Pengertian Energi Alternatif Dan Sumber Daya Alternatif

Pengertian Energi Alternatif Dan Sumber Daya Alternatif

Ada banyak sekali jenis energi yang bisa kita manfaatkan jika kita mau melakukan penelitian dan mengembangkan teknologi yang diperlukan untuk mendapatkannya. Kita bisa semakin menjauh dari penggunaan bahan bakar fosil dan jaringan listrik tua dengan beralih ke sumber-sumber energi alternatif yang baru.

Pengertian Energi Alternatif Dan Sumber Daya Alternatif
image via freepik

Apa Itu Energi Alternatif?

Salah satu sumber daya energi alternatif yang telah di temukan adalah kekuatan angin. Turbin angin terus dikembangkan yang semakin hemat energi, lebih efisien dan semakin murah. "Pertanian Angin" kini telah bermunculan di banyak negara, dan mereka bahkan telah menjadi lebih strategis ditempatkan dari waktu ke waktu sehingga mereka tidak membahayakan burung sebagaimana sebelumnya.

Sumber daya energi alternatif lainnya yang paling terkenal adalah energi matahari. Ini melibatkan manufaktur sel-sel surya yang berkumpul dan memfokuskan energi yang dilepaskan langsung oleh matahari, dan mengubahnya menjadi listrik atau, dalam beberapa kasus, menjadi air panas. Seperti energi angin, energi matahari menciptakan polusi yang benar-benar nol.

Energi gelombang laut kini juga mulai dilirik oleh pemerintah dan investor karena memiliki potensi energi yang sangat besar untuk di kembangkan dimasa depan. Sebuah generator di Perancis telah beroperasi selama bertahun-tahun dan dianggap menjadi sebuah kesuksesan besar, dan Irlandia dan Skotlandia yang menjalankan fasilitas eksperimental. 

Listrik tenaga air telah bersama - sama dengan kita untuk sementara waktu dan di mana itu diatur, itu adalah generator listrik yang kuat dan lebih bersih dari pada jaringan listrik tenaga uap misalnya. Namun, ada batasan tertentu untuk ketersediaan tempat yang tepat untuk mendirikan sebuah bendungan yang besar. Banyak sungai - sungai kecil kini telah memiliki generator hidrolistrik karena keterbatasan ini.

Energi panas bumi juga sangat berlimpah dan menyimpan potensi energi yang sangat besar, karena terletak langsung di bawah kaki kita, hanya beberapa mil di bawah permukaan bumi. Energi ini dihasilkan oleh inti cair panas bumi. Air berubah menjadi uap, yang dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk menjalankan mesin turbin yang pada gilirannya akan menghasilkan listrik. Sejumlah besar penelitian dan pengembangan harus dimasukkan ke dalam pemanfaatan energi panas bumi ini. 

Limbah energi gas, yang pada dasarnya adalah metana, membalikkan secara normal polusi energi dengan menciptakan energi dari limbah yang berada di polutan udara. Gas ini digunakan dalam sel bahan bakar dan dapat digunakan dalam generator bensin standar. 

Etanol adalah pengganti bensin dan diciptakan dari tanaman seperti gandum, tebu, anggur, stroberi, jagung, dan bahkan kayu chip dan selulosa kayu. Ada kontroversi atas bahan bakar ini berkaitan dengan keekonomisannya kecuali di daerah yang sangat terlokalisasi, tetapi teknologi untuk ekstraksi dan admikstur yang perlu disuling. 

Energi biodiesel diciptakan dari minyak yang terkandung dalam tumbuhan. Sejauh ini, biodiesel telah dibuat dari bahan kedelai, jarak dan minyak bunga matahari. Pada saat ini, biodiesel lebih banyak dihasilkan oleh individu dan kewirausahaan atau mereka yang ingin bereksperimen dengan energi alternatif, tapi minat komersial dari perusahaan juga sedang meningkat. Biodiesel membakar dengan lebih bersih daripada bahan bakar yang berbasis minyak. 

Energi atom dibuat dengan menggunakan proses fusi nuklir. Energi ini sangat efisien dan dapat menghasilkan jumlah besar energi. Ada kekhawatiran dari beberapa orang tentang apa yang harus dilakukan dengan jumlah limbah produk energi atom ini, karena radioaktif membutuhkan ratusan tahun untuk membusuk dan terurai.

Sumber Daya Untuk Energi Alternatif

Pengertian Energi Alternatif Dan Sumber Daya Alternatif
image via freepik

Ada banyak bentuk yang berbeda di mana energi alternatif tersedia saat ini. Salah satunya adalah tenaga surya. Tenaga surya didorong oleh photovoltaic sel, dan ini semakin semakin murah dan lebih maju. Tenaga energi matahari dapat digunakan untuk listrik, pemanas, dan memanaskan air.

Energi surya tidak menghasilkan polusi, karena input sepenuhnya berasal dari sinar matahari. Namun, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan agar kita bisa menghemat energi matahari. Untuk saat ini, sumber daya ini masih terlalu kondisional karena storage baterai dibutuhkan untuk digunakan sebagai backup di malam hari dan pada hari dimana tidak ada sinar matahari.

Energi angin telah menjadi yang paling diinvestasikan (oleh investor swasta dan pemerintah bersama) sebagai sumber energi alternatif untuk saat ini. Array besar dari windmills triple-bladed sedang ditempatkan di seluruh daerah sebagai "wind farms", untuk menangkap gerak angin dan menggunakan energi kinetik untuk dikonversi menjadi energi mekanis atau energi listrik.

Tentu saja, tidak ada yang baru tentang konsep kincir angin. Turbin angin modern hanya lebih maju secara variasi daripada model yang lama. Tentu saja, kelemahan energi angin adalah apa yang Anda lakukan ketika tidak ada hembusan angin? Energi angin tidak sepenuhnya independen. 

Energi hidroelectric tersedia sebagai sumber energi alternatif, dan dapat menghasilkan jumlah kekuatan yang besar. Secara sederhana, energi hidroelektrik menggunakan gerak air dalam menanggapi gravitasi, yang berarti posisi turbin menurun, yang kemudian menghasilkan energi listrik.

Walaupun ada banyak sekali sumber energi yang berasal dari tenaga air yang sangat potensial untuk di kembangkan, namun untuk mencari sumber air yang bisa untuk menjalankan turbolistrik merupakan sebuah tantangan bagi kita. Perlu kita pahami bahwa hidrolistrik sebagai sumber energi alternatif adalah pekerjaan yang rumit dan untuk menghasilkannya memerlukan biaya dan investasi yang mahal. Bendungan harus dibangun untuk dapat mengontrol aliran air cukup untuk menghasilkan kekuatan yang diperlukan. Membangun sebuah bendungan untuk menyimpan dan mengendalikan air adalah pekerjaan yang memerlukan keahlian, dan dalam mengoperasikannya juga akan sangat kompleks, dan bagi  kalangan konservasionis sangat khawatir tentang hal itu.

Tentu saja, bendungan tidak selalu dibutuhkan jika seseorang tidak mencoba untuk memasok kebutuhan listrik sebuah kota atau daerah lainnya yang sangat padat penduduk. Ada sebuah mesin penjelajah sungai kecil, yang baik untuk memasok lingkungan atau kantor individu atau rumah sendiri.  

Mungkin yang paling diremehkan dan kurang dihargai sebagai bentuk energi alternatif adalah energi geothermal, yang sederhana dan secara alami dihasilkan oleh panas perairan seniesian yang tepat di bawah kerak bumi. Panas ini ditransfer ke dalam air dari dalam inti cair bumi.

Air ditarik oleh berbagai metode yang berbeda - beda. Tujuan dari penggunaan geothermal adalah untuk mengumpulkan uap dan mengubahnya menjadi energi kinetis untuk menggerakkan turbin dan menghasilkan arus listrik.

Itulah Pengertian Energi Alternatif Dan Sumber Daya Alternatif. Semoga berguna dan bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Energi Alternatif Dan Sumber Daya Alternatif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel