Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sukses China Mendaratkan Chang"e 5 Di Bulan

 

Sukses China Mendaratkan Chang"e 5 Di Bulan
https://www.technologyreview.com/

Misi China Chang'e 5 telah berhasil mendarat di bulan - Pendarat tersebut diharapkan segera memulai operasi pengeboran untuk material bulan yang akan dibawa kembali ke Bumi.

China baru saja mendaratkan pesawat ruang angkasa baru di permukaan bulan. Misinya, Chang'e 5, akan mengumpulkan batu bulan dan tanah untuk dibawa kembali ke Bumi, sebagai bagian dari misi pengembalian sampel pertama China. 

Apa yang terjadi? China meluncurkan Chang'e 5 pada 23 November. Pada hari Minggu, saat berada di orbit bulan, Chang'e 5 terpisah menjadi dua bagian: pengorbit dan kapsul balik yang akan tetap berada di orbit bulan, dan tahap pendaratan dan pendakian yang akan muncul ke permukaan beberapa hari kemudian.

Sekitar pukul 10:13 waktu Timur hari ini, pendarat berhasil mendarat di lokasi yang dekat dengan Mons Rümker, sebuah formasi vulkanik di wilayah Oceanus Procellarum di tepi barat sisi dekat bulan. 

ini diperkirakan menjadi rumah bagi batuan bulan yang beberapa miliar tahun lebih muda dari yang dibawa kembali oleh program Apollo. Chang'e 5 diperkirakan akan segera memulai pengeboran ke tanah bulan untuk sampel bawah permukaan. 

Menggali batu bulan: Chang'e 5 bertujuan untuk mengambil setidaknya empat pon material dari bulan. Seperempat akan berasal dari sampel bawah tanah (kedalaman sekitar 6,5 kaki), dan tiga perempat lainnya dari material permukaan. 

Tidak seperti pendahulunya, Chang'e 5 tidak dilengkapi dengan unit pemanas untuk melindungi komponennya yang lebih sensitif dari suhu dingin malam bulan. Itu berarti misi hanya memiliki 14 hari (lamanya hari lunar) untuk mengumpulkan sampel dengan benar sebelum membeku sampai mati (secara kiasan).  

Dalam waktu sekitar 48 jam, kendaraan pendakian akan mengangkut sampel bulan untuk bertemu dengan pengorbit, yang kemudian akan menempatkan sampel ke dalam kapsul kembali dan kembali ke Bumi beberapa hari kemudian. Saat mendekati Bumi, pengorbit akan membuang kapsul kembali, yang seharusnya mendarat di Mongolia Dalam pada 17 Desember.

Membuat sejarah: Pada titik ini, China sudah tidak asing lagi dengan misi bulan. Negara ini telah melakukan empat misi robotik yang berhasil ke bulan, termasuk pengiriman dua penjelajah ke permukaan. 

Chang'e 5 adalah pendaratan bulan ketiga untuk negara itu, tetapi hanya misi pulang sampel pertama. Hanya AS dan bekas Uni Soviet yang pernah membawa batu bulan kembali ke Bumi. Jika berhasil, ini akan menjadi pertama kalinya dalam 44 tahun (sejak misi 24 Bulan Uni Soviet) di mana ada orang yang melakukan misi pengembalian sampel bulan.

Chang'e 6 adalah misi kepulangan sampel bulan tindak lanjut yang akan diluncurkan pada tahun 2023. Meskipun seolah-olah merupakan cadangan ke Chang'e 5, ia akan menuju ke kutub selatan bulan untuk sampel alih-alih kembali ke Mons Rümker jika Chang'e 5 terbukti berhasil.

sumber: https://www.technologyreview.com/

Post a Comment for "Sukses China Mendaratkan Chang"e 5 Di Bulan"