Biografi Jean Piaget-Psikolog Paling Populer Di Abad Ke-20

Biografi Jean Piaget-Psikolog Paling Populer Di Abad Ke-20
http://www.piaget.org/

Jean Piaget merupakan seorang psikolog Swiss yang dikenal dikalangan akademisi karena melakukan studi sistematis tentang pemahaman pada anak-anak. Dia secara luas dianggap sebagai tokoh terpenting dalam psikologi perkembangan abad ke-20.

Kehidupan Awal dan Pendidikan

Lahir pada tanggal 9 Agustus 1896 di Neuchâtel, Swiss, ayah Jean Piaget, Arthur Piaget, mengajar ilmu sastra abad pertengahan di Universitas Neuchâtel. Piaget menunjukkan minat awal pada biologi dan alam. 

Di sekolah menengah, dia tertarik pada moluska dan dia menjadi ahli malakologi terkenal yang menulis banyak artikel tentang subjek tersebut sepanjang hidupnya.

Dia kemudian melanjutkan kuliah di Universitas Neuchâtel mempelajari zoologi dan filosofi di mana dia memperoleh gelar doktor pada tahun 1918, dan kemudian, mendaftar selama satu semester di Universitas Zürich di mana dia menjadi tertarik pada psikologi.

Bahkan sebagai mahasiswa muda, Piaget menulis dua makalah filosofis yang sayangnya ditolak sebagai pemikiran remaja.

Jalur Karir

Piaget bekerja selama satu tahun di sebuah institusi anak laki-laki yang dibuat oleh Alfred Binet di Prancis di mana dia membakukan tes kecerdasan Burt dan memulai studinya tentang perkembangan mental anak-anak.

Ia menjadi direktur studi di JJ Rousseau Institute di Jenewa pada tahun 1921. Pada tahun 1923, ia menikah dengan Valentine Châtenay dan mereka memiliki tiga anak, Jacqueline, Lucienne dan Laurent.

Dari tahun 1925 hingga 1929 Piaget menjadi profesor psikologi, sosiologi, dan filsafat sains di Universitas Neuchâtel.

Ia menerima jabatan profesor psikologi anak di Universitas Jenewa pada tahun 1929, dan tetap di universitas tersebut sampai kematiannya pada tahun 1980.

Pada saat yang sama ia juga memiliki jabatan guru besar di Universitas Lausanne di Swiss dari tahun 1938 hingga 1951.

Dari tahun 1952 hingga 1964 dia juga profesor Psikologi Genetik di Sorbonne di Paris.

Kontribusi dan Prestasi

Dipercaya bahwa tidak ada kerangka teoritis yang memiliki pengaruh lebih besar pada psikologi perkembangan daripada Jean Piaget. 

Ia mendirikan Pusat Epistemologi Genetik Internasional di Jenewa pada tahun 1955 dan menjadi direkturnya. Dia memberikan kontribusi luar biasa di berbagai bidang, termasuk sosiologi, psikologi eksperimental, dan pemikiran ilmiah.

Piaget mengambil ide-ide dari biologi, psikologi, dan filsafat dan menyelidiki metode yang digunakan anak-anak untuk belajar tentang dunia. 

Dia mendasarkan kesimpulannya tentang perkembangan anak pada pengamatan dan percakapannya dengan dirinya sendiri, serta anak-anak lain. 

Dengan mengajukan pertanyaan yang cerdik dan mengungkapkan tentang masalah sederhana yang dia buat, dia membentuk gambaran tentang cara mereka memandang dunia dengan menganalisis tanggapan mereka yang salah. 

Dia merumuskan teori perkembangan kognitif yang diartikulasikan dengan sangat baik dan terintegrasi.

Piaget adalah seorang penulis yang sangat produktif yang menulis sekitar 70 buku dan lebih dari 100 artikel tentang psikologi manusia. Konseptualisasi teoretisnya telah mendorong banyak penelitian.

Karya - Karya Utama Jean Piaget

Di antara karya utama Piaget adalah:
  • The Language and Thought of the Child (1923)
  • The Child's Conception of the World (1925)
  • The Origins of Intelligence in Children (1936)
  • The Child's Conception of Number (1941)
  • Play, Dreams and Imitasi in Childhood (1945)
  • The Construction of Reality in the Child (1950)
Jean Piaget dianugerahi Balzan Prize for Social and Political Sciences pada 1979. Tahun berikutnya, dia meninggal pada 16 September 1980 pada usia 84 tahun.

0 Response to "Biografi Jean Piaget-Psikolog Paling Populer Di Abad Ke-20"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel