Siapakah Guglielmo Marconi?

Guglielmo Marconi
credit image:https://www.history.com/

Siapakah Guglielmo Marconi? Dia adalah seorang fisikawan asal Italia yang menjadi pelopor lahirnya teknologi radio dan merupakan orang pertama yang berhasil mengirimkan transmisi radio melintasi Samudera Atlantik. 

Keberhasilan tersebut sekaligus menjawab keraguan dari para pengkritiknya yang mengatakan bahwa lengkungan bumi akan membatasi transmisi gelombang radio tersebut hingga 200 mil atau kurang.

Adapaun pesan singkat yang berhasil dikirimkan tersebut hanya berupa sinyal kode Morse untuk huruf "S", dimana pesan tersebut telah sukses melakukan perjalanan lebih dari 2.000 mil dari Poldhu di Cornwall, Inggris, ke Newfoundland, di Kanada.

Guilielmo Marconi lahir di Bologna, Italia, pada tahun 1874 dari ayah yang merupakan orang Italia dan ibu yang berdarah Irlandia. Marconi mempelajari ilmu fisika dan menjadi tertarik pada transmisi gelombang radio setelah sebelumnya mempelajari eksperimen fisikawan asal Jerman yang bernama Heinrich Hertz. 

Dia memulai eksperimennya sendiri di Bologna pada tahun 1894 dan kemudian berhasil mengirimkan sinyal radio dalam jarak 1,5 mil. Menerima sedikit dorongan untuk keberhasilan eksperimennya di Italia, dia kemudian pergi ke Inggris pada tahun 1896. Disana dia membentuk perusahaan telegraf nirkabel dan segera mengirimkan transmisi dari jarak yang lebih jauh lagi yakni 10 mil. 

Pada tahun 1899, dia kemudian berhasil mengirimkan transmisi radio melintasi Selat Inggris. Pada tahun itu juga, dia melengkapi dua kapal AS untuk melaporkan ke surat kabar New York tentang kemajuan perlombaan kapal pesiar America's Cup. Upaya yang sukses itu, kemudian membangkitkan minat yang lebih luas lagi pada Marconi dan perusahaan nirkabelnya.

Prestasi terbesar yang berhasil di capai oleh Marconi terjadi pada tanggal 12 Desember 1901, ketika dia menerima pesan yang dikirim dari Inggris di St. John's, Newfoundland. Transmisi transatlantik tersebut kemudian membuatnya semakin populer dan terkenal di seluruh dunia. 

Ironisnya, para pengkritik proyek itu benar ketika mereka menyatakan bahwa gelombang radio tidak akan mengikuti lengkungan bumi, seperti yang diyakini Marconi. Faktanya, sinyal radio transatlantik Marconi telah menuju ke luar angkasa ketika dipantulkan dari ionosfer dan dipantulkan kembali ke Kanada. 

Masih banyak yang harus dipelajari tentang hukum gelombang radio dan peran atmosfer dalam transmisi radio, dan Marconi akan terus memainkan peran utama dalam penemuan dan inovasi radio selama tiga dekade berikutnya.

Pada tahun 1909, Marconi di anugerahi Penghargaan Nobel dalam bidang fisika bersama dengan inovator radio asal Jerman yang bernama Ferdinand Braun. Setelah berhasil mengirimkan transmisi radio dari tempat-tempat yang jauh seperti Inggris dan Australia, Marconi mengalihkan energinya untuk bereksperimen dengan gelombang radio yang lebih pendek dan lebih kuat. 

Dia kemudian meninggal pada tahun 1937, dan pada hari pemakamannya, semua stasiun British Broadcasting Corporation (BBC) tidak bersuara selama dua menit sebagai penghormatan atas kontribusinya pada pengembangan teknologi radio.

Tahun-Tahun Awal Marconi

Guglielmo Marconi lahir pada tahun 1874 di Bologna, Italia. Ayahnya adalah seorang pemilik tanah yang kaya dan ibunya adalah anggota dari keluarga penyuling Jameson di Irlandia. Marconi dididik oleh para guru di Livorno Technical Institute dan University of Bologna.

Tahukah Anda bahwa dalam pidato penerimaan Hadiah Nobelnya, dia yang lebih dikenal sebagai insinyur yang senang mengutak-atik daripada seorang ilmuwan dengan bebas mengakui bahwa dia tidak benar-benar memahami cara kerja penemuannya tersebut?

Pada tahun 1894 Marconi tertarik dengan penemuan fisikawan asal Jerman yang bernama Heinrich Rudolf Hertz tentang "Gelombang tak terlihat" yang dihasilkan oleh interaksi elektromagnetik. Marconi membuat peralatan penghasil gelombangnya sendiri di perkebunan keluarganya dan segera mengirimkan sinyal ke lokasi yang jauhnya satu mil. Setelah gagal menarik minat pemerintah Italia dalam karyanya, Marconi memutuskan untuk mencoba peruntungannya di London. Inggris.

Masa - Masa Guglielmo Marconi Di Inggris

Marconi yang saat itu masih berusia 22 tahun dan ibunya tiba di Inggris pada tahun 1896 dan dengan cepat menemukan pendukung yang tertarik, termasuk Kantor Pos Inggris. Dalam setahun Marconi telah mengudara hingga 12 mil dan kemudian dia mengajukan hak paten pertamanya. 

Setahun kemudian, dia mendirikan stasiun nirkabel di Pulau Wight yang memungkinkan Ratu Victoria mengirimkan pesan kepada putranya yaitu Pangeran Edward di atas kapal pesiar kerajaan.

Pada tahun 1899 sinyal radio Marconi telah berhasil melintasi Selat Inggris. Pada tahun yang sama, Marconi melakukan perjalanan ke Amerika Serikat, di mana ia memperoleh publisitas yang menawarkan cakupan nirkabel dari perlombaan kapal pesiar America's Cup dari lepas pantai New Jersey.

Guglielmo Marconi dan Transatlantik "S"

Marconi mulai bekerja untuk meningkatkan nirkabelnya untuk melakukan siaran transatlantik. Banyak fisikawan yang berpendapat bahwa gelombang radio adalah gelombang bergerak dalam garis lurus, sehingga sinyal radio tidak mungkin disiarkan ke luar cakrawala, akan tetapi Marconi yakin bahwa gelombang radio akan mengikuti lengkungan bumi. 

Faktanya, gelombang radio tersebut melakukan perjalanan dalam garis lurus tetapi kemudian memantul dari ionosfer, mendekati kurva. Setelah usaha yang gagal untuk menerima sinyal dari Inggris di Cape Cod, Massachusetts, Marconi kemudian memutuskan untuk mencoba jarak yang lebih pendek, yakni dari Cornwall ke Newfoundland.

Siaran sinyal radio dari Poldhu, Cornwall, dengan kekuatan penuh bahkan peralatan yang dikirimkan mengeluarkan percikan api sepanjang satu kaki. Sekitar 2.100 mil jauhnya, di puncak Signal Hill di St. John's, Marconi juga memasang antena terlebih dahulu ke balon, yang terbang jauh, dan kemudian ke layang-layang dengan tambatan 500 kaki. Pada tanggal 12 Desember 1901, dia berhasil mengambil urutan tiga titik yang samar, yaitu huruf kode Morse "S".

Guglielmo Marconi, Hadiah Nobel Dan Titanic

Pada tahun 1909 Marconi berbagi Hadiah Nobel dalam bidang ilmu Fisika bersama dengan fisikawan asal Jerman yang bernama Karl F. Braun, yang merupakan penemu tabung sinar katoda. 

Penghargaan Marconi bukannya tanpa kontroversi, karena banyak pria lain yang memiliki klaim (beberapa meragukan, beberapa tidak) untuk gelar "Bapak Radio" yang di berikan kepadanya.

Beberapa fakta yang meragukan klaim tersebut antara lain:

  • Pada awal tahun 1895, fisikawan asal Rusia yang bernama Alexander Popov melakukan siaran antar gedung.
  • Di India Jagdish Chandra Bose menggunakan gelombang radio untuk membunyikan bel dan memicu ledakan. 
  • Pada tahun 1901 perintis kelistrikan Serbia-Amerika yang bernama Nikola Tesla mengatakan bahwa ia telah mengembangkan telegraf nirkabel pada tahun 1893. Dan pada tahun 1943, Mahkamah Agung AS membatalkan empat paten radio Marconi, setelah mengutip pernyataan Nikola Tesla tersebut.

Ketika perusahaan pelayaran menyadari kegunaan telegraf radio untuk komunikasi penumpang, laporan navigasi, dan sinyal marabahaya, radio Marconi Company yang dioperasikan oleh teknisi terlatih menjadi perlengkapan standar yang harus di miliki. 

Ketika RMS Titanic menabrak gunung es pada tanggal 14 April 1912, operator radio Marconi dapat memanggil RMS Carpathia ke tempat kejadian untuk menjemput 700 orang yang selamat dari musibah tersebut.

Warisan Guglielmo Marconi

Selama masa dua dekade berikutnya, Marconi terus menyempurnakan hasil penemuannya, bereksperimen dengan siaran gelombang pendek dan menguji jarak transmisi di atas kapal pesiar seberat 700 ton, Elettra. 

Dia kemudian kembali ke Italia, dan menjadi pendukung Benito Mussolini dan membatalkan pernikahan pertamanya dengan seorang seniman Irlandia yang dengannya dia memiliki empat orang anak, Dia kemudian lebih memilih untuk menikahi seorang wanita bangsawan Italia. 

Pada tahun 1935 dia melakukan tur ke Brasil dan Eropa untuk mempertahankan invasi Mussolini ke Abyssinia. Dia kemudian meninggal dua tahun kemudian karena serangan jantung di Roma, Italia Untuk menghormatinya, stasiun radio di Amerika, Inggris dan Italia menyiarkan kematiannya dengan menghentikan siaran mereka selama dua menit menit.

Demikianlah ulasan tentang Guglielmo Marconi yang merupakan pelopor dan penemu gelombang radio yang telah merubah peradaban manusia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

referensi: https://www.history.com/

0 Response to " Siapakah Guglielmo Marconi?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel