Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagian Dasar Mesin CNC

 

Bagian Dasar Mesin CNC
image via freepik

Bagian Dasar Mesin CNC - Jika Anda mengukir nama Anda di atas kayu menggunakan font yang sangat canggih, Anda beruntung jika Anda akan menyelesaikan nama depan Anda dalam 24 jam dengan sempurna. Bertahun-tahun yang lalu, kerajinan kayu dan kerajinan logam adalah industri tenaga kerja yang sangat mahal karena setiap aspek pembuatannya dilakukan dengan tangan. Intervensi mesin minimal tetapi desainnya masih rumit.

Saat ini, dengan bantuan perkembangan teknologi, ukiran kayu, pencetakan logam, pemotongan, dan bahkan penyelesaian dapat dilakukan secara bersamaan dengan sedikit tangan yang terlibat. Padahal, suatu perusahaan dianggap tidak produktif jika setiap hari memproduksi produk secara massal dengan TANGANnya.

Mesin CNC (Computer Numerical Control) banyak diminati di industri di mana tangan lebih baik menekan tombol daripada melakukan pekerjaan sebenarnya. Pengusaha memuji-muji mesin ajaib ini karena akurat, cepat dan fleksibel dalam pengoperasiannya.

Mesin CNC sebenarnya terdiri dari berbagai bagian yang memiliki fungsi tertentu. Mari kita mengenal bagian - bagian dari mesin CNC lebih lanjut dengan membaca artikeldi bawah ini.

THE VICE

The Vice adalah yang memegang bahan yang akan dipotong atau dicetak. Penting bahwa vice harus ketat, jadi materi akan disimpan dengan aman. Saat mesin CNC mulai beroperasi, material akan melesat keluar dari vice nya jika tidak diamankan. Vicel biasanya bekerja seperti penjepit yang perlu menahan bahan tidak hanya dengan aman tetapi juga pada posisi yang tepat.

THE GUARD

Penjaga, seperti halnya pelindung lainnya, bekerja seperti "perlindungan" bagi orang yang mengoperasikan mesin CNC. Setelah CNC mulai bekerja, sobekan material dapat “lepas” dengan kecepatan tinggi. Ini sangat berisiko bagi operator jika ada bagian yang mengenai dia. Pelindung sepenuhnya menutupi semua sisi berbahaya dari mesin CNC.

THE CHUCK

Chuck memegang alat pemotong. Desain yang canggih membutuhkan ketelitian chuck yang maksimal agar desain yang sebenarnya dapat terwujud.

MOTOR

Motor memutar chuck dengan kecepatan sangat tinggi. Itu tersembunyi dan dilindungi di dalam mesin. Anda harus mengurus bagian ini dengan sangat hati-hati. Saat ini, pendinginan dan pelumasan dilakukan secara otomatis di sebagian besar mesin CNC. 

Biasanya, jika bagian ini tidak berfungsi dengan baik, paling sulit untuk dirawat. Disarankan untuk memiliki teknisi CNC yang siap sedia setiap saat.

THE LATHE BED

Seperti dasar laut, ini adalah alas kokoh mesin CNC. Itu terhubung ke headstock dan membantu kereta dan tailstock agar sejajar dengan sumbu spindel. Itu dibaut dengan aman sehingga tetap tidak terguncang oleh getaran mesin saat mulai beroperasi. 

THE CUTTING TOOL / CUTTER

Di sinilah pembentukan level pertama terjadi. Pemotong biasanya terbuat dari baja berkualitas tinggi sehingga dapat memotong bahan tertentu yang diumpankan ke mesin CNC. 

Sebagai seorang pebisnis, penting bagi Anda untuk mengenal karyawan Anda, terikat dengan mereka dan mendapatkan rasa hormat mereka tanpa membuat mereka takut. Ketika Anda memiliki mesin CNC yang bekerja untuk Anda, sama pentingnya bagi Anda untuk memahaminya dengan baik. 

Jangan tertipu oleh penjual mesin CNC yang merayu Anda karena mereka biasanya hanya setelah Anda membeli.

Anda harus menguasai apa yang menyusun mesin-mesin ini, apa yang membuatnya tidak berfungsi dan yang terpenting, apa yang membuat mereka tetap berada di perusahaan Anda. Jangan mulai berbicara dengan mereka. Itu akan benar-benar disfungsional.

Post a Comment for "Bagian Dasar Mesin CNC"