Daftar 12 Ilmuwan Wanita Terhebat di Dunia

 

Daftar 12 Ilmuwan Wanita Terhebat di Dunia
credit:freepik.com

Mulai dari rompi antipeluru hingga mesin pencuci piring, dari perangkat lunak komputer hingga pembuat es krim, para wanita selama berabad-abad telah mencapai keunggulan di setiap bidang meskipun hanya menerima sedikit pujian untuk hal itu.

Berikut ini adalah  Daftar 12 Ilmuwan Wanita Terhebat di Dunia, antara lain: 

1. Tabitha Babbitt (1784-1853) - Penemu Circular Saw

Karena afiliasi religiusnya dengan komunitas Shaker yang mengamati kehidupan sederhana, Tabitha Babbitt tidak pernah mengajukan paten untuk penemuannya. 

Namun demikian, para pria seharusnya berterima kasih padanya karena telah menemukan gergaji bundar, paku potong mesin, dan memurnikan alat lain yang umum digunakan saat ini.

Idenya diilhami oleh pengamatan pria di komunitasnya yang menggunakan gergaji besi untuk memotong kayu di mana pukulan punggung tangan tidak berguna dan membuang energi. 

Oleh karena itu, Babbitt menciptakan prototipe untuk gergaji bundar yang kemudian menjadi barang utama di pabrik penggergajian.

Karena Babbitt bekerja sebagai penenun, dia mengambil pisau bundar dan menempelkannya ke roda pemintal untuk menghasilkan gerakan melingkar.

2. Josephine Cochrane (1839-1913) - Penemu Mesin Pencuci piring

Dipatenkan pada tahun 1887, Josephine Cochrane menemukan mesin pencuci piring komersial pertama yang sukses. 

Meskipun telah dirancang sebelumnya oleh Joel Houghton pada tahun 1850 dan LA Alexander pada tahun 1860-an, tidak satu pun dari ini melakukan pekerjaan sebaik desain Cochrane yang merupakan yang pertama menggunakan tekanan air dibandingkan dengan scrubber.

Pada tahun 1893, ia memenangkan hadiah tertinggi untuk konstruksi mekanik terbaik, daya tahan dan adaptasi pada bidang pekerjaannya. 

Segera setelah Cochrane ini mulai menerima pesanan dari hotel dan restoran di Illinois yang mengarah ke bisnis pabriknya Gris-Cochrane pada tahun 1897. Baru pada tahun 1950-an mesin cuci piring menjadi barang rumah tangga.

3. Elizabeth Magie (1866-1948) - Penemu Monopoli

Bertanggung jawab atas salah satu permainan papan paling legendaris sepanjang masa, Elizabeth Marie menemukan 'The Landlord's Game' atau yang lebih sering kita ingat sebagai Monopoli. 

Permainan itu jenius karena Magie merancangnya dengan cara yang secara langsung mengejek praktik kapitalis yang tidak adil dari perampasan tanah dan kerugian hidup dengan uang sewa.

Meskipun Magie menerima paten atas kerja kerasnya pada tahun 1904, permainannya diretas sekitar 30 tahun kemudian oleh Charles Darrow pada tahun 1934 yang menciptakannya kembali sebagai 'Monopoli' dan menjualnya ke Parker Brothers. Untungnya Parker Brothers melacak pemegang paten aslinya dan membayar Magie $ 500 untuk itu.

4. Katharine Burr Blodgett (1898-1979) - Penemu Kaca tak terlihat

Dikenal karena banyak kontribusinya di bidang kimia industri, Katherine Blodgett diakreditasi untuk penemuannya pada kaca yang tidak memantulkan atau tidak terlihat.

Menjadi ilmuwan wanita pertama yang dipekerjakan di General Electric, Blodgett menemukan cara untuk mentransfer lapisan monomolekuler tipis ke kaca dan logam pada tahun 1935. 

Efek yang dihasilkan adalah kaca yang menghilangkan silau dan distorsi. Kaca tak terlihat ini adalah perangkat yang bermanfaat bagi ahli metalurgi, ahli kimia, dan fisikawan. 

Ini juga telah digunakan dalam bingkai foto, lensa kamera, optik, mikroskop, kacamata dan sejenisnya.

Selama Perang Dunia Kedua, Katherine menemukan layar asap yang menyelamatkan banyak nyawa dengan melindungi pasukan dari paparan asap beracun.

5. Maria Telkes (1900-1992) - Penemu Sistem pemanas tenaga surya 

Maria Telkes adalah pelopor tenaga surya dan ahli biofisika, Maria Telkes bekerja sama dengan arsitek Eleanor Raymond untuk membangun rumah pertama yang sepenuhnya dipanaskan oleh tenaga surya pada tahun 1947.

Telkes adalah seorang ilmuwan Hongaria yang menemukan generator listrik termoelektrik untuk menyediakan pemanas untuk Dover House di Skotlandia. 

Dia menggunakan garam Glauber, garam natrium dari asam sulfat untuk menyimpan panas di musim dingin yang ekstrim. Ini memungkinkan Dover House bertahan selama tiga musim dingin sebelum sistem gagal.

Daftar 12 Ilmuwan Wanita Terhebat di Dunia
credit:freepik.com

6. Grace Hopper (1906-1992) - Penemu Software Komputer

Dr. Grace Murray Hopper merupakan inspirasi bagi wanita di bidang ilmu komputer hingga saat ini. Dia, bersama dengan Howard Aiken, menemukan komputer Mark I Harvard pada tahun 1944. Komputer itu seukuran ruangan dan beratnya lima ton. 

Hopper memainkan peran penting dalam menyusun dan menerjemahkan bahasa tertulis ke dalam kode komputer dan merupakan bagian dari tim yang mengembangkan COBOL-bahasa pemrograman modern pertama yang ramah pengguna. 

Dia juga diakreditasi untuk menciptakan istilah 'bug' dan 'de-bug' setelah menemukan bahwa ngengat sebenarnya adalah penyebab masalah di komputernya.

7. Hedy Lamarr (1914-2000) - Penemu Secret Communications System

Meskipun lebih terkenal sebagai aktris dan ikon kecantikan Austria yang terkenal di dunia, Lamarr terbukti lebih dari sekadar wajah cantik. 'Secret Communication System'-nya membantu mencegah pesan rahasia dicegat oleh musuh selama Perang Dunia II. 

Lamarr, bersama dengan rekannya George Anthiel menerima paten untuk penemuan mereka pada tahun 1941.

Sistem ini menggunakan torpedo pengontrol radio atau teknologi lompat frekuensi untuk bekerja secara efektif dan ini meletakkan dasar teknologi untuk Wi-fi dan GPS modern. 

Teknologi 'spektrum tersebar' juga memfasilitasi ledakan komunikasi digital termasuk penemuan telepon seluler, mesin faks, dan operasi nirkabel lainnya. Dia termasuk dalam penemu wanita terpenting abad ke-20.

8. Marie Van Brittan Brown (1922-1999) - Penemu Televisi Sirkuit Tertutup

Orang bahkan tidak akan membayangkan kemungkinan perangkat pengintai rumah pada tahun 1966. 

Namun, Marie Van Brittan Brown, tidak puas dengan respon lambat polisi untuk meminta bantuan di lingkungannya di New York, menemukan dan mematenkan sistem keamanan televisi sirkuit tertutup, bersama dengan mitranya Albert Brown. 

Penemuannya meletakkan dasar untuk sistem keamanan rumah modern, sistem pencegahan kejahatan dan pemantauan lalu lintas.

Mekanismenya terdiri dari empat lubang intip dan kamera yang dapat dipindahkan dari satu lubang intip ke lubang intip lainnya yang memantulkan gambar kamera ke monitor. Pintu rumah juga bisa dibuka kuncinya menggunakan sakelar listrik.

9. Stephanie Kwolek (1923-2014) - Penemu Kevlar

Diciptakan hampir secara tidak sengaja, serat Kevlar super-kuat Stephanie Kwolek akhirnya menjadi lima kali lebih kuat dari baja dan melayani sekitar 200 kegunaan. Yang paling terkenal adalah rompi antipeluru. Kwolek menemukannya ketika dia sebenarnya sedang mengerjakan serat yang lebih ringan untuk ban mobil, mendapatkan paten pada tahun 1966.

Ketika Kwolek pertama kali membuat larutan Hexamethylphosphoramide (HMPA), sepertinya itu tidak akan bisa melakukan triknya. Namun, yang mengejutkan semua orang, solusi yang bergerak dan sangat berair ini menghasilkan serat yang sangat baik yang sekarang banyak digunakan untuk rompi antipeluru yang menyelamatkan nyawa banyak personel polisi selama bertahun-tahun. Serat aramid diaplikasikan pada ban, kampas rem, material komposit, lambung kapal, pakaian tahan api dan sejenisnya.

10. Shirley Jackson (1946-) - Penemu berbagai macam teknologi telekomunikasi

Telepon nada sentuh, kabel serat optik, sel surya, penelepon menunggu, identifikasi penelepon dan faks portabel - ini hanya beberapa penemuannya dalam perkembangan telekomunikasi. 

Dr. Shirley Jackson terakreditasi untuk lebih banyak lagi. Dia adalah wanita kulit hitam pertama yang menerima gelar Ph.D. dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) serta wanita kulit hitam pertama yang memimpin sebuah institut teknologi besar, yaitu Rensselaer Polytechnic Institute.

11. Sarah Mather (nd) - Penemu Aquascope

Tidak banyak yang diketahui tentang penemunya sendiri, tetapi penemuannya berbicara banyak tentang pikiran jeniusnya. 

Lebih dikenal sebagai Aquascope, Sarah Mather menemukan perangkat pengamatan bawah air yang merupakan kombinasi teleskop dan lampu untuk kapal selam. 

Itu menggunakan lmp camphene dalam bola kaca yang akan tenggelam dalam air. Mather menerima patennya pada tahun 1845.

'Alat untuk Memeriksa Objek di Bawah Permukaan Air' ini memungkinkan kapal laut menjelajahi kedalaman laut. Pada tahun 1864, Mather meningkatkan perangkat yang akan digunakan untuk mendeteksi kapal perang bawah air Selatan. 

Sekarang digunakan untuk terumbu, cakram secchi, memeriksa tambatan kapal dan kegiatan terkait survei lainnya. Ini juga terbukti sebagai alat pendidikan yang efektif untuk mengamati tumbuhan bawah air dan habitatnya di badan air.

12. Nancy Johnson (nd) - Penemu mesin Pembeku Es Krim yang digerakkan dengan tangan

Hingga tahun 1843, es krim diproduksi di dalam lemari pembeku di mana ia harus dicampur selama beberapa jam dengan menggunakan sendok. 

Pada tahun ini, Nancy Johnson dari Philadelphia mengubah metode ini ketika dia mengajukan paten untuk freezer es krim yang digerakkan dengan tangan.

Freezer buatan ini terdiri dari bak, tutup, silinder, dasher dan engkol. Engkol dapat digerakkan dengan dayung tengah yang digunakan untuk mengaduk campuran es krim selama 45 menit - jauh lebih cepat daripada waktu yang dibutuhkan sebelumnya.

Tak lama setelah penemuan awal Johnson, 70 perbaikan dilakukan termasuk merek White Mountain yang populer yang mengklaim menjual ribuan mesin tersebut setiap tahun meskipun versi listrik pembuat es krim telah diperkenalkan sejak 50 tahun terakhir.

0 Response to " Daftar 12 Ilmuwan Wanita Terhebat di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel