Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Broadband?

Apa Itu Broadband?

Mendefinisikan broadband bisa menjadi rumit. Ada banyak cara berbeda tentang bagaimana sebenarnya mendefinisikan kata: broadband. 

Cara pertama dan paling jelas untuk mendefinisikannya adalah media transmisi yang memungkinkan berbagai jalur dan jenis data, jauh melebihi perangkat komunikasi suara sederhana. Sederhananya, ini adalah kemampuan untuk mengakses berbagai data melalui satu koneksi dengan kecepatan yang wajar.

Di mana saluran telepon sangat membatasi jumlah informasi yang dapat ditransmisikan, saluran broadband, yang memiliki bandwidth lebih besar dari 2 mbps, tidak seperti koneksi dial-up standar yang hanya akan memiliki 56 kbps, dapat memungkinkan berbagai frekuensi dan saluran yang berbeda untuk menyusuri jalurnya yang lebar. 

Ini membuatnya optimal bagi mereka yang bermain video game di Internet atau terlibat dalam pekerjaan grafis berat yang perlu mereka impor, kirim, dan terima di sepanjang jalan raya informasi.

Lebar minimum jalur broadband telah menjadi bahan perdebatan. Meskipun awalnya, definisi broadband adalah garis yang lebarnya lebih dari 2 mbps, para ahli lain mulai menegaskan bahwa lebarnya harus minimal 3 mbps. Yang lain lagi mengeluh bahwa setidaknya 20 akan sesuai. 

Tapi sekarang, layanan broadband mulai serendah 1 mbps, bagi mereka yang mencoba broadband untuk pertama kalinya. Jadi siapa yang benar-benar tahu berapa tingkat minimum bandwidth yang dibutuhkan agar bisa disebut broadband? Namun satu hal yang pasti. 

Layanan DSL yang dapat berkisar dari kapasitas 256 kbps di sisi hilir dan hulu hingga 1,5 Mbps, atau bahkan lebih tinggi, juga dianggap sebagai layanan broadband. Begitu juga modem televisi kabel, yang memiliki kecepatan serupa. 

Jadi, pada kenyataannya apa pun dengan kapasitas lebih besar dari saluran sempit, seperti saluran telepon, yang hanya dapat menampung hingga 64 kbps, secara teknis dianggap sebagai layanan broadband.

Layanan broadband telah menjadi kegemaran dalam beberapa tahun terakhir. Ketika Internet mulai menjadi arus utama pada 1990-an, orang-orang puas dengan layanan Internet dial-up sederhana, yang hanya menggunakan jalur sempit. 

Tetapi karena kebutuhan akan kecepatan menjadi penting, terutama karena file dan halaman Web menjadi lebih rumit, membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan dan memori komputer, kebutuhan akan informasi yang lebih besar yang dapat dikirim dan diterima dengan kecepatan yang lebih cepat menjadi penting. Oleh karena itu, kami memiliki revolusi broadband. 

Saat ini, hampir tidak ada orang yang menggunakan layanan narrowband, atau dial-up. Akses Internet broadband adalah nama permainannya. Dan jika Anda bekerja di kantor, itu sangat penting, karena informasi yang lebih besar sering dikirim ke dan dari bisnis secara teratur. 

Sederhananya, jika Anda tidak memiliki broadband hari ini, Anda mungkin adalah orang yang tidak membutuhkan Internet untuk mencari nafkah. Dengan jumlah pekerjaan telecommuting yang tersedia saat ini, kebutuhan akan layanan broadband kemungkinan besar akan berkembang pesat.

Posting Komentar untuk " Apa Itu Broadband?"