Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Sosiologi Termasuk Ilmu Pengetahuan (Sains)?

 

Apakah Sosiologi Termasuk Ilmu Pengetahuan (Sains)?
credit:freepik

Sains telah didefinisikan oleh kamus Merriam Webster sebagai "pengetahuan yang diperoleh melalui studi atau praktik." Dengan menggunakan definisi ini sosiologi dapat diklasifikasikan sebagai ilmu karena merupakan bidang studi yang dikembangkan untuk memperoleh pengetahuan tentang masyarakat dan perilaku sosial manusia melalui studi tentang masyarakat dan individu dalam masyarakat. 

Sosiologi adalah cabang sains yang relatif baru, setidaknya jika dibandingkan dengan mata pelajaran sains keras seperti kimia dan astronomi, bagaimanapun, ini tidak membuatnya kurang layak untuk klasifikasi sains.

Ilmu Sosial

Salah satu bidang studi yang paling luas dalam sosiologi adalah bidang ilmu sosial. Ilmu sosial adalah studi tentang hubungan sosial. Bidang ini mempelajari hubungan manusia di setiap tingkat sosial termasuk pribadi, keluarga, bisnis, komunitas, negara bagian, nasional dan dunia. 

Bidang ini penting karena membantu menjelaskan mengapa kami mengembangkan jenis hubungan yang kami lakukan dan bagaimana hubungan ini berdampak pada fungsi masyarakat secara keseluruhan.

Kriminologi

Kriminologi adalah bidang studi lain di bawah tajuk sosiologi. Ini adalah studi tentang perilaku sosial abnormal yang diklasifikasikan sebagai kejahatan terhadap masyarakat. 

Kriminologi meneliti perilaku kriminal dan langkah-langkah yang diambil masyarakat untuk mencegah dan menghukum perilaku tersebut. Ini adalah bidang studi menarik yang memiliki banyak aplikasi praktis.

Demografi

Demografi adalah salah satu sub-bidang studi yang lebih dikenal di bawah klasifikasi sosiologi. Demografi adalah studi tentang karakteristik khusus yang menentukan populasi tertentu. 

Ciri-ciri tersebut meliputi jumlah penduduk, rasio jenis kelamin dalam suatu populasi, usia anggota populasi, tempat tinggal, apa yang mereka lakukan untuk mencari nafkah dan latar belakang pendidikan mereka. Informasi ini sangat penting dan biasanya dikumpulkan oleh pemerintah dan lembaga lain.

Psephology

Psephology adalah salah satu sub-spesialisasi sosiologi yang kurang dikenal. Ini mempelajari tentang tren pemilihan. Tren ini mencakup cara orang-orang di negara bagian tertentu memberikan suara, cara orang-orang dengan profil demografis tertentu memberikan suara, dan cara memilih generasi tertentu. 

Informasi ini dapat digunakan untuk membuat prediksi pemilu atau untuk menemukan konstituen untuk menjadi target kampanye politik dan penggalangan dana.

Sosiometri

Sosiometri adalah sub-spesialisasi unik di bidang sosiologi. Ini mengukur berbagai karakteristik perilaku sosial untuk membuat analisis kuantitatif dari perilaku tersebut. Frekuensi dan tingkat keparahan perilaku adalah faktor kuantitatif umum yang diukur dalam sosiometri.

Sosiologi Struktural 

Sosiologi struktural, seperti namanya adalah studi tentang struktur yang ditemukan dalam masyarakat. Struktur ini meliputi struktur unit keluarga, struktur sosial dan struktur pemerintahan. 

Bidang ilmu ini telah mengembangkan tubuh pengetahuan yang menunjukkan bahwa institusi dan struktur sosial diberikan prioritas lebih tinggi dari manusia daripada individu. Ini adalah teori yang menarik untuk direnungkan ketika mempelajari perilaku dan sosiologi manusia.

Kesimpulan

Sosiologi adalah ilmu. Ini didedikasikan untuk mengembangkan tubuh pengetahuan yang menggambarkan masyarakat dan struktur dan sistem internalnya. Ini adalah ilmu yang masih muda, tapi penting untuk pemahaman kita tentang apa yang membuat pengalaman manusia begitu unik dan rumit.

Selama beberapa dekade terakhir saya telah bekerja untuk mempromosikan sains kepada siswa. Melalui eksperimen dengan hadiah sains pendidikan dan bekerja dengan proyek pameran sains, anak-anak dari segala usia telah belajar menjadi inovatif secara ilmiah.

Post a Comment for " Apakah Sosiologi Termasuk Ilmu Pengetahuan (Sains)?"