Bagaimana Mesin CNC Mengubah Industri Manufaktur Saat Ini?

 

CNC
credit:freepik.com

Bagaimana Mesin CNC Mengubah Industri Manufaktur Saat Ini? Pemesinan CNC adalah sebuah metode proses produksi yang lebih cepat dan lebih efisien jika dibandingkan metode manual atau konvensional. Metode CNC menyediakan pembuatan prototipe dan otomotif yang lebih cepat.

Apakah perusahaan manufaktur Anda telah berkecimpung di pasar untuk sementara waktu atau Anda baru memulainya sekarang, maka mempelajari teknologi untuk meningkatkan operasi bisnis dan produksi adalah kunci untuk masa depan bisnis yang sukses.

Oleh karena itu, Anda mungkin pernah mendengar tentang pemesinan CNC (Computer Numerical Control). Teknologi ini sebenarnya bukan merupakan teknologi terbaru seperti yang Anda kira. Fakta teknik yang menarik, bahwa perkakas mesin tertua ditemukan di Italia dan berasal dari tahun 700 SM.

Secara umum, pemesinan CNC adalah proses manufaktur yang telah diprogram sebelumnya berdasarkan metode subtraktif. Teknologi ini membentuk objek dengan memotong material dan mengembangkan bentuk yang lebih presisi.

Meskipun pemesinan CNC memiliki sejarah panjang, saat ini, CNC adalah salah satu teknologi paling transformatif di sektor manufaktur. Ini merupakan teknologi digital, dan dengan demikian dapat bekerja secara lebih efisien dibandingkan dengan metode manufaktur aditif atau formatif. Teknologi ini sering digunakan untuk pembuatan prototipe dan produksi lebih lanjut suku cadang mesin kustom.

Beberapa perusahaan manufaktur membangun mesin CNC mereka sendiri, namun banyak yang menyewa penyedia layanan tambahan untuk memastikan integrasi yang lancar. Salah satu contohnya adalah Waykenrm. 

Perusahaan ini memberikan pembuatan prototipe cepat, termasuk pembuatan prototipe produk, pencetakan injeksi, pembuatan cepat, dan produksi otomotif.

Bahan Mesin CNC

Layanan mesin CNC seperti Waykenrm menggunakan berbagai bahan untuk produksi objek. Bahan yang Anda pilih, memainkan peran penting dalam proses perancangan. Anda harus mempertimbangkan kekerasan material, suhu dan ketahanan kimia, dan kekuatan. Pilihan paling umum adalah logam dan plastik.

a. Bagian Logam

Sehubungan dengan ketahanan dan kekuatannya, bagian logam adalah bahan pembuatan yang paling populer. Logam lebih serbaguna dan tahan lama daripada plastik dan dapat digunakan mulai dari membuat prototipe suku cadang khusus hingga membuat produksi batch. 

Logam yang paling banyak digunakan adalah aluminium karena ringan dan tahan lama. Ini juga membedakan dengan konduktivitas listrik dan suhu yang lebih baik daripada logam lain.

b. Komponen Plastik 

Plastik dapat menjadi pilihan optimal untuk berbagai jenis produksi. Ia memiliki keunggulan ringan, insulasi listrik, dan resistansi tinggi. Namun ini terutama digunakan untuk pembuatan prototipe karena biaya yang lebih rendah dan karena elemennya tidak sekuat itu. Plastik yang paling banyak digunakan adalah ABS, polikarbonat, dan nilon.

Jenis Mesin CNC

Meskipun mesin CNC dapat bervariasi, yang paling banyak digunakan dalam industri adalah penggilingan CNC 3 sumbu dan 5 sumbu. Layanan milling CNC sering menggunakan tipe pertama karena lebih mudah dinavigasi, dan biayanya kurang dari 5 sumbu.


Pemesinan CNC 3 sumbu bekerja dengan membuang material dari objek utama menggunakan alat potong dengan kecepatan tinggi. Ini adalah metode yang kurang fleksibel yang digunakan dengan teknik milling dan turning CNC. Dengan 3 sumbu, Anda dapat menghasilkan produk dan bentuk yang umum digunakan tanpa banyak keahlian di bidangnya. Namun tipe ini tidak setepat 5 sumbu.

Bagian milling CNC 5-sumbu membedakannya karena lebih presisi dan berorientasi pada detail. Jenis ini tidak melibatkan banyak pekerjaan manual dan dapat menghasilkan suku cadang yang berbeda dari sumbu utama. Namun mesin jenis ini lebih mahal.

Terlepas dari jenis apa yang Anda gunakan untuk bisnis manufaktur Anda, permesinan CNC membawa industri ini dengan badai. Sifat mesin yang serba guna dan digital ini membawa produksi ke tingkat berikutnya.

Pemesinan CNC Adalah Masa Depan Manufaktur

Modernisasi adalah bagian sentral dari Revolusi Industri 4.0, jadi akan sulit untuk menemukan setidaknya satu industri yang tidak berubah dalam dekade terakhir. Manufaktur tidak terkecuali, dan salah satu perubahan paling signifikan adalah implementasi permesinan CNC. 

Itu membuat proses produksi lebih efisien dan fleksibel, tapi bukan itu saja. Berikut beberapa perubahan yang membuat pemesinan CNC menjadi masa depan manufaktur.

4 Cara Pemesinan CNC Untuk Meningkatkan Produksi, Antara Lain:

1. Nyaman

Mesin CNC yangmenghilangkan pekerjaan manual, sehingga menghemat waktu dan membuat proses produksi lebih efisien. Kinerja otomatis lebih cepat daripada pekerjaan yang dipimpin manusia. Manufaktur digital juga membantu mengurangi kesalahan manusia dan dapat beroperasi pada hari apa pun dalam seminggu.

Banyak pengusaha menghadapi kekhawatiran dari tim mereka bahwa mesin akan menggantikannya. Anda dapat bersantai karena mesin CNC tidak akan menggantikan tim Anda, tetapi akan memberdayakan tenaga kerja Anda dan membuat pekerjaan mereka lebih menyenangkan.

2. Pemesinan Prototipe 

Pembuatan prototipe sangat penting di sektor manufaktur. Ini membantu untuk menghindari kesalahan di kemudian hari dalam proses produksi dan untuk memahami produk dengan lebih baik. Namun, banyak bisnis melewatkan bagian pembuatan prototipe atau tidak menginvestasikan cukup waktu di dalamnya karena memakan waktu dan mahal.

Pemesinan CNC membuat pembuatan prototipe lebih terjangkau dan lebih mudah dicapai. Sekarang, pabrikan dapat membuat mock-up dan memiliki gagasan yang lebih baik tentang langkah-langkah selanjutnya dalam proses tersebut. 

Teknologi baru menavigasi melalui manufaktur dan memungkinkan pengembangan desain yang lebih komprehensif

3. Keberlanjutan 

Pemesinan CNC mendorong keberlanjutan dalam berbagai cara. Teknologi ini tidak membutuhkan banyak bahan tambahan dan karenanya tidak menyisakan banyak limbah. Ini juga memiliki lebih sedikit peluang untuk membuat kesalahan, yang menghemat dari membuang bahan dan suku cadang dan membuang waktu produksi yang berharga.

Selain itu, pemesinan CNC tidak membutuhkan banyak bagian tambahan seperti bor atau amplas terpisah, karena semuanya sudah tergabung dalam bodi utama.

4. Lebih Sedikit Proses

Komputer dan perangkat lunak adalah bagian utama dari pemantauan mesin CNC. Model CAD memprogram proyek yang diinginkan dan mengunggah informasi langsung ke perangkat. 

Manfaat lain dari teknologi tersebut adalah bahwa ia dapat melakukan hampir semua langkah produksi dengan sendirinya, menghilangkan kebutuhan akan alat dan mesin tambahan, atau pekerjaan manual.

Menerapkan digitalisasi sangat penting untuk berhasil di dunia saat ini. Ini tidak hanya membuat perusahaan Anda menonjol dari pesaing tetapi juga mempercepat operasi bisnis dan kinerja tenaga kerja. 

Jadi, temukan apa yang berhasil untuk perusahaan Anda dan bawa proses manufaktur ke level berikutnya dengan pemesinan CNC.

sumber: https://interestingengineering.com/

0 Response to "Bagaimana Mesin CNC Mengubah Industri Manufaktur Saat Ini?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel