Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Qualcomm Siap Luncurkan Platform Snapdragon 888 Untuk Smartphone Premium 2021

 

Qualcomm Siap Luncurkan Platform Snapdragon 888 Untuk Smartphone Premium 2021
image via freepik

Qualcomm Siap Luncurkan Platform Snapdragon 888 Untuk Smartphone Premium 2021 - Qualcomm minggu lalu telah meluncurkan platform Snapdragon 888 yang akan muncul di ponsel premium tahun depan, dan mereka berjanji untuk membawa smartphone Android kelas atas ke tingkat kinerja yang belum pernah mereka lihat sebelumnya.

Sementara Qualcomm memberikan bantuan penting kepada Apple dengan memungkinkan perusahaan membawa iPhone pertama mereka ke pasar, Apple kemudian putus hubungan dengan Qualcomm secara spektakuler beberapa bulan lalu. Sekarang keduanya bersaing satu sama lain, dan persaingan tersebut menghasilkan beberapa kemajuan yang mengesankan di kedua sisi.

Sekarang kita tidak akan tahu apa yang akan dibawa oleh Apple ke pasar tahun depan sebelum pengumuman resmi mereka, tetapi Qualcomm harus mendorong permintaan ke solusinya, dan karena produknya berhasil masuk ke ponsel, perusahaan ini adalah sumber yang sangat baik untuk apa yang sedang dalam pengembangannya.

Mari kita bicara tentang apa yang akan dipasarkan di ponsel Android dan kemungkinan iPhone pada tahun depan, karena Anda harus percaya nahwa Apple menyaksikan peluncuran ini dan sekarang bekerja keras untuk membuat fungsi yang serupa.

Teknologi 5G Yang Lebih Baik

Di banyak lokasi di Amerika Serikat, 5G tampak mengecewakan karena bandwidth yang tersedia tidak hanya tentang koneksi tautan radio. Ini juga melibatkan konektivitas situs seluler yang masih ditingkatkan. Pandemi telah memperlambat peluncurannya, tetapi pada pertengahan tahun depan merka akhirnya akan melihat manfaat di sebagian besar wilayah yang telah dijanjikan kepada mereka.

Verizon berada di acara tersebut dengan alasan bahwa mereka jauh di depan pesaing dengan 5G dan gelombang milimeter (mmWave). Yang terakhir menyediakan cakupan yang lebih baik di area seperti di dalam gedung yang mungkin sekarang tidak mendapatkan cakupan 4G yang baik. Verizon juga agresif dengan berbagi spektrum dinamis (DSS), berpotensi memberikan peningkatan kinerja hingga 2x, bahkan pada jaringan 4G yang lebih lama.

Saat ini, Verizon menyediakan tingkat kinerja 4-gigabit per detik, dan memiliki kinerja 5-gigabit yang berfungsi di lab, menunjukkan bahwa akan tersedia tahun depan. Performa sepuluh gigabit akan mulai dipasarkan dalam 3 hingga 5 tahun ke depan. Di Jepang, Docomo menyatakan bahwa mereka akan memiliki jaringan tercepat, dan telah mulai meluncurkan teknologi mmWave.

Foto Yang Ditingkatkan Secara Besar-besaran 

Fotografi mendapatkan kemajuan yang cukup besar. Xu Jian, seorang fotografer satwa liar terkemuka dan produser dokumenter, memamerkan karyanya dengan ponsel prototipe menggunakan solusi Snapdragon 888. Dia membagikan beberapa gambar diam yang dia ambil sendiri dan saat kamera dipasang ke drone.

Menurut seorang fotografer profesional, gambarnya setara dengan apa yang Anda dapatkan dengan kamera profesional SLR. Memang, kualitas yang mungkin Anda dapatkan akan bergantung pada kualitas lensa kamera Anda. Namun, teknologi kamera komputasi Qualcomm tampaknya melakukan pekerjaan dengan baik secara otomatis mengoptimalkan gambar yang dihasilkan.

Kamera baru ini dapat mengambil gambar tanpa lampu kilat hanya dalam 0,1 Lux, yang berarti sepersepuluh cahaya lilin satu meter pada permukaan satu meter persegi. Kamera ini akan memiliki sesuatu yang disebut "HDR terhuyung-huyung", yang mengambil tiga gambar pada saat yang sama: satu kurang terang, satu terlalu terang, dan satu selesai dengan benar - lalu menggabungkannya untuk menampilkan semua detail tersembunyi.

Terakhir, kamera dapat mengambil 120 gambar per detik, memungkinkan gerakan lambat yang luar biasa dan kemampuan untuk menangkap kejadian yang tepat dalam bidikan aksi.

Gaming

Area lain yang akan melihat peningkatan besar adalah game. Esports di perangkat seluler telah berkembang pesat, dan di pasar ponsel premium, smartphone akan mendapatkan kinerja yang substansial dan peningkatan masa pakai baterai. Peningkatan kinerja ini luar biasa untuk satu miliar orang yang saat ini bermain game di ponsel mereka.

Ponsel baru akan menangani hingga 90 frame per detik dengan mengaktifkan HDR, dan latensi terendah pada platform ponsel cerdas (Qualcomm telah mendemonstrasikan 144 frame per detik di lab). Peningkatan kinerja ini seharusnya memberikan keunggulan kompetitif yang signifikan bagi para gamer yang bermain di salah satu ponsel Snapdragon 888 baru.

Kecuali untuk ukuran layar, peningkatan kinerja ini diharapkan dapat menghadirkan game smartphone dalam berbagai konsol game dan Xbox Game Pass Ultimate akan mendukung ponsel baru yang mendukung game ini. 

Jangan berpikir Anda tidak akan mendapatkan masa pakai baterai yang bagus, karena Qualcomm menggunakan teknologi yang disebut VRS untuk meningkatkan kinerja hingga 30 persen, sekaligus mengurangi pemuatan GPU hingga 40 persen (GPU menarik banyak daya). Manfaat ini menunjukkan salah satu waktu langka di mana kinerja dan penghematan energi berjalan seiring.

Salah satu demonstrasi yang lebih menarik adalah menggunakan dua pembalap mobil RC profesional yang berjarak satu mil yang terhubung ke telepon dengan remote control 4x4 yang melaju di seluruh kampus Qualcomm oleh pengemudi yang menggunakan smartphone baik sebagai pengendali maupun untuk kontrol mobil dan video. Kurangnya latensi memungkinkan mereka mengemudi dengan kecepatan di jalur kendaraan kendali jarak jauh off-road yang dibangun khusus.

Terakhir, ponsel baru ini akan memiliki fitur baru yang disebut "Quicktouch", yang menghilangkan latensi layar sentuh dan memungkinkan gamer ponsel cerdas yang menggunakan ponsel baru ini menjadi jauh lebih kompetitif.

Saya langsung berpikir film episode "Mission Impossible" berikutnya perlu menggunakan ponsel baru ini.

Artificial Intelligence/AI

Qualcomm telah membuat kemajuan besar dalam AI. Saat ini lebih dari satu miliar perangkat telah diaktifkan dengan teknologi Qualcomm 15 TOPS (triliunan operasi per detik). Namun, tahun depan dengan bagian Snapdragon 888, AI baru harus melompat ke tingkat kinerja 26 TOPS.

Salah satu bidang terkait yang mendapat dorongan adalah pemrosesan bahasa alami (NLP). Peningkatan ini akan memungkinkan Anda untuk antarmuka yang lebih baik dengan fitur ponsel Anda melalui suara, dan Anda juga akan dapat melakukan terjemahan secara real time, meskipun ponsel Anda awalnya tidak mengetahui bahasa baru.

Saya berharap teknologi AI yang canggih ini akan diterapkan pada panggilan spam karena saya benar-benar bosan mendengar bahwa saya memerlukan perpanjangan garansi baru untuk beberapa mobil tidak dikenal yang tidak diketahui oleh penelepon. 

Kita akan melihat hal-hal seperti pembingkaian gambar otomatis, fokus otomatis berbasis AI (di mana sistem, berdasarkan pelatihan, memilih aspek gambar yang detailnya lebih menarik), dan memberikan panduan yang dapat diandalkan kembali ke tempat Anda lupa memarkir mobil.

Oh, dan mereka benar-benar menunjukkan kemampuan untuk menggunakan aspek inframerah kamera untuk membantu Anda memilih riasan yang lebih baik atau bahkan mendiagnosis penyakit, yang bisa jadi agak mengasyikkan dan, mengingat pandemi, paling tepat waktu.

Qualcomm Sensing Hub

Fitur ini mungkin merupakan teknologi yang paling menarik dari keseluruhan acara, dan ini menjelaskan komentar saya di atas tentang menemukan mobil yang salah tempat. Hub mengumpulkan sensor ponsel dan kemudian benar-benar menggunakan data tersebut untuk membantu Anda menjawab pertanyaan kritis seperti, 'di mana saya meninggalkan mobil saya?'. Saya membayangkan ini akan membantu Anda menelusuri kembali langkah Anda jika Anda kehilangan sesuatu dan perlu memulihkannya.

Kamera harus keluar dan melihat barang-barang untuk utilitas penuh, menyarankan kamera yang dipasang di kepala di masa depan sebagai persyaratan untuk fungsionalitas penuh. Namun, mereka telah membayar banyak sensor ponsel selama bertahun-tahun yang sebagian besar tidak pernah kita gunakan. Ini adalah aplikasi pertama di mana tiba-tiba sensor tersebut memiliki kegunaan penting.

Ponsel yang semakin sadar akan keadaan sekitarnya dapat secara otomatis meminta bantuan jika Anda terluka, memperingatkan Anda untuk menjauh dari lokasi berbahaya, dan selama bencana memandu Anda ke tempat yang aman. Yang terakhir, dengan peristiwa cuaca yang semakin tidak bersahabat, bisa menyelamatkan nyawa.

KESIMPULAN

Ponsel generasi berikutnya akan jauh lebih pintar, jauh lebih baik, jauh lebih berguna, dan jauh lebih mampu menjaga kita tetap aman daripada apa pun yang sejauh ini kita lihat di pasar. Mereka akan memiliki kinerja lebih dan masa pakai baterai yang lebih baik, konektivitas yang lebih baik, kemampuan bermain game yang jauh lebih baik, pencitraan yang ditingkatkan secara masif, dan suara yang jauh lebih baik.

Memang, Anda hanya akan mendapatkan fitur-fitur ini sepenuhnya dengan ponsel premium baru yang bahkan baru dikirimkan sekitar pertengahan 2021, tetapi mengingat tahun 2020, saya pikir memiliki sesuatu untuk dinantikan tahun depan saja sudah sepadan.

Tahun depan smartphone mengambil langkah besar lainnya untuk menjadi lebih dari sekedar perangkat komunikasi karena berkembang menjadi pendamping digital yang sempurna. Qualcomm mendorong revolusi. Akan menarik untuk melihat apakah Apple dapat mengikutinya.

Produk Teknologi Rob Enderle Minggu ini Ponsel Sony Xperia Masa Depan Dengan Qualcomm Snapdragon 888.

Jika kita menggunakan Snapdragon 888 dan memamerkannya sebagai senjata utama Qualcomm melawan dominasi Apple, Anda harus memilih OEM untuk membawanya. Mengingat Steve Jobs mendasarkan desain ulang Apple-nya pada Sony, dan fokus Sony yang serupa pada hiburan, Sony akan menjadi pilihan saya sebagai OEM utama untuk sepenuhnya mengambil alih Apple.

Sony selalu memiliki produk yang indah dan dirancang dengan baik yang sering kali terhambat karena tidak bersaing sebagai perusahaan tetapi sebagai sekelompok divisi di bawah merek yang sama.

Jika Sony melakukan upaya yang sama untuk memahami model Apple yang diterapkan Jobs untuk memahami model Sony, saya yakin Sony adalah salah satu dari sedikit perusahaan yang dapat sepenuhnya membawa Apple ke seluruh lini.

Sony menggoda lini ponsel Xperia yang akan datang berdasarkan Snapdragon 888, dan mereka memiliki potensi paling besar untuk memberikan pengalaman yang lebih baik daripada yang didapatkan pengguna Apple dari iPhone mereka. 

Pertanyaannya adalah, seperti yang selalu terjadi pada Sony: Apakah akan meningkat tahun depan? Desainnya yang unik dan indah, ditambah dengan kekuatan penuh solusi Snapdragon baru ini, dapat mengubah pertarungan ini.

Alhasil, jajaran smartphone Xperia yang akan datang berbasis Snapdragon 888 adalah produk saya minggu ini. Namun, karena mereka belum keluar, mereka akan bersaing untuk produk tahun 2021 tahun ini, bukan tahun ini.

source: https://www.technewsworld.com/

Post a Comment for "Qualcomm Siap Luncurkan Platform Snapdragon 888 Untuk Smartphone Premium 2021"