Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Wilhelm Röntgen Penemu Mesin X-Ray

 

Biografi Wilhelm Röntgen Penemu Mesin X-Ray
credit:instagram@arias_jhanna

Biografi Wilhelm Röntgen Penemu Mesin X-Ray - Wilhelm Conrad Röntgen adalah seorang ilmuwan Jerman, yang terkenal karena penemuan sinar-X dan penerima Hadiah Nobel Fisika pertama. 

Röntgen adalah anak tunggal, lahir pada tahun 1845 dari seorang pedagang kain. Sebagai seorang anak dia tidak menunjukkan bakat luar biasa terhadap sains, meskipun dia sangat menyukai alam dan suka menjelajahi alam bebas. 

Röntgen menghadiri sekolah berasrama di masa mudanya, dan pada tahun 1862 ia bergabung dengan sekolah teknik di Utrecht. Namun, ia dikeluarkan secara tidak adil dari sana, dan kemudian pada tahun 1865 ia bergabung dengan Politeknik di Zurich dengan lulus ujian masuk dan terdaftar di sana sebagai mahasiswa teknik mesin. 

Pada tahun 1869 ia lulus dengan gelar Ph.D. dari universitas Zurich. Dia sangat dipengaruhi oleh karya Clausius dan Kundt, dan pergi ke Würzburg dan kemudian ke Strasbourg untuk bekerja dengan Kundt.

Röntgen memegang sejumlah posisi pengajar termasuk Dosen di Universitas Strasbourg, Profesor di Akademi Pertanian di Hohenheim, Profesor Fisika di Strasbourg, Ketua Fisika di Universitas Giessen, Profesor di Universitas Würzburg dan Ketua Fisika di Universitas Munich (posisi yang dia terima pada tahun 1900 dan dipertahankan sampai akhir karirnya). 

Dia juga menolak beberapa posisi mengajar termasuk di Universitas Jena pada tahun 1886, Universitas Utrecht pada tahun 1888 dan Ketua Fisika di Universitas Leipzig pada tahun 1899.

Röntgen melakukan penelitian di beberapa bidang termasuk konduktivitas termal kristal, bagaimana berbagai cairan bereaksi terhadap tekanan dan suhu dan kompresi air dan berbagai cairan lainnya tetapi klaim utamanya yang terkenal adalah penemuan sinar-X (juga kadang-kadang dikenal sebagai sinar Röntgen) pada tahun 1895. 

Wilhelm Röntgen melakukan percobaan dengan melewatkan arus listrik melalui gas di tekanan yang sangat rendah. Selama eksperimennya, dia memperhatikan bahwa meskipun ruangan itu gelap dan tabungnya dilapisi karbon hitam, sebuah layar yang dilapisi dengan bahan fluoresen sedang menyala. 

Dengan menempatkan pelat foto di ujung lainnya, Röntgen dapat menangkap gambar yang sedang diterangi oleh sinar yang tidak diketahui ini. Karena Rontgen tidak menyadari sifat sinar-sinar ini, dia menyebutnya sinar-X. 

Foto rontgen pertama yang diambil adalah gambar tangan istri Rontgen. Ketika dia melihat gambar itu, dia berseru bahwa dia telah melihat kematiannya sendiri.


Penemuan Rontgen adalah kemajuan yang luar biasa di bidang kedokteran karena itu berarti memungkinkan untuk melihat ke dalam tubuh manusia tanpa harus benar-benar memotongnya dan melakukan pembedahan. 

Pada tahun 1901, Röntgen dianugerahi Hadiah Nobel Fisika pertama untuk penemuannya yang luar biasa. Dia menerbitkan tiga makalah tentang subjek dan mengawasi pembentukan departemen radiologi pertama di Glasgow Royal Infirmary. 

Kepala Departemen ini adalah Dr. John Macintyre dan dia menghasilkan sejumlah gambar penting seperti koin yang tersangkut di tenggorokan anak dan gambar batu ginjal. 

Sinar-X juga digunakan untuk membuat diagnosis medis, misalnya, Dr. Hall Edwards adalah orang pertama yang melakukannya setelah dia menemukan jarum tertancap di tangan seorang wanita dengan melakukan sinar-X di telapak tangannya. 

Belakangan diketahui bahwa paparan sinar-X yang terlalu sering bisa berbahaya dan selanjutnya, tindakan perlindungan diambil untuk melindungi dokter dan pasien.

Wilhelm Röntgen tidak pernah mematenkan penemuannya dan bahkan menyumbangkan uang dari penghargaannya ke Universitas Würzburg. Ia menikah dengan Anna Bertha Ludwig dan mengadopsi putri saudara laki-lakinya sebagai anaknya sendiri. 

Menjelang akhir hidupnya dia jatuh miskin dan ketika dia meninggal pada tahun 1923, barang-barang pribadinya dan korespondensi ilmiah dihancurkan sesuai instruksi yang diberikan dalam surat wasiatnya.

sumber :https://www.famousscientists.org/

Posting Komentar untuk "Biografi Wilhelm Röntgen Penemu Mesin X-Ray"