CAM: Komponen Vital Mesin CNC

 

CAM: Komponen Vital Mesin CNC
image via freepik

CAM: Komponen Vital Mesin CNC

Manufaktur dengan bantuan teknologi komputer mulai digunakan oleh perusahaan manufaktur komponen otomotif dan dirgantara. Ini mempercepat proses manufaktur dan dengan demikian meningkatkan peringkat efisiensi. Namun, pengenalan CAD ke sektor industri tidak menghilangkan kebutuhan akan tenaga profesional yang terampil.

Nyatanya, pengoperasian program ini membutuhkan tingkat keterampilan yang lebih tinggi dalam hal melek teknologi komputer.

FLAWS

Sistem CAM adalah solusi yang sempurna. Betapapun cepatnya sistem tersebut, masih ada kesalahan yang dapat menghambat produksi. Karena CAM menghasilkan kode untuk mesin yang paling tidak mampu, perangkat lunak CAM yang tidak diatur dengan benar memerlukan pengeditan manual yang berat.

Dalam hal ini, mengedit kode semacam itu adalah proses yang membosankan dan berlarut-larut yang membutuhkan banyak waktu dan upaya (sesuatu yang tidak dapat disisihkan oleh perusahaan besar). 

Masalah lain yang harus Anda hadapi adalah pertukaran data yang harus dilakukan saat mengintegrasikan CAM dengan komponen lain (CAD/CAM/CAE/PLM). Operator CAM perlu mengekspor data dalam format data yang lebih kompatibel. Dan karena tumpukan keluaran CAM adalah file teks kode-G, terkadang berisi ribuan perintah maka operator kemudian dihadapkan pada masalah waktu yang sangat serius.

CAM tidak bisa berpikir sendiri. Dalam hal ini, tidak dapat menemukan jalur alat yang tepat untuk produksi massal. Operator tetap harus memilih jenis pahat yang akan digunakan, proses pemesinan yang harus diikuti, dan jalur yang akan digunakan. Ini berarti CAM tidak dapat menyesuaikan dengan masalah keausan dan perubahan mendadak. Ini perlu diprogram ulang agar dapat bekerja secara efisien. Selain itu, produksi massal meningkatkan kemungkinan terjadinya kesalahan dalam siklus produksi.

PROS

CAM dapat memotong waktu siklus secara signifikan. Artinya dengan orang yang tepat dan alat yang tepat, dapat diperoleh cara produksi yang lebih efisien. Waktu siklus yang lebih rendah berarti Anda dapat menghasilkan lebih banyak komponen dalam waktu yang lebih singkat. Dan karena pengguna utama CAM dan CNC adalah pabrikan besar dengan tenggat waktu, maka menjadi prioritas utama untuk memangkas waktu siklus. 

Keuntungan lain yang bisa didapat oleh software CAM adalah peningkatan umur mesin. Karena prosesnya otomatis, sistem dapat melacak variabel tertentu yang memungkinkannya menyesuaikan dengan kondisi mesin yang beroperasi di bawahnya. Ini berarti umur mesin dapat diperpanjang dengan menyesuaikan kinerja mesin untuk menghindari pengerjaan yang berlebihan.

Kualitas juga dapat diperhitungkan dalam skenario ini. Itu karena sistem juga memantau sedikit perbedaan dalam lingkungan produksi. Lebih jauh lagi, desain rumit yang tidak dapat dicapai oleh manusia dapat dicapai dengan mesin. 

Selain itu, desain ini dapat diselesaikan dengan kecepatan yang lebih cepat dibandingkan dengan operasi manual. Faktor lain yang harus dipertimbangkan adalah rasio kesalahan produksi setiap komponen.

KESIMPULAN

Jadi, CAM adalah aspek produksi yang sangat penting. Namun, kebutuhan akan operator yang terampil masih ada karena pemrograman dan pengaturan mesin-mesin ini menentukan nasib proses manufaktur. Namun, peningkatan otomatisasi dan efisiensi yang disediakan oleh sistem semacam itu membuat pemrograman dan pengaturan sistem ini menjadi satu-satunya pekerjaan operator. 

Ini juga memungkinkan operator menjadi lebih produktif karena mereka tidak perlu mengawasi alat berat apa pun selama lebih dari jumlah waktu yang diperlukan.

Dapatkan artikel - artikel menarik lainnya dengan mengunjungi blog saya di www.duniasains.my.id

0 Response to "CAM: Komponen Vital Mesin CNC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel