Prinsip Pengurangan Waktu Siklus Mesin CNC

 

Prinsip Pengurangan Waktu Siklus Mesin CNC
image via freepik

PRINSIP PENGURANGAN WAKTU SUKLUS MESIN CNC

Apa Definisi Siklus Waktu (Cycle Time)? Waktu siklus didefinisikan sebagai waktu yang terjadi dari saat tugas atau serangkaian tugas dimulai hingga saat tugas diselesaikan. Contoh, waktu siklus adalah waktu pesanan pengiriman dicetak hingga saat dimuat ke truk dan sistem telah diperbarui (di update). Definisi alternatifnya adalah waktu yang dibutuhkan untuk memuat, menjalankan, dan membongkar benda kerja.

Waktu siklus sebuah mesin dapat diukur secara sederhana dengan menghitung waktu yang dibutuhkan dari menekan tombol untuk memulai siklus untuk benda kerja pertama hingga menekan tombol berikutnya untuk benda kerja berikutnya.

Kuantitas produksi dalam suatu industri menentukan bahwa semakin banyak benda kerja yang Anda jalankan, maka semakin penting untuk mencapai tujuan menurunkan waktu siklusnya. 

Segala sesuatu dan apapun yang terjadi dalam peralatan permesinan CNC (Computer Numerical Control) dapat dibagi menjadi empat kategori, antara lain:

1. Tugas On-Line Dan Produktif

Ini adalah operasi pemesinan aktual yang terjadi selama siklus CNC. Ini adalah operasi penggilingan, pengeboran, penyadapan, reaming, dan operasi pemesinan lainnya yang dalam beberapa cara lebih jauh penyelesaian benda kerja. Untuk meminimalkan waktu siklus di area ini, ada dua cara untuk mencapai hal ini. Salah satun caraya adalah melalui perencanaan proses yang cermat. 

Insinyur proses (Engineering Process) harus memilih perkakas mesin, cutting tool, fixturing, dan urutan pemesinan yang sesuai dengan cara yang sesuai dengan jumlah benda kerja yang akan dikerjakan yang akan didasarkan pada kuantitas produksi. Waktu siklus akan menjadi cerminan dari proses yang digunakan untuk benda kerja mesin. 

Jika dalam beberapa kali proses perusahaan Anda telah dikembangkan dan diterapkan sebelum Anda memulai program pengurangan waktu siklus, maka alternatif kedua Anda adalah mengoptimalkan operasi pemotongan karena hal ini akan melibatkan pemilihan bahan alat pemotong, umpan, dan kecepatan yang tepat untuk benda kerja mesin. seefisien mungkin dengan proses saat ini.

2. Tugas On-Line, Non-Produktif

Ini adalah tugas yang terjadi selama siklus permesinan yang sebenarnya tidak melanjutkan penyelesaian benda kerja. Hal pertama yang sering ditargetkan oleh orang pada Computer Numerical Control (CNC) untuk perbaikan adalah waktu eksekusi program yang terbuang percuma. Ini adalah hal-hal seperti gerakan cepat, perubahan pahat, eksekusi M-code, dan akselerasi atau deselerasi spindel. Mengurangi waktu eksekusi program di area ini biasanya mudah. 

Seringkali dibutuhkan tidak lebih dari memonitor proses produksi dengan hati-hati untuk beberapa benda kerja untuk menemukan saat-saat ketika program dapat dimodifikasi untuk menghilangkan jeda yang terlihat selama siklus. 

Meskipun perlu diingat bahwa pekerja untuk mesin ini tidak boleh mengabaikan proses lain karena mereka mungkin sangat peduli dengan meminimalkan eksekusi program sehingga mereka mengabaikan operasi lain, yang mengakibatkan pemborosan waktu siklus yang parah.

3. Tugas Off-Line, Non-Produktif

Ini adalah tugas yang dilakukan dalam siklus permesinan yang tidak melakukan apa pun untuk lebih menyelesaikan benda kerja. Karena jenis tugas ini dilakukan saat mesin memproduksi benda kerja, tugas tersebut sebenarnya tidak menambah waktu siklus. 

Operator alat berat dapat dibebaskan dari melakukan tugas-tugas produktif off-line jika mereka memiliki sedikit, atau tidak ada yang bisa dilakukan selama siklus mesin yang panjang.

4. Tugas Off-Line Dan Produktif

Ini adalah tugas yang diselesaikan oleh mesin CNC, saat mesin menghasilkan benda kerja, yang selanjutnya akan menyelesaikan benda kerja. Ini sangat membantu selama siklus CNC yang panjang, tugas dalam kategori ini dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proses produksi secara dramatis, yang secara efektif akan mengurangi waktu siklus.

Demikianlah uraian singkat mengenai Prinsip Pengurangan Waktu Siklus Mesin CNC. Semoga artikel ini berguna untuk Anda.

0 Response to "Prinsip Pengurangan Waktu Siklus Mesin CNC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel