmosfer semakin besar akibat polusi udara hasil pembakaran industri besar langsung meluncur ke angkasa. Sebab, hutan yang berfungsi sebagai penyerap zat Karbon dioksida, jumlahnya tidak sebanding dengan polusi yang terjadi.

Demikian pula dengan kehidupan binatang (fauna). Penangkapan beberapa jenis binatang, secara tidak langsung sebenarnya sudah merugikan manusia itu sendiri. Contohnya dengan penangkapan ular sanca atau burung hantu, berdampak pada makin mengganasnya populasi tikus yang merusak sawah petani. Padahal, hanya dengan satu ekor ular sanca bisa menjaga sawah seluas satu hektar dari ancaman tikus.

Cara Pelestarian Lingkungan Hidup

Setelah memahami pengertian lingkungan hidup, maka salah satu tujuannya adalah agar manusia bisa mengerti tentang arti lingkungan hidup itu sendiri. Selain itu, manusia juga diharapkan untuk bisa menjaga lingkungan hidup agar tetap lestari.

Beberapa cara yan bisa dilakukan untuk melestarikan lingkungan hidup di antaranya adalah :

1. Menghentikan penebangan hutan secara liar atau pembalakan. Sebab, hutan memiliki peran sebagai paru-paru bumi yang berfungsi untuk menyaring udara kotor dan menghasilkan udara segar dan sehat bagi manusia.

2. Hindari membuang sampah sembarangan, terutama sampah yang tidak mudah hancur seperti plastik. Karena hal ini akan menyebabkan tanah kurang sehat dan merusak ekosistem tanah. 

Seperti kurang suburnya tanaman dan matinya binatang dalam tanah seperti cacing. Padahal, cacing sangat dibutuhkan untuk menggemburkan dan menyuburkan tanah.

3. Budayakan menggunakan peralatan yang ramah lingkungan atau bisa didaur ulang. Hal ini untuk mengurangi jumlah sampah yang ada di bumi.

4. Kurangi konsumsi bahan bakar kendaraan bermotor untuk mengurangi polusi. Tanamkan kebiasaan untuk menggunakan kendaraan ramah lingkungan, seperti yang menggunakan bahan bakar tenaga surya atau juga bersepeda.

5. Kembangkan budaya untuk menanam pohon di sekitar kita. Hal ini akan memperbanyak jumlah pohon yang ada di bumi dan sebagai media untuk memperbaiki kualitas udara bumi.

Demikianlah ulasan artikel singkat terkait dengan pengertian lingkungan hidup. Semoga berguna dan bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for " Pengertian Lingkungan Hidup"