Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta Tentang Penebangan Hutan (Deforestasi)

 

Fakta Tentang Penebangan Hutan (Deforestasi)
image via pixabay

Fakta Tentang Penebangan Hutan (Deforestasi) 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Deforestasi atau penebangan hutan adalah Kegiatan penebangan kayu komersil dalam skala besar. Artinya adalah salah satu yang menjdi alasan dan motif dari kegiatan penebangan hutan adalah faktor ekonomi.

Fakta tentang penebangan hutan (deforestasi) bagi sebagian orang ada yang mengatakan bahwa hal tersebut memiliki dua sisi yakni sisi positif dan sisi negatif. Meskipun sebagian besar orang akan mengatakan bahwa sisi negatif lebih mengemuka dari pada sisi positifnya. Namun faktanya adalah tidak semua hal yang berkaitan dengan hal tersebut adalah sebuah kebenaran karena tidak semua yang di beritakan oleh media adalah hal yang benar. Beberapa orang mungkin akan berbicara tentang  kebenaran dan fakta tentang penebangan hutan secara berimban, sementara yang lain mungkin tidak, tetapi satu hal yang penting adalah Anda mengetahui bahwa informasi yang Anda terima cukup kredibel untuk diyakini. 

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas bahwa setiap kali topik tentang penebangan hutan atau  deforestasi diberitakan, maka hal-hal biasa yang muncul kemudian di benak sebagian besar orang adalah pikiran dan hal - hal negatif. 

Mungkin, sudut pandang dari para aktivis dan pecinta lingkungan ditambah dengan pemberitaan medialah yang mendorong orang untuk berpikir seperti itu. Namun, tidak semua orang menganggap bahwa itu benar, beberapa di antaranya mungkin mengandung banyak kebenaran tetapi tidak sepenuhnya faktual. 

Untuk menghilangkan bias dari sistem, sangat penting untuk memeriksa garis halus antara apa yang baik dan apa yang buruk dalam kaitannya dengan penebangan hutan atau deforestasi. Tentu saja, kebaikan yang lebih besar memberi tahu kita bahwa deforestasi adalah sesuatu yang negatif, tetapi mari kita coba untuk melihat mengapa deforestasi juga dapat menguntungkan bagi umat manusia.

Apakah Benar Ada Manfaat Dalam Deforestasi?

Deforestasi atau penebangan hutan telah dipraktikkan hampir di seluruh dunia oleh banyak negara berkembang dan telah berkontribusi cukup banyak pada peradaban saat ini. Sayangnya, manusia kemudian menggunakannya untuk keserakahan yang pasti mengakibatkan efek yang tidak menyenangkan bagi manusia. Praktik pertanian yang dulu dikenal baik kepada orang-orang sekarang dianggap merusak daripada menguntungkan dan pengabaian pemerintah telah menjadi begitu merajalela sehingga deforestasi tidak pernah dikendalikan dengan aturan yang ada.

Namun, pada saat itu, deforestasi telah menunjukkan kepada kita beberapa keuntungan terbesarnya, dan ini semua ditujukan untuk penggunaan dan konsumsi manusia. Jika ditangani secara terkendali, maka itu tidak bisa mengakibatkan hal-hal negatif seperti saat ini. 

Berikut adalah salah satu manfaat paling berharga dari deforestasi ke peradaban manusia: 

1. Hutan memungkinkan untuk memperluas dunia manusia

2. Konversi kawasan hutan menjadi lahan budidaya untuk pertumbuhan pangan dan bahan baku;

3. Sumber kayu besar untuk keperluan manufaktur seperti furnitur, rumah, dan bahkan serbet dan kertas toilet.

4. Deforestasi memungkinkan untuk membuka lapangan pekerjaan bagi jutaan orang di bidang industri kayu atau beberapa perusahaan besar lainnya.

Dan faktanya adalah benar, bahwa ada manfaat yang bisa didapatkan dari deforestasi. Namun, masalahnya adalah seseorang harus bertanggung jawab dan cukup teliti untuk memastikan bahwa deforestasi tidak akan menyebabkan keserakahan karena faktor ekonomi dan uang. 

Namun demikian, cukup terlambat untuk mengatakan sekarang bahwa manusia belum menggunakan deforestasi sebagai sarana untuk mencari nafkah yang baik. Semakin banyak orang menghancurkan hutan kita untuk mendapatkan keuntungan dan menghasilkan uang dari itu. Bahkan jika deforestasi menawarkan banyak manfaat, manusia harus selalu mencoba melihat banyak kelemahan dan sisi negatifnya juga.  

Mitos Tentang Deforestasi (Penebangan hutan)

Meskipun ada cukup banyak keuntungan dalam membersihkan hutan, kebaikan yang menyertainya tidak melebihi keburukan yang dimilikinya. Bahkan jika mungkin benar bahwa itu membawa bantuan kepada umat manusia, maka kegiatan itu juga menghasilkan bencana yang sangat merusak dan mengerikan. 

Fakta tentang penebangan hutan atau  deforestasi akan membantu kita menyadari apakah itu hanyalah sebuah mitos dan apa yang bukan. Mitos sering dibicarakan tentang topik yang dianggap sebagai sejarah karena tidak faktual sama sekali.

Sama seperti deforestasi, keuntungannya sering menjadi topik hangat yang selalu dibicarakan saat ini, tetapi kelemahannya jauh lebih besar daripada kebaikan yang dibawanya. Dengan demikian, setiap "kebaikan" yang ada dalam kegiatan deforestasi harus dianggap sebagai sebuah mitos saja.

Fakta Dan Detail Tentang Deforestasi

Fakta Tentang Penebangan Hutan (Deforestasi)
image via pixabay

Hutan alami yang berada di bumi saat ini berada dalam banyak tekanan. Hutan kita yang begitu melimpah dengan cepat menjadi punah terutama karena kegiatan terlarang seperti penambangan emas, PLTA, penebangan liar (ilegal loging), dan kebutuhan manusia akan lahan bercocok tanam. Hutan tropis dan matang sedang rusak oleh pemanfaatan kayu dan perdagangan kertas.

Jutaan mata pencaharian masyarakat adat yang tinggal di sekitar hutan telah dirusak, dan berbagai jenis hewan dan tumbuhan mati untuk selamanya. Jika fakta deforestasi seperti itu sudah diketahui manusia, lalu mengapa tingkat penebangan hutan terus bertambah? 

Mungkin alasannya adalah karena bahwa orang-orang sangat membutuhkan uang dan makanan sehingga hal-hal seperti itu terjadi. Melalui kelalaian manusia, lebih dari setengah dari apa yang dulunya merupakan tanah yang kaya yang layak menjadi tersapu dan menghilang begitu saja. Itulah sebabnya tidak ada yang bisa menyalahkan alam jika kemudian berbalik menyerang kembali kepada kita melalui banyak cara yang berbeda. 

Sekarang, seluruh dunia secara sadar sangat tersiksa oleh dahsyatnya kekuatan alam. Dari bencana banjir, hingga sinar matahari yang berbahaya, dan suhu planet bumi yang terus menghangat, manusia telah di suguhkan dengan begitu banyak masalah yang berakar pada ulah dan tindakan mereka sendiri yang serakah dan bodoh. 

Kebenaran Tentang Bagaimana Hutan Kita Yang Begitu Cepat Menghilang

Saat ini kita sangat menderita karena kehilangan cadangan biologis tertinggi di bumi karena kita lupa  untuk bersyukur atas manfaat dan pentingnya kelestarian hutan bagi dunia. Hutan hujan tropis pernah melindungi sekitar 14% dari massa tanah planet bumi ini dan saat ini, mereka hanya menjaga sekitar 6% dari itu.

Baik aktivis pecinta lingkungan maupun ahli memperhitungkan bahwa area hutan yang tersisa dapat dimakan dan dikonsumsi dalam waktu kurang dari 40 tahun. Ribuan hektar hutan tropis hilang setiap detik dengan konsekuensi bencana dan kebobrokan bagi negara-negara berkembang dan negara industri maju lainnya. 

Para eksperimental memperkirakan bahwa deforestasi atau penebangan hutan bertanggung jawab atas hilangnya 137 jenis tanaman, hewan dari berbagai jenis, dan spesies serangga setiap hari karena langkah-langkah kejam manusia. Totalnya setara dengan 50.000 kerugian nyawa spesies per tahun. Ketika elemen - elemen penting yang ada di hutan menghilang, maka kita harus melakukan banyak upaya untuk menyembuhkan dan mengembalikannya lagi.

Saat ini, sebanyak 121 jenis obat yang direkomendasikan dan dijual di seluruh dunia berasal dari sumber tanaman.  Sebanyak 25% obat-obatan yang digunakan oleh manusia juga berasal dari bahan-bahan yang berasal dari hutan. Hampir 1% dari hutan telah diuji untuk penelitian obat yang dilakukan oleh para ilmuwan dan sisa flora yang menjanjikan menawarkan lebih banyak kemungkinan penyembuhan untuk penyakit yang di derita manusia.

Namun, melalui deforestasi hutan hujan tropis yang terus berlangsung, hampir 50% spesies flora, fauna, dan organisme di dunia akan hancur atau hilang. Alasan mengapa sumber alam kita yang kaya mulai menipis adalah karena perusahaan - perusahaan besar melakukan kegiatannya dengan sembarangan dan tidak bertanggung jawab dalam menjaga kelestarian hutan.

Jika praktik seperti itu tidak pernah berhenti, maka pemusnahan total alam pasti akan datang kepada kita atau anak cucu kita. Jika kemungkinan untuk memperbaiki alam jauh lebih tinggi sekarang, maka sangat disarankan bahwa langkah-langkah yang lebih besar harus dibuat untuk melawan hal tersebut agar jangan sampai terjadi.

Dorongan Umat Manusia Untuk Menyelamatkan Alam

Seruan yang memadai untuk menjaga tanaman di hutan hujan tropis secara berkelanjutan dan menuai manfaat secara ekonomi dari hutan tersebut maka wajib untuk menjaga konservasi hutan ternyata sukses. Pengadaan produk hutan yang penting dan layak dapat menghasilkan modifikasi positif dengan menghasilkan pasar untuk barang-barang ini sementara pada saat yang sama mempertahankan sistem keuangan masyarakat adat dan memberikan penjelasan ekonomi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian dan konservasi hutan.

Fakta tentang penebangan hutan atau deforestasi secara luas telah diketahui oleh masyarakat dan dengan demikian harus diberikan tindakan yang tepat. Baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah harus memanfaatkan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah deforestasi ini. Jika ditangani dengan benar, hutan hujan tropis kita dapat memberkati seluruh kebutuhan populasi untuk cadangan biologis ini secara terus-menerus.

Demikianlah uraian artikel tentang  Fakta Tentang Penebangan Hutan (Deforestasi). Semoga artikel ini bisa membuka wawasan Anda tentang pentingnya menjaga konservasi hutan dan menjaga kelestarian alam demi masa depan kita dan anak cucu kita di masa yang akan datang.

Post a Comment for "Fakta Tentang Penebangan Hutan (Deforestasi) "