Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Satrawan Pramoedya Ananta Toer

Biografi Satrawan Pramoedya Ananta Toer
credit:instagram@soesilo_toer

Biografi pahlawan merupakan sebuah tulisan yang menggambarkan dan menceritakan mengenai kisah hidup pahlawan. Di mana dalam biografi pahlawan akan diulas bagaimana perjuangan yang dilakukan oleh pahlawan tersebut. Tidak hanya itu, tapi juga kehidupan yang dijalaninya.

Pahlawan bukan hanya mereka yang gugur di medan perang saja, karena pahlawan juga di sematkan kepada mereka yang telah berjuang dan berjasa dalam bidang - bidang yang lainnya. Salah satau contohnya adalah pahlawan di bidang sastra seperti halnya Pramoedya Ananta Toer ini.

Tujuan dari adanya biografi pahlawan adalah agar masayarakat dapat mengetahui seperti apa pahalawan yang telah berjasa dalam beberapa aspek kehidupan mereka. 

Di mana para pahlawan ini kemudian dapat menjadi inspirasi bagi pemuda-pemuda bangsa untuk memiliki gairah dalam berjuang. Tidak hanya untuk negara, tapi dalam kehidupan mereka, agar dapat berguna bagi masyarakat.

Salah satu biografi pahlawan yang sangat terkenal adalah biografi pahlawan yang menceritakan kehidupan Pramodya Ananta Toer. Beliau merupakan sastrawan yang terkenal sejak masa penjajahan Jepang. Perjuangan dilakukannya melalui tulisan-tulisan yang menggambarkan keadaan negeri ini. Karena itulah kemudian selama bertahun-tahun beliau dibuang ke Pulau Buru.

Sekilas Kehidupan Prammoedya Ananta Toer (Pram) 

Biografi pahlawan kali ini akan membahas mengenai kehidupan Pramoedya Ananta Toer (Pram). Berbeda dengan pahlawan lain, yang biasa kita baca pada beberapa biografi pahlawan, di mana Pram merupakan seorang penulis produktif dari zaman penjajahan hingga era modern saat  ini. 

Menurut catatan sejarah, beliau lahir pada tanggal 6 Februari 1925 di Blora, Jawa Tengah. Beliau adalah salah satu pengarang Indonesia yang paling produktif dalam sejarah sastra Indonesia. 

Beberapa karyanya ditulis dalam bentuk roman, cerpen, essay maupun kritik. Pram sangat terkenal hingga ke luar Indonesia. Bayangkan saja, lebih dari 50 karyanya telah diterjemahkan ke dalam 41 bahasa asing. 

Ibu Beliau sehari-harinya hanya berjualan nasi, sedangkan Ayahnya merupakan seorang guru. Pram menjalani pendidikannya di Sekolah Kejuruan Radio di Surabaya. Setelah lulus, beliau bekerja di sebuah surat kabar milik Jepang di Jakarta sebagai juru ketik. 

Dalam beberapa biografi pahlawan mengenai dirinya, disebutkan bahwa Pramoedya Ananta Toer mulai menulis sejak zaman penjajahan Jepang. Pada tahun 1947, terbitlah novel pertamanya yang berjudul “Kranji dan Bekasi Jatuh”. 

Saat itu, Pram sangat produktif dalam menulis karya sastra, akan tetapi karya-karya itu banyak yang menghilang tanpa sebab. Pram sangat aktif dalam bidang Pers, dimana beliau juga sering turut serta pada perjuangan bangsa.

Hal inilah yang kemudian membuatnya dimasukan ke Penjara oleh pemerintah Belanda. Beliau dinilai sebagai pembawa surat-surat Berbahaya.

Setelah Indonesia mengalami masa Kemerdekaan, Pram mulai ikut di salah satu kelompok militer di Jawa. Di mana pada akhir perang kemerdekaan beliau sering ditempatkan di Jakarta. Sepanjang karir militernya itu, beliau tetap aktif menulis cerpen dan buku. 

Biografi pahlawan Pramoedya Ananta Toer mencatat, pada tahun 1950, Pram mengikuti program pertukaran budaya dan tinggal di Belanda. Beliau kemudian kembali ke Indonesia dan menjadi salah satu anggota dari Organisasi sayap Kiri di Indonesia, yaitu Lekra.

Saat itulah gaya tulisannya menjadi berubah. Bisa dilihat pada karyanya yang berjudul “Korupsi“. Tulisan itu merupakan fiksi kritik kepada pamong praja yang mengalami kejatuhan di atas perangkap korupsi. Tulisan ini juga menjadi titik awak permasalahan antara Pram dengan pemerintahan Soekarno. 

Pada masa pemerintahan Soekarno, Pram juga mempelajari berbagai kasus penyiksaan yang dialami oleh warga Tionghoa Indonesia. Beliau akhirnya mulai menjalin hubungan dengan berbagai penulis yang berada di Tiongkok. 

Hubungan itu terjalin dengan adanya rangkaian surat menyurat antara dirinya dan penulis Tionghoa. Rangkaian surat yang membicarakan mengenai sejarah Tionghoa di Indonesia itu akhirnya dibuat buku dan diterbitkan dengan judul “Hoakiau di Indonesia“. 

Dalam berbagai tulisan yang lain, Pramoedya selalu mengkritiki pemerintahan Jawa-sentris yang tidak mengacuhkan keperluan serta keinginan dari berbagai daerah lain di Indonesia. Di mana masih banyak daerah yang pembangunannya belum merata, dan masih merasa sama seperti sebelum masa kemerdekaan. 

Usulan Pram yang sangat terkenal adalah ketika ia melontarkan pemikirannya mengenai pemindahan pemerintahan Indonesia di luar Pulau Jawa. 

Pada saat pemerintahan Orde baru, di mana Soharto memegang tampuk kekuasaan, Pram akhirnya ditangkap pada tahun 1960. Saat itu Pram dianggap berbahaya dengan pandangannya yang pro-Komunis Tiongkok. 

Akhirnya, buku-buku Pram dilarang beredar di pasaran. Tidak hanya itu, beliau juga ditahan tanpa pengadilan di Nusakambangan, dan akhirnya di pindahkan ke Pulau Buru yang terletak di kawasan timur Indonesia.

Dalam beberapa biografi pahlawan mengenai Pram disebutkan bahwa pada tanggal 21 Desember 1979, Pramoedya akhirnya dibebaskan serta mendapat surat pembebasan secara hukum tidak bersalah dan tidak terlibat G30S/PKI. 

Akan tetapi, hingga tahun 1992, beliau masih dikenakan tahanan rumah di Jakarta, serta tahanan kota dan tahanan negara hingga 1999. Beliau juga wajib untuk melapor satu kali seminggu ke Kodim Jakarta Timur selama kurang lebih 2 tahun.

Biografi pahlawan Pramoedya Ananta Toer mencatat, beliau selalu produktif dalam menulis, baik dalam berbagai kolom dan artikel pendek atau buku yang mengkritik pemerintahan Indonesia terkini. Ia tidak pernah berhenti menulis hingga akhir hayatnya. 

Pada 30 April 2006, Pramoedya Ananta Toer meninggal dunia pada usia 81 tahun. Karya-karyanya tetap ada hingga sekarang. Bahkan, biografi pahlawan mengenai beliau masih menjadi bahan yang menarik untuk ditulis karena beliau merupakan contoh manusia yang tidak kenal takut, dan berani bersuara dengan tulisannya.

Buku-Buku  Karya Pramoedya Ananta Toer

Sampai akhir hayatnya beliau aktif menulis, walaupun kesehatannya telah menurun akibat usianya yang lanjut dan kegemarannya mer*kok. Pada 12 Januari 2006, beliau dikabarkan telah dua minggu terbaring sakit di rumahnya di Bojong Gede, Bogor, dan dirawat di rumah sakit. Menurut laporan, Pramoedya menderita diabetes, sesak napas, dan jantungnya melemah.

Dalam berbagai biografi pahlawan mengenai Pramoedya, diceritakan bahwa beliau sangat produktif menulis walaupun berada dalam penjara. 

Ketika dalam masa penahanan di Pulau Buru, Pram dilarang untuk menulis. Akan tetapi, hal itu tidak menghentikannya. Bahkan, salah satu karya terkenalnya yang berjudul "Bumi Manusia" dilahirkan di penjara itu.

Buku itu bercerita mengenai kehidupan seorang bangsawan kecil di Pulau jawa bernama Minke. Kisahnya terinspirasi dari pengalaman seorang tokoh pergerakan ketika masa kolonial Belanda, bernama RM Tirto Adisuryo.  

Di mana organisasi Sarekat Priyayi yang didirikan oleh Tirto diakui Pramoedya sebagai organisasi nasional pertama di Indonesia. Dikarenakan adanya larangan bagi Pram untuk menulis, maka jilid pertama dari buku ini dikisahkan secara lisan kepada teman sepenjaranya. 

Kemudian sisanya akhirnya berhasil diselundupkan keluar negri untuk menjadi koleksi dari seorang pengarang Australia. Buku ini akhirnya diterbitkan dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Biografi pahlawan Pramoedya Ananta Toer mencatat, setelah dibebaskan, beliau masih menjadi tahanan kota dan negara. Dalam masa itu, beliau menuliskan banyak novel semi-fiksi. Salah satu yang terkenal adalah novel dari pengalaman neneknya, yang berjudul "Gadis Pantai"

Kemudian pada 1995, Pram menuliskan buku otobiografi berjudul "Nyanyi Sunyi Soerang Bisu. Buku itu sebenarnya dibuat untuk putrinya, namun tidak pernah diijinkan untuk mengirimkan buku tersebut. 

Pada akhirnya, Willem Samuels menerjemahkan edisi lengkap dari Nyanyi Sunyi seorang Bisu ini ke dalam bahasa Inggris. Kemudian pada tahun 1999, buku ini diterbitkan oleh Hasta Mitra di Indonesia dengan judul "The Mute's Soliloquy: A Memoir".

Banyak sekali karya-karya yang telah diterbitkan oleh Pramedya Ananta Toer. Salah satunya yang sangat terkenal adalah buku Perawan Remaja dalam Cengkraman Militer. Buku ini merupakan sebuah dokumentasi non fiksi. 

Dalam buku itu, Pram menceritakan kisah yang memilukan dari para wanita Jawa ketika masa pendudukan Jepang. Mereka diculik dan dipaksa untuk menjadi wanita penghibur bagi serdadu Jepang. 

Ketika dibawa ke Pulau Buru, mereka seringkali mengalami kekerasan seksual. Hingga pada akhirnya, ketika Pendudukan Jepang berakhir, penyiksaan yang mereka dapat membuat mereka malu untuk pulang, dan memilih tetap tinggal di Pulau Buru.

Tulisan Pram ini seringkali menyentuh tema mengenai interaksi antarbudaya; antara Belanda, kerajaan Jawa, orang Jawa secara umum, serta Tionghoa. Tidak hanya itu, beberapa tulisannya juga dibuat  semi-otobiografi mengenai pengalamannya sendiri. 

Selama hidupnya, Pram Sangat aktif sebagai penulis dan kolumnis. Pada 1994, beliau mendapatkan penghargaan Ramon Magsaysay Award untuk Jurnalisme, Sastra, serta Seni Komunikasi Kreatif. 

Tidak hanya itu, pada 2000, Pram pernah memenangkan Hadiah Budaya Asia Fukuoka XI. Di mana beliau juga mendapat Norwegian Authors' Union Award pada 2004 untuk sumbangannya pada sastra dunia. 

Perjuangan dan karya-karya beliau, membuat banyak penulis yang terinspirasi dan tertarik untuk menulis biografi pahlawan mengenai dirinya.

Berikut ini adalah beberapa biografi pahlawan mengenai Pramoedya Ananta Toer yang sangat terkenal, dan masih bisa di dapatkan di toko buku-toko buku, antara lain:

1. Pramoedya Ananta Toer dan Karja Seninja, oleh Bahrum Rangkuti (Penerbit Gunung Agung)

2. Pramoedya Ananta Toer dan Sastra Realisme Sosialis, oleh Eka Kurniawan (Gramedia Pustaka Utama)

3. Citra Manusia Indonesia dalam Karya Pramoedya Ananta Toer, oleh A. Teeuw (Pustaka Jaya)

4. Pramoedya Ananta Toer dan Manifestasi Karya Sastra, Daniel Mahendra, dkk (Penerbit Malka)

5. Membaca Katrologi Bumi Manusia Pramoedya Ananta Toer, oleh Apsanti Djokosujatno (Tera Indonesia)

itulah sekilas mengenai Biografi Sastrawan Pramoedya Ananta Toer. Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi Anda.

Posting Komentar untuk " Biografi Satrawan Pramoedya Ananta Toer"