Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kura-Kura Indian Star yang Unik

Kura-Kura Indian Star yang Unik

Siapa yang tak kenal dengan kura-kura? Hewan bertempurung keras yang selalu berjalan lamban ini memang sudah bukan hewan asing dan sangat mudah untuk kita temukan. Kura-kura memiliki jenis yang beragam, salah satunya adalah kura-kura Indian star.

Dari namanya saja, Anda pasti sudah bisa menduga keunikan apa yang terdapat pada jenis kura-kura yang satu ini. Ya, kura-kura yang berasal dari India ini memang memiliki ciri khas pada tempurungnya, yaitu corak berbentuk bintang.

Habitat dan Karakter

Kura-kura Indian star tumbuh sampai dengan panjang sekitar 25-30 cm. Hidup di darat, di daerah tropis yang banyak hujan maupun yang beriklim agak panas. Kura-kura ini bisa kita temukan di hutan tropis atau padang rumput.

Kura-kura Indian star adalah jenis kura-kura yang cukup mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Tapi kura-kura jenis ini termasuk hewan yang agak sensitif, dan bila ingin memeliharanya jangan sampai Anda mencampurnya dengan jenis kura-kura yang lain. Satukan saja dengan kelompoknya.

Cara Pemeliharaan

Kura-Kura Indian Star
credit:[email protected]_darat

Anda tertarik memelihara kura-kura Indian star? Ternyata cukup mudah caranya. Setiap pagi, ia harus dijemur di bawah sinar matahari sekitar 15 menitan.

Caranya, meletakkan kura-kura tersebut ke dalam suatu tempat yang telah diberi air untuk berendam. Jangan terlalu tinggi/dalam, karena kura-kura Indian star adalah jenis kura-kura darat, cukup sebatas setengah atau seperempat tinggi tempurungnya. 

Setelah dijemur, angkat dan biarkan ia berkeliaran di lantai. Taruhlah di tempat yang tetap terkena sinar matahari. Di saat seperti inilah Anda bisa memberinya makanan.

Untuk makanan, kura-kura Indian star harus diberi makan tanaman, karena ia termasuk hewan herbivora. Berilah rumput-rumputan, sayuran, atau buah yang telah dibersihkan. Kura-kura Indian star memang kura-kura yang membutuhkan makanan berserat tinggi untuk memperlancar pencernaan.

Selain makanan berupa sayuran atau buah, berilah suplemen pada kura-kura peliharaan Anda ini untuk menunjang kesehatan. Anda bisa membeli suplemen vitamin atau penambah kalsium yang bisa didapatkan di toko/petshop.

Tips Lain Merawat Kura-Kura Indian Star

Berikut adalah beberapa tips lain untuk merawat kura-kura peliharaan Anda:

1. Jangan terlalu lama membiarkan kura-kura di tempat panas yang tidak memiliki tempat berteduh. Jangan pula menjemurnya terlalu lama, karena hal ini bisa membuat kura-kura dehidrasi dan berakibat kematian.

2. Jika sedang dilepas atau tidak ditaruh dalam kandang, awasi terus kura-kura ini agar tidak kabur atau bersembunyi di tempat-tempat yang sempit.

3. Bersihkan kandang kura-kura secara teratur, hal ini untuk menjaga agar kura-kura tidak terserang penyakit dengan mudah.

4. Saat musim hujan/dingin tiba, sebaiknya gunakan heater khusus pada kandang yang bisa menjaga kestabilan suhu agar kandang tetap hangat dan nyaman bagi kura-kura Indian star.

Itulah informasi tentang Kura-Kura Indian Star yang Unik. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat.

Posting Komentar untuk " Kura-Kura Indian Star yang Unik"