Daftar 10 Firaun Mesir - Tutankhamun Yang Paling Terkenal

 

Daftar 10 Firaun Mesir - Tutankhamun Yang Paling Terkenal
credit:pixabay

Sisa-sisa peninggalan zaman firaun Mesir tetap menjadi beberapa peninggalan paling berharga di dunia dengan setiap mumi diberi pawai kerajaan kapan pun mumi itu digali atau dipindahkan. 

Pemerintah baru-baru ini memindahkan semua mumi ke Museum Nasional Peradaban Mesir yang baru di negara itu, yang oleh sebagian besar ahli Mesir digambarkan mengganggu orang mati. 

Pemindahan mumi firaun TUT terutama menarik sebagian besar perhatian karena beberapa orang percaya bahwa makamnya memiliki peringatan yang mengatakan bahwa kematian akan segera datang kepada siapa pun yang mengganggu makam Raja. 

Mitos tersebut disinyalir menjadi penyebab bencana baru-baru ini di negara tersebut termasuk tersumbatnya Terusan Suez dan tabrakan kereta api yang menewaskan lebih dari 300 orang. 

Bagaimanapun, itu hanyalah mitos. Mesir kuno masih merupakan bagian sejarah yang tak lekang oleh waktu dan 10 ini adalah pemimpin paling terkenal saat ini.

 Daftar 10 Firaun Mesir, antara lain:

1. Tutankhamun

Tutankhamun

Tutankhamun tidak benar-benar membuat perbaikan besar pada Mesir kuno tetapi jenazahnya mengubah pandangan dunia modern tentang Egyptology. Muminya ditemukan pada tahun 1922 memperbarui minat global pada sisa-sisa firaun Mesir. Jenazah raja muda cukup utuh dan tubuhnya ditemukan menderita skoliosis dan beberapa jenis malaria.

Dia juga memiliki kaki yang cacat sehingga harus berjalan dengan tongkat. Tidak jelas apa yang membunuhnya, tetapi dia turun sebagai raja terakhir dari Dinasti ke-18 setelah memerintah hanya selama 10 tahun antara 1342-1325 SM. 

Dia diyakini telah membalikkan reformasi kerajaan ayahnya dengan memulihkan penyembahan Amon di Mesir setelah ayahnya Akhenaten memaksa kerajaan tersebut ke dalam penyembahan monoteistik dewa Aten.

2. Cleopatra

Cleopatra
credit:[email protected]_academia_classical_

Cleopatra tetap menjadi salah satu wanita paling terkenal dalam sejarah dan juga penguasa resmi terakhir Mesir Raya. Dia adalah wanita kuat yang tahu jalannya politik. Dia mewarisi tahta dari ayahnya Ptolemeus XII, yang berarti dia keturunan Yunani dari garis Alexander Agung. 

Dia belajar dan berbicara bahasa Mesir dengan lancar yang membuatnya sangat terkenal di kalangan masyarakat setempat. Dia berhasil mempertahankan Mesir sebagai kerajaan independen dari Roma selama bertahun-tahun pemerintahannya pertama dengan memulai perselingkuhan dengan Julius Caesar kemudian memulai lagi dengan penggantinya Mark Antony. 

Dia menolak untuk tunduk pada Oktavianus, kaisar Romawi yang memilih untuk bunuh diri pada tahun 30 SM ketika Romawi mengalahkan pasukannya. Dia tetap menjadi firaun besar terakhir Mesir.

3. Firaun Menes

Menes juga dikenal sebagai bapak Mesir yang memerintah antara 3.200 hingga 3.100 SM. Selama pemerintahannya, Menes mempersatukan apa yang dulu disebut Mesir Hilir dan Mesir Hulu di bawah satu mahkota menjadikannya penguasa pertama dari dinasti pertama. 

Dia diyakini telah mengubah rute Sungai Nil melalui Mesir Hilir sehingga memungkinkan adanya irigasi di lebih banyak wilayah daripada sebelumnya. Selama pemerintahannya, ibu kota kuno Memphis didirikan. Dia dikatakan telah dibunuh oleh seekor kuda nil setelah memerintah Mesir selama lebih dari 6 dekade.

4. Djoser

Piramida Mesirmeningkat selama bertahun-tahun seiring dengan kemajuan teknik arsitektur tetapi semuanya dapat ditarik kembali ke Piramida Bertingkat yang terkenal yang ditugaskan oleh firaun ini. 

Tidak banyak yang diketahui tentang hidupnya kecuali fakta bahwa ia adalah dinasti ketiga Firaun yang hidup antara 2630 dan 2611 SM. Dia juga menugaskan pembangunan kota-kota besar kerajaan lama termasuk Heliopolis dan Gebelein. 

Dia juga dikreditkan dengan mengkonsolidasikan Semenanjung Sinai di bawah Mesir melalui tindakan militer yang memaksa suku-suku pemberontak di daerah itu tunduk.

5. Akhenaten

Akhenaten adalah anak dari Amenhotep III, firaun terbesar dalam sejarah Mesir yang membangun kuil besar Amon. Ia dilahirkan sebagai Amenhotep IV tetapi memilih untuk menamai dirinya Akhenaten dengan nama dewa Aten karena pandangan monoteistiknya. 

Inilah Firaun yang mencoba mengubah seluruh Mesir dari politeisme menjadi pemujaan Dewa Matahari Aten.

Dia juga memindahkan ibu kota dari Thebes ke Amarna. Pemerintahannya sebagian besar dipengaruhi oleh istrinya Nefertiti yang diyakini memerintah setelah kematiannya. 

Pemerintahannya meniadakan sebagian besar pencapaian ayahnya saat dia menganiaya para penyembah Amon dan hampir membangkrutkan dinasti dengan ekstremitasnya dan biaya pembangunan ibu kota barunya. Putranya Tut mencoba membalikkan beberapa dari ini tetapi dia tidak punya cukup waktu untuk itu.

6. Amenhotep III

Ini mungkin adalah firaun terbesar dari semuanya. Dia lebih seperti Salomo dari Israel, memimpin pembangunan diplomatik, budaya dan infrastruktur Mesir daripada kemajuan militer. Dia memiliki pemerintahan damai yang panjang antara 1386 dan 1350 SM dan memimpin pembangunan kuil dewa Amun, yang diyakini sebagai pencipta oleh orang Mesir. 

Tidak ada bangunan besar lainnya yang terkait dengannya tetapi lebih dari 250 patung dirinya telah diekstraksi yang dikaitkan dengan peningkatan aktivitas budaya selama masa pemerintahannya dan ketenarannya di antara semua orang.

7. Hatshepsut

Hatshepsut adalah putri Raja Thutmose I dan istri dari Thutmose II yang meninggal tak lama dalam masa pemerintahannya meninggalkan istrinya untuk memerintah dari 1479 hingga 1459 SM. 

Dia adalah penguasa ke-5 dari dinasti ke-18 dan salah satu dengan warisan perdamaian dan perkembangan yang hebat yang hanya sebanding dengan Amenhotep III. Dia menugaskan pembangunan banyak kuil dan bangunan lainnya. 

Dia juga memimpin kampanye militer melawan Nubia selama masa pemerintahannya yang panjang. Sebelum dia meninggal, dia membangun makam kamar mayat besar untuk dirinya sendiri. Putra tirinya Thutmose III mencoba untuk menghapus jejak pemerintahannya setelah kematiannya.

8. Ramses II

Ramses II
credit:[email protected]_ramses.ii_

Mesir menikmati hari-hari terbesarnya selama dinasti ke-19 dan terlebih lagi, selama pemerintahan Ramses II yang panjang antara 1279 dan 1213 SM. 

Dia menandatangani perjanjian perdamaian pertama yang diketahui di dunia dengan orang Het yang menyatakan bahwa dia bisa menjadi diplomatis jika diberi kesempatan. 

Namun, ia memperluas perbatasan kerajaan hingga ke wilayah terjauh ke Suriah dan Nubia. Dia benar-benar mengakhiri pemberontakan Nubia. Dia memindahkan ibukotanya dari Thebes ke Nil bagian bawah membangun kotanya sendiri yang dikenal sebagai Pi Ramesses. 

Membangun kota baru membutuhkan biaya yang besar, tetapi itu tidak dapat menimpa pencapaiannya yang luar biasa. Dia tetap menjadi raja terbesar Kerajaan Baru, itulah sebabnya banyak orang Mesir memanggilnya Leluhur Agung.

9. Thutmose III

Thutmose III juga dianggap sebagai Napoleon Mesir karena eksploitasi militernya yang hebat yang membuatnya memenangkan lebih banyak pertempuran daripada firaun lain sebelumnya. Dia secara resmi mengambil alih kekuasaan pada tahun 1458 setelah ibu tiri dan bibinya Hatshepsut meninggal. 

Selama tahun-tahun pemerintahan Hatshepsut, Thutmose berfokus pada pelatihan militer dan merencanakan mimpinya tentang Mesir. 

Dia memimpin 17 kampanye melawan kerajaan tetangga dan menaklukkan tanah dari Kerajaan Niya di Suriah hingga Sebagian besar kerajaan Nubia menetapkan batas di Katarak Keempat yang terkenal di bagian bawah Sungai Nil. 

Dia memimpin apa yang disebut banyak orang sebagai waktu terbesar bagi Mesir. Ia juga membangun banyak bangunan monumental termasuk lebih dari 50 candi.

10. Khufu

Khufu dikenal sebagai firaun yang menugaskan Piramida Agung di Giza yang akan menjadikannya firaun paling terkenal di dunia saat ini. Dia adalah firaun kedua dari dinasti Keempat yang ada di Kerajaan Lama.

Ada sedikit informasi tentang dia dari masanya sebagai raja kecuali untuk akun yang bertentangan dari sumber Yunani dan Mesir sekitar 300BC. 

Sumber-sumber Mesir menggambarkannya sebagai raja besar yang memimpin Mesir yang makmur dan terkenal di kalangan rakyat. Orang Yunani menggambarkannya sebagai tiran yang kejam. Dia juga menugaskan pembangunan gedung dan kuil meskipun sebagian besar hancur akibat kehancuran Kerajaan lama.

sumber : https://www.famousscientists.org/

0 Response to " Daftar 10 Firaun Mesir - Tutankhamun Yang Paling Terkenal "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel