Fenomena Cahaya Aurora

  

Fenomena Cahaya Aurora
image via pixabay

Fenomena Cahaya Aurora - Lampu di langit telah membuat kita terpesona selama ribuan tahun. Lampu di ujung utara dan selatan planet kita adalah beberapa yang lebih terkenal. 

Apa yang ada di belahan dunia sana?

Bepergian ke Antartika atau Arktik dan Anda akan mulai berpikir Anda mengalami halusinasi. Pada malam hari, langit akan benar-benar bersinar.

Di Belahan Bumi Utara lampu-lampu ini dikenal sebagai aurora borealis. Mereka adalah bagian dari fenomena cahaya yang lebih besar yang dikenal sebagai aurora. Di Belahan Bumi Selatan, lampu-lampu ini dikenal sebagai aurora australis atau lampu selatan. 

Di negara-negara tertentu seperti Rusia, lampu utara dikenal sebagai malam putih. Terlepas dari belahan bumi, aurora memiliki penyebab seragam. 

Aurora adalah hasil dari aliran elektron bereaksi terhadap medan magnet Bumi. Pada garis lintang utara yang jauh, medan magnet sangat dekat dengan permukaan planet ini. Di mana lapangan menembus atmosfer, elektron bereaksi dengan gas seperti oksigen dan menghasilkan efek yang dikenal sebagai lampu utara. 

Aurora tidak dapat disangkal indah. Lampu muncul dalam berbagai bentuk, tetapi sering menggabungkan cahaya dan tirai seperti roll. Cahaya itu benar-benar tampak perlahan-lahan mengalir melintasi langit seperti selembar kertas di angin. 

Lampu, bagaimanapun, juga dapat muncul dalam kurva yang mirip dengan pelangi atau garis panjang. Bentuk spesifik sepenuhnya tergantung pada bagaimana medan magnet berinteraksi dengan atmosfer. 

Pada kesempatan yang jarang terjadi, aurora mungkin tampak lebih dekat ke khatulistiwa. Peristiwa langka ini dikaitkan dengan peristiwa matahari besar. Ketika matahari kita mengeluarkan suar matahari besar, radiasi matahari yang dihasilkan mengalahkan medan magnet kita. 

Pemukulan ini benar-benar akan mendorong lapangan kembali ke atmosfer planet ini. Ketika ini terjadi, orang-orang di seluruh dunia diberi kesempatan untuk melihat aurora tanpa melakukan perjalanan jauh ke utara atau selatan. 

Aurora benar-benar hal yang menakjubkan untuk dilihat. Jika Anda dipaksa untuk mengalaminya, Alaska dan Norwegia dianggap sebagai lokasi menonton terbaik.

0 Response to "Fenomena Cahaya Aurora"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel