Penyiapan Dan Pengoperasian Mesin CNC

 

Penyiapan Dan Pengoperasian Mesin CNC
image via freepik

Penyiapan Dan Pengoperasian Mesin CNC - Computer Numerical Control adalah instrumen canggih yang hanya boleh dioperasikan oleh operator CNC yang terlatih dan telah mendapatkan pelatihan sebelumnya. Ada aturan dan pedoman tertentu yang perlu dipertimbangkan jika Anda berencana menggunakan mesin CNC sendiri.

Daftar periksa (Checklist) Mesin CNC Sebelum Pengoperasian 

Sebelum memulai Mesin Computer Numerical Control (CNC), ada aturan keselamatan yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Aspek penting pertama sebelum memulai mesin CNC adalah untuk memastikan keselamatan Anda sendiri, oleh karena itu mengenakan alat pelindung, seperti kaca mata dan kemeja lengan pendek adalah salah satu hal yang penting selama pengoperasian mesin CNC. 

Anda juga harus berhati-hati setiap kali menangani perkakas dan benda kerja yang tajam untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Anda juga harus memastikan bahwa alat pemotong telah dikencangkan di spindel mesin untuk menghindari gerakan apapun selama operasi pemotongan benda kerja sedang berlangsung.

Penyalaan, Pengoperasian Dan Penyetelan Mesin CNC

Prosedur penyalaan Mesin CNC berbeda-beda tergantung dengan jenis dan tipe mesin yang digunakan, akan tetapi biasanya terdapat saklar daya utama atau pemutus arus untuk menyalakan dan menghidupkannya. Beberapa alat berat juga memerlukan perangkat hidraulik atau tekanan udara sebelum dinyalakan.

Saat Mesin CNC mulai dinyalakan, maka mesin CNC tersebut biasanya akan memulai pada posisi awal mesin. Posisi awal mesin memungkinkan kontrol dan mesin memiliki posisi awal yang telah disetel untuk semua sumbunya. Setelah dinyalakan, mesin CNC harus dipastikan berada dalam posisi ini sebelum pekerjaan dimulai. Posisi ini nantinya akan diubah ke lokasi yang sesuai setiap kali Anda mengerjakan bagian tertentu dari suatu produk.

Nilai Offset Panjang Alat atau TLO adalah jarak dari ujung pahat dari spindel di posisi rumah. TLO harus disetel untuk setiap alat dalam pekerjaan saat ini. TLO dapat diatur menggunakan pengukur ketinggian, lokasi perlengkapan, serta alat referensi lainnya. Ketika nilai-nilai ini ditentukan, mereka disimpan di Controller untuk digunakan selama operasi program.

Setelah mengatur Nilai Offset Panjang Alat, sekarang saatnya untuk menyiapkan bagian awal dari mesin CNC. Menyiapkan bagian awal pada mesin CNC sama dengan menyiapkan mesin konvensional. Ini biasanya melibatkan pemosisian sumbu ke titik di mana rencana menunjuk sebagai asalnya. Ada banyak cara untuk mencari posisi pada titik referensi, yaitu dengan menggunakan edge finders, wigglers atau kaca pembesar.

Setelah mengatur seluruh sistem untuk mesin CNC, sekarang saatnya untuk memuat program ke mesin. Pemuatan program berbeda untuk setiap mesinnya. Beberapa mesin memiliki pembaca pita untuk memasukkan program ke dalam memori Mesin CNC tersebut. Mesin yang lebih baru dan canggih memiliki perangkat floppy internal atau eksternal untuk memasukkan program ke mesin tersebut. Setelah program dimuat ke mesin, maka mesin CNC sekarang siap untuk digunakan.

Ada beberapa contoh ketika Anda harus mengubah alat di mesin CNC tersebut secara manual selama pengoperasian mesin. Saat operasi pemesinan tertentu selesai, program akan memindahkan as ke posisi ganti pahat dan menampilkan pahat berikutnya yang diperlukan. Sekarang tugas operator mesin adalah untuk melepas dan menggantinya dengan perkakas berikutnya.

Perhatian Ekstra harus diberikan setiap kali Anda memulai pengoperasian dengan mesin CNC, kesalahan apapun yang dilakukan selama bagian pengoperasian dapat menyebabkan cedera serius pada Anda sebagai operator mesin. 

Tips Pemrograman CNC Dengan Cara Profesional

Penyiapan Dan Pengoperasian Mesin CNC
image via freepik

Ketika sebuah program selesai dan dikirim ke Mesin CNC, maka proses pemrograman selesai. Semua kalkulasi dibuat dan algoritme ditulis sepenuhnya. Tapi pertanyaannya apakah pekerjaan programmer benar-benar sudah selesai? Kapan tanggung jawab programmer benar-benar selesai? Dan bagaimana kita dapat mengevaluasi jenis program yang dilakukan oleh pemrogram Mesin CNC tersebut?

Jawaban yang paling rasional dan masuk akal untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah ketika suatu bagian telah dikerjakan dalam kondisi kerja yang paling optimal. Oleh karena itu, tanggung jawab Programmer tidak berakhir setelah dia menyelesaikan program. Bisa kita katakan bahwa program pada tahap ini masih sangat banyak dan masih dalam proses pengembangan, karena sebagian besar pertimbangan pemrograman didasarkan pada asumsi-asumsi tertentu dan banyak faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil produk.

Setiap programmer Computer Numerical Control (CNC) harus berusaha untuk berhubungan dengan produksi yang sebenarnya. Di bidang pengembangan perangkat lunak, komunikasi konstan dengan kolega Anda serta operator mesin CNC yang sebenarnya akan membantu Anda meningkatkan program Anda sendiri. Karena sebagian besar waktu, operator mesin CNC adalah sumber ide, perbaikan, dan saran konstruktif yang baik. 

Seorang programmer CNC yang baik harus berbicara, mengajukan pertanyaan kepada mereka dan yang terpenting mendengarkan apa yang mereka katakan. Programmer yang tidak pernah menginjakkan kaki dalam proses pemesinan yang sebenarnya dan berpikir bahwa mereka selalu benar, semuanya berada di jalur yang salah. Bertukar ide dengan operator mesin CNC, mengajukan pertanyaan dan mencari jawaban adalah satu-satunya cara untuk sepenuhnya menyadari apa yang sedang terjadi di mesin.

Setiap kali Anda memulai program CNC untuk pertama kalinya, penting untuk memeriksa integritas programnya. Program baru dan belum terbukti merupakan sumber masalah yang potensial. Selama pemrograman manual di CNC, kesalahan lebih sering terjadi daripada saat program dibuat dalam program CAM. 

Cara yang baik untuk melihat program baru adalah melalui perspektif operator alat berat. Operator Mesin yang berpengalaman melakukan pendekatan langsung saat menjalankan program untuk pertama kalinya. Itu berarti bahwa mereka tidak akan mengambil risiko kesalahan dengan menjalankan program yang sebenarnya oleh karena itu programmer yang baik harus memperhatikan setiap komentar yang akan dikatakan oleh operator mesin tentang program tersebut.

Apa yang dicari oleh operator mesin berpengalaman di bagian program baru? Sebagian besar operator mesin akan mengatakan bahwa hal pertama dan terpenting yang harus diperiksa pada program CNC adalah konsistensinya. Oleh karena itu operator mesin melihat bagaimana programmer CNC melakukan pemrogramannya sendiri, adalah cara Anda membuat algoritme Anda sendiri sama dengan yang lain. Operator Mesin CNC memperhatikan dengan jenis informasi ini.

Meningkatkan Program CNC

Anda Setiap kali Anda meningkatkan program Anda sendiri, itu berarti Anda memperkuat atau memperkayanya, sehingga membuatnya lebih baik dari sebelumnya. Peningkatan akan didasarkan pada standar ini, Ini untuk menurunkan biaya produksi tanpa mengorbankan kualitas bagian yang diproduksi atau keselamatan Operator mesin CNC tersebut. 

Salah satu bentuk pengoptimalan program yang paling umum adalah melakukan beberapa perubahan kecil pada spindel serta kecepatan umpan mesin. Proses ini disebut optimasi waktu siklus, sedikit meningkatkan kecepatan spindel dan laju umpan mesin ini akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan bagian tersebut.

Dan jika kita membandingkannya dengan produksi massal, menghemat satu detik untuk setiap bagian dalam kumpulan 3.600 buah berarti menghemat satu jam. Efisiensi laju produksi merupakan aspek yang sangat penting dalam produksi massal (Mass Pro). 

Itulah sekelumit artikel tentang Penyiapan Dan Pengoperasian Mesin CNC. Semoga bermanfaat dan berguna untuk Anda.

0 Response to "Penyiapan Dan Pengoperasian Mesin CNC "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel