Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Transfer Data Mesin CNC

Metode Transfer Data Mesin CNC
image via freepik

Metode Transfer Data Mesin CNCMesin CNC tidak dapat berfungsi tanpa adanya program. Dan program tidak dapat masuk ke mesin tanpa sistem transfer data yang efektif. Lantas, apa saja metode transfer data dan seberapa efektif metode tersebut dalam menyampaikan data dari satu titik ke titik berikutnya?

Berikut ini adalah  Metode Transfer Data Mesin CNC, antara lain:

1. Pita Berlubang (Punched Tape)

Metode transfer data pertama adalah pita berlubang. Ini terdiri dari selembar kertas panjang dengan bagian yang dilubangi untuk menyimpan data. Lubang mewakili sekumpulan data yang memberi tahu mesin cara bergerak dan apa yang harus dilakukan.

Metode ini terbukti sangat serbaguna dan efektif. Ini telah terbukti bertahan dalam ujian waktu karena banyak perangkat penyimpanan magnetis telah memburuk dari waktu ke waktu bahkan sejauh tidak dapat dibaca sementara pita pelubang telah terbukti bagus dalam beberapa dekade dan bahkan mungkin berabad-abad kemudian. 

Perbaikan juga tidak menjadi masalah karena sambungan yang dirancang khusus dapat menyatukan kedua ujungnya hampir tidak berubah. Selanjutnya, pita berlubang dapat diterjemahkan secara visual jika diperlukan. Artinya aksesibilitas manusia juga tidak menjadi masalah yang berarti.

2. Floppy Disk

Sementara pita berlubang adalah gulungan kertas yang cukup panjang, floppy disk adalah perangkat penyimpanan magnetis kecil yang lebih hemat ruang daripada selotip berlubang. Ini juga dapat digunakan untuk menyimpan program yang sifatnya sederhana.

Floppy disk secara virtual merevolusi cara penyimpanan dan transfer data dari satu titik ke titik lainnya. Ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mentransfer data lebih cepat dari pita yang dilubangi. 

Lebih lanjut, data di dalam disket dapat dengan mudah diedit kapan saja selama Anda memiliki program yang tepat untuk membacanya. Namun, metode ini telah terbukti cukup bermasalah dalam jangka panjang karena disket cenderung menurun kualitasnya dengan cepat. Sebuah floppy disk tidak dapat dibaca setelah disimpan selama 3 tahun.

3. RS232

Metode ini sebenarnya adalah seperangkat standar untuk sinyal biner serial yang menghubungkan antara komputer, terminal, dan modem. Ini adalah cara cepat dan efisien untuk mentransfer data.

Kabel ini menghubungkan mesin CNC ke komputer yang memiliki dukungan floppy disk sehingga menghilangkan kebutuhan akan pita berlubang. Ini memungkinkan operator untuk memasukkan data dari jarak jauh dan bahkan saat menyelesaikan tugas lain. 

Namun, ini perlu digunakan bersama dengan perangkat penyimpanan data yang efektif sehingga memiliki cadangan jika terjadi keadaan darurat. 

4. Jaringan (Network)

Jaringan adalah sekumpulan komputer yang dihubungkan bersama untuk mempermudah berbagi data. Dalam skenario industri, jaringan memungkinkan sejumlah pengguna yang berbeda untuk membuat program secara individual untuk menjalankan mesin. 

Metode ini memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses dan mentransfer data dari jarak jauh. Hal ini memungkinkan sistem check-and-balance yang lebih cepat dan lebih efisien untuk pemrogram dan pemverifikasi data. 

Selanjutnya, bagian-bagian program yang berbeda dapat diselesaikan oleh pemrogram yang berbeda dan kemudian dikompilasi oleh satu pengguna. Ini membuat pembuatan program menjadi proses yang cepat dan mudah.

5. Input Data Manual (MDI)

MDI memungkinkan pengguna memasukkan perintah langsung ke dalam memori mesin CNC. Ini mungkin tampak sebagai cara yang efektif untuk memberi tahu mesin apa yang harus dilakukan, tetapi sebenarnya memiliki banyak kekurangan.

Meskipun ini merupakan cara tercepat untuk memberi tahu mesin apa yang harus dilakukan, ini juga merupakan operasi yang sangat berisiko dan membosankan karena memerlukan penggunaan terminal mesin. 

Selain itu, pembangunan program tidak secepat metode jaringan. Ini hanya memungkinkan satu pengguna untuk mengakses mesin sehingga membuatnya menjadi proses yang panjang dan berlarut-larut.

Kerugian lain yang datang dengan MDI adalah membatasi operator hanya untuk satu tugas pada satu waktu. Namun, MDI memungkinkan kontrol paling besar atas mesin dibandingkan dengan metode lain.

Itulah artikel singkat tentang  Metode Transfer Data Mesin CNC, semoga berguna dan bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for " Metode Transfer Data Mesin CNC"