Daftar 6 Mesin CNC Paling Umum

 

Daftar 6 Mesin CNC Paling Umum

6 Mesin CNC Paling Umum - Control Numeric Computer (CNC) memainkan peran penting dalam industri manufaktur saat ini. Mesin canggih yang kompleks ini dikendalikan oleh komputer dan memberikan tingkat efisiensi, akurasi, dan konsistensi yang tidak mungkin dicapai melalui proses manual.

Proses machining yang tidak mungkin dapat dilakukan beberapa tahun lalu kini telah menjadi mudah untuk di kerjakan berkat munculnya pemesinan CNC. Sama seperti ada banyak bagian berbeda yang dapat dibuat oleh mesin CNC, ada juga berbagai jenis mesin CNC yang digunakan untuk melakukannya. 

Setiap mesin CNC berbeda dalam konstruksinya, cara pengoperasiannya, dan jenis produk yang dapat dibuatnya.

Teruslah membaca artikel ini untuk mempelajari semua tentang berbagai jenis mesin CNC dan fungsinya yang unik dan mengagumkan.

Definisi Mesin CNC

Pemesinan CNC dapat didefinisikan sebagai proses di mana perangkat lunak komputer yang telah diprogram sebelumnya menentukan pergerakan mesin dan peralatan pabrik. Hasilnya, produsen dapat memproduksi suku cadang dalam waktu yang lebih singkat, mengurangi pemborosan, dan menghilangkan risiko kesalahan manusia (Human Eror)

Proses manufaktur ini digunakan untuk mengontrol berbagai macam mesin yang kompleks, yang akan dibahas dalam artikel ini. Pada dasarnya, pemesinan CNC memungkinkan pemotongan tiga dimensi diselesaikan dengan mengikuti satu set petunjuk.

Berbagai Jenis Mesin CNC 

Mesin CNC dirancang untuk memproduksi berbagai macam dan jenis barang. Dengan demikian, ada beberapa jenis mesin CNC yang umum digunakan.

Penting untuk diketahui bahwa ini bukanlah mesin biasa yang kita kenal selama ini. Mesin CNC membutuhkan ketrampilan profesional yang terlatih untuk dapat menghasilkan produk komersial yang berkualitas. 

Semua mesin berikut menggunakan G-code, yang merupakan bahasa yang dipahami mesin CNC. Setiap jenis mesin CNC melayani tujuan tertentu.

Berikut ini adalah  Daftar 6 Mesin CNC Paling Umum, antara lain:

1. Mesin Milling CNC

Salah satu jenis mesin CNC yang paling umum adalah mesin CNC yang menggunakan kontrol komputer untuk memotong berbagai macam bahan baku. Mills dapat menerjemahkan program angka dan huruf tertentu untuk menggerakkan spindel dengan berbagai cara.

Ada banyak pabrik yang menggunakan apa yang dikenal sebagai G-code, seperti yang telah saya disebutkan diatas. G-code adalah bahasa pemrograman standar yang diakui oleh sebagian besar mesin CNC. 

Mesin CNC memiliki beragam fungsi, seperti surface milling, penyadapan, pengeboran, dan pembubutan. Sebagian besar pabrik CNC memiliki konfigurasi tiga hingga enam sumbu (Axis).

Mesin CNC memiliki dimensi ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan perkakas lain dan itu bisa menjadi sangat mahal. Beberapa produsen mesin milling CNC, misalnya Okuma, HAAS dan DMG Mori.

2. Mesin Bubut CNC Mesin (Lathe)

Mesin bubut adalah mesin CNC yang berfungsi untuk memotong benda kerja saat diputar. Mesin bubut CNC dapat melakukan pemotongan presisi dengan cepat menggunakan berbagai alat.

Mesin CNC ini cukup efektif dalam hal presisi yang mereka tawarkan dibandingkan dengan mesin bubut manual. Mereka sering memiliki sumbu yang lebih sedikit daripada mesin milling CNC, dan karena itu ukurannya lebih kecil dan lebih kompak.

3. Mesin Bubut CNC

Mesin bubut CNC hadir dengan kontrol yang mirip dengan mesin CNC dan dapat membaca G-code dan bahasa pemrograman lainnya. Kerangka mesin bubut CNC mirip dengan mesin bubut manual.

4. Apakah Itu Router CNC (Router)?

Router CNC adalah mesin yang sangat mirip dengan router genggam yang biasa digunakan yang digunakan untuk memotong berbagai bahan. Jenis mesin CNC ini dapat membantu dalam pemotongan baja, kayu, aluminium, komposit, plastik dan busa.

Router CNC mirip dengan mesin CNC. Muncul dengan kemampuan untuk menggunakan kontrol numerik komputer untuk merutekan jalur alat yang memungkinkan mesin berfungsi. 

Router CNC mengurangi pemborosan dan meningkatkan produktivitas dengan memproduksi berbagai item dalam waktu yang jauh lebih singkat daripada mesin lainnya.

Sebagian besar router dapat beroperasi pada material tertentu dalam ketiga dimensi, dan sangat bagus untuk proyek yang lebih kecil serta pembuatan model prototipe dan desain yang kompleks. Anda juga dapat menemukan router tiga sumbu, empat sumbu, lima sumbu, dan enam sumbu.

5. Apa Itu Pemotong Plasma CNC? (Plasma Cutter)

Proses pemotongan plasma melibatkan pemotongan material menggunakan obor plasma. Metode ini paling sering digunakan untuk memotong bahan berat, seperti baja dan bentuk logam lainnya.

Dengan mesin pemotong plasma CNC, gas dihembuskan dengan kecepatan sangat tinggi dari nosel. Saat ini dilakukan, busur listrik terbentuk melalui gas yang keluar dari nosel ke permukaan yang dipotong.

Ini mengubah sebagian gas menjadi plasma, dan suhu plasma ini berkisar antara 10.000-50.000 derajat. Plasma cukup panas untuk melelehkan bahan apa pun yang sedang dipotong, dan plasma akan menghembuskan logam cair apa pun dari lokasi pemotongan.

Dalam hal bentuk dan ukuran, pemotong plasma CNC sangat mirip dengan router CNC. Mesin ini hanya bekerja dengan bentuk dua dimensi.

Mesin pelepasan listrik, atau disingkat EDM, melibatkan pembuatan bentuk tertentu dalam bahan tertentu dengan menggunakan pelepasan listrik, atau percikan api.

Dalam proses ini, material dikeluarkan dari benda kerja tertentu dengan serangkaian pelepasan muatan listrik berulang di antara dua elektroda. Elektroda ini dipisahkan oleh fluida dielektrik, yang sering menerima tegangan listrik. 

Di mesin ini, material ditempatkan di antara dua elektroda dan mesin kemudian menghitung untuk melihat jumlah pelepasan listrik yang dibutuhkan oleh setiap elektroda untuk diproduksi.

6. Apa Itu Pemotong Laser CNC? (Laser Cutter)

Terakhir, ada pemotong laser CNC. Jenis mesin ini mirip dengan mesin plasma CNC, dan satu-satunya perbedaannya adalah bahwa laser sebagian besar digunakan untuk memotong dan sangat bagus untuk memotong logam, plastik, atau kayu keras. Bergantung pada kepadatan dan kekuatan material, intensitas laser dapat disesuaikan.

Menerapkan Ini Untuk Karir Anda

Seperti yang Anda lihat, ada berbagai macam jenis mesin CNC, yang semuanya memiliki fungsi berbeda. Sebagai operator CNC, masinis atau pemrogram, penting untuk memiliki pemahaman tentang cara kerja mesin ini dan apa yang mereka mampu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan benar. 

Jika Anda bertanya-tanya peluang karir apa yang ada di industri CNC, pastikan untuk memeriksa panduan karir CNC yang tersedia. Dari kedirgantaraan hingga medis hingga minyak dan gas, mesin CNC digunakan di berbagai bidang, yang membuka pintu ke berbagai peluang karier di masing-masing industri ini.

Jika Anda ingin mengejar karir di industri CNC, penting untuk mendapatkan pelatihan yang tepat. UTI menawarkan program Teknologi Pemesinan CNC selama 36 minggu, di mana Anda dapat memperoleh pelatihan langsung dan keterampilan teknologi tinggi yang diperlukan untuk mempersiapkan karier sebagai ahli mesin CNC.

Dibuat bersama dengan Roush Yates Engines, merek terkemuka di industri ini, Anda akan mempelajari segalanya mulai dari membaca cetak biru hingga penyiapan dan pengoperasian pabrik dan mesin bubut CNC. 

Itulah uraian singkat terkait dengan  Daftar 6 Mesin CNC Paling Umum. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda.

0 Response to " Daftar 6 Mesin CNC Paling Umum "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel