Biografi Garrett Morgan Penemu Sinyal Lampu Lalu Lintas Tiga Posisi

 

Biografi Garrett Morgan Penemu Sinyal Lampu Lalu Lintas Tiga Posisi

Biografi Garrett Morgan Penemu Sinyal Lampu Lalu Lintas Tiga Posisi - Garrett Morgan telah membuka jalan bagi para penemu dan ilmuwan di Afrika-Amerika dengan patennya, termasuk paten untuk produk pelurus rambut, alat bantu pernapasan, mesin jahit yang dirubah, dan sinyal lampu lalu lintas yang lebih baik dari sebelumnya.

Siapa Garrett Morgan?

Dengan hanya bekal mengenyam pendidikan di sekolah dasar, Garrett Morgan memulai karirnya sebagai seorang mekanik mesin jahit. Dia kemudian mematenkan beberapa hasil penemuannya, termasuk mesin jahit dan sinyal lalu lintas yang lebih baik, produk pelurus rambut, dan perangkat pernapasan yang nantinya akan menjadi cetak biru untuk masker gas pada masa perang dunia pertama. 

Kehidupan Awal Garret Morgan

Garret Morgan lahir di Paris, Kentucky, pada tanggal 4 Maret 1877. Garrett Morgan adalah anak ketujuh dari 11 orang bersaudara. Ibunya yang bernama Elizabeth Reed, merupakan keturunan India dan Afrika, dan putri seorang pendeta Baptis. Ayahnya, Sydney, adalah mantan budak yang dibebaskan pada tahun 1863, dimana dia adalah putra dari John Hunt Morgan, seorang kolonel Konfederasi. 

Ketika Garret Morgan berusia remaja, dia kemudian pindah ke Cincinnati, Ohio, untuk mencari pekerjaan, dan dia mendapatkan pekerjaan sebagai tukang reparasi untuk tuan tanah yang kaya raya. Meski hanya menyelesaikan pendidikan sekolah dasar, Morgan mampu membiayai lebih banyak pelajaran dari seorang tutor privat. 

Tetapi pekerjaan di beberapa pabrik mesin jahit segera menangkap imajinasinya dan menentukan masa depannya. Dia berinisiatif untuk mempelajari cara kerja bagian dalam mesin jahit dan bagaimana cara memperbaikinya. Garret Morgan kemudian memperoleh hak paten untuk mesin jahit yang lebih baik dan akhirnya membuka bisnis reparasi sendiri.

Bisnis Garret Morgan pun akhirnya sukses, dan memungkinkan dia untuk menikahi seorang wanita Bavaria yang bernama Mary Anne Hassek, dan kemudian menetap di Cleveland. Dia dan istrinya memiliki tiga orang putra selama pernikahan mereka.

GA Morgan Hair Refining Company

Mengikuti momentum kesuksesan bisnisnya, yaitu dengan mesin jahit yang telah dipatenkan, Garrett  Morgan segera membuka jalan menuju kebebasan finansial, meskipun dengan cara yang agak tidak ortodoks.

Pada tahun 1909 , Garrett Morgan bekerja dengan mesin jahit di toko menjahitnya yang baru dibuka, yakni sebuah bisnis yang ia dirikan bersama dengan istrinya yaitu Mary, yang memiliki pengalaman sebagai penjahit. Kemudian, suatu  ketika ia menemukan kain wol yang telah hangus oleh jarum mesin jahit. Itu adalah masalah umum pada saat itu karena jarum mesin jahit berjalan dengan kecepatan tinggi. 

Dengan harapan dapat mengatasi masalah yang muncul tersebut, Garrett Morgan kemudian bereksperimen dengan larutan kimia dalam upaya untuk mengurangi gesekan yang ditimbulkan oleh jarum dan kemudian memperhatikan bahwa bulu-bulu kain tersebut lebih lurus.

Setelah mencoba solusinya untuk efek yang baik pada bulu anjing tetangganya, Garrett Morgan akhirnya menguji ramuan tersebut pada dirinya sendiri. Ketika berhasil, dia segera mendirikan GA Morgan Hair Refining Company dan menjual krim tersebut ke orang Afrika-Amerika. Perusahaan itu sangat sukses, dan membawa kebebasan finansial bagi Morgan dan memungkinkannya untuk mengejar keinginannya yang lain.

Berikut ini adalah beberapa jenis hasil penemuan Garrett Morgan, antara lain:

a. Sinyal Lampu Lalu Lintas Tiga Posisi

Biografi Garrett Morgan Penemu Sinyal Lampu Lalu Lintas Tiga Posisi
image via pixabay

Sinyal lampu lalu lintas pertama di dunia dipasang di kota London, Inggris pada bulan Desember 1868. Lampu lalu lintas ini adalah sinyal lampu gas yang dioperasikan secara manual. Sinyal lalu lintas ini tidak begitu efektif karena hanya beralih secara bolak-balik antara "Stop & Go" tanpa jeda di antaranya. Karena itu, para pengemudi tidak punya waktu untuk bereaksi ketika sinyal lampu lalu lintas berubah, sehingga menyebabkan banyak terjadi tabrakan antar kendaraan.

Namun, pada tahun 1923 Garrett Morgan, berhasil menemukan sinyal lampu lalu lintas tiga posisi. Sinyal lampu lalu lintas tiga posisi inilah yang kita semua ketahui hari ini. Ini merupakan inovasi yang signifikan, karena dengan memiliki posisi ketiga, selain "Stop" and "Go", jeda ini membuat berkendara lebih aman. Sekarang ini telah ada regulasi yang lebih baik untuk kendaraan yang akan menyeberang.

Pada tanggal 20 November 1923, Kantor Paten AS memberikan Paten No. 1.475.074 kepada Garrett Morgan untuk penemuan sinyal lampu lalu lintas tiga posisinya. Meskipun hasil penemuan Garrett Morgan bukanlah sinyal lampu lalu lintas yang pertama (yang dipasang di London pada tahun 1868), ini merupakan sebuah inovasi yang sangat penting.

Dengan memiliki posisi ketiga selain hanya "Stop" and "Go," ia mengatur kendaraan yang menyeberang dengan lebih aman daripada sebelumnya.

Sinyal lampu lalu lintas yang dipatenkan oleh Garrett Morgan adalah tiang berbentuk T dengan tiga pengaturan. Pada malam hari, saat lalu lintas sedang lengang, dapat dipasang setengah tiang (seperti lampu kuning yang berkedip hari ini), itu akan memperingatkan pengemudi untuk melewati persimpangan dengan hati-hati.

Dalam perkembangannya kemudian, lampu lalu lintas menggunakan warna hijau untuk "Go" atau jalan, warna Merah untuk "Stop" atau berhenti dan warna kuning untuk siap - siap jalan.

Hasil penemuannya itu kemudian dia jual kepada General Electric seharga $ 40.000. Itu adalah jumlah yang sangat besar ketika itu.

b. Alat Bantu Pernapasan 

Pada tahun 1914, Garrett Morgan mematenkan hasil penemuannya yang lain yaitu alat pernapasan, atau "masker pengaman", yang memberikan pengalaman bernapas yang lebih aman bagi pemakainya ketika berada dalam asap, gas, dan polutan lainnya. Morgan bekerja keras untuk memasarkan penemuannya tersebut, terutama ke departemen pemadam kebakaran, dan sering kali secara pribadi dia harus menunjukkan kehandalannya dalam kebakaran. 

Alat bantu pernapasan Morgan menjadi prototipe dan pendahulu dari masker gas yang digunakan oleh tentara Amerika Serikat selama Perang Dunia I. Masker pengaman tersebut melindungi tentara dari gas beracun yang digunakan dalam peperangan. Penemuan ini memberinya hadiah pertama di Pameran Internasional Kedua tentang Keselamatan dan Sanitasi di New York City.

Ada beberapa penolakan terhadap perangkat hasil penemuan Garrett Morgan di antara pembeli, terutama di daerah Selatan, di mana ketegangan rasial tetap terasa meskipun ada kemajuan dalam hak-hak Afrika-Amerika. 

Dalam upaya untuk melawan resistensi terhadap produknya, Garrett Morgan kemudian menyewa seorang aktor kulit putih untuk menyamar sebagai "Penemu" selama presentasi alat pernapasan ciptaannya. 

Morgan akan berpura-pura sebagai sahabat penemu, menyamar sebagai orang Amerika Asli bernama "Big Chief Mason," dan, dengan mengenakan tudungnya, memasuki area yang tidak aman untuk bernafas. Taktik itu kemudian berhasil dan penjualan perangkat itu cepat berkembang, terutama dari petugas pemadam kebakaran dan petugas penyelamat.

Garrett Morgan meninggal dunia pada tanggal 27 Juli 1963, di Cleveland, Ohio.

Demikianlah artikel tentang Biografi Garrett Morgan Penemu Sinyal Lampu Lalu Lintas Tiga Posisi. Semoga berguna dan bermanfaat.

0 Response to "Biografi Garrett Morgan Penemu Sinyal Lampu Lalu Lintas Tiga Posisi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel