Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahukah Anda, Massa Jenis Minyak Tanah?

Tahukah Anda, Massa Jenis Minyak Tanah?
credit:[email protected]_surakarta

Kalau dibuat sebuah percobaan dasar, minyak tanah dituangkan ke dalam gelas yang berisi air.  Apa yang akan terjadi?  Ternyata minyak tanah tidak bercampur dengan air melainkan tetap terpisah dan mengambang di permukaan air.  Hal ini disebabkan massa jenis minyak tanah yang lebih kecil dibandingkan massa jenis air.

Walaupun diaduk, minyak tanah dan air tidak akan menyatu dan tetap terpisah.  Dari percobaan ini membuktikan bahwa massa jenis minyak tanah memang lebih kecil dibandingkan air.  Massa jenis suatu benda merupakan tingkat kerapatan dari suatu benda atau zat.  Baik itu zat padat maupun zat cair.

Penghitungan Massa Jenis Minyak Tanah

Massa jenis minyak tanah diketahui yaitu 0,8 gr/cm3.  Semua jenis minyak akan memiliki nilai massa jenis yang sama.  Perhitungan dari massa jenis minyak tanah diperoleh dari perhitungan massa benda dibagi dengan volumenya.

Secara teori, dapat ditulis sebagai berikut:

Massa jenis = massa benda/volume benda (massa benda per volume benda)

Besaran dari ukuran massa jenis minyak tanah ini adalah gr/cm3 atau gram dari massa benda dan sentimeter kubik dari volume benda.

Besarnya massa jenis minyak tanah ini tidak dihitung berdasarkan banyaknya atau jumlah dari benda tersebut.  Walaupun ukuran tempatnya berbeda, ada yang besar maupun kecil namun massa jenis minyak tanah adalah relatif sama yaitu 0,8 gr/cm3.

Ukuran massa jenis ini selalu ditentukan oleh kerapatan jumlah molekul penyusun dari benda-benda tersebut.  Semakin besar tingkat kerapatan molekul penyusunnya maka semakin besar pula nilai massa jenis yang dimiliki oleh benda tersebut.  Air memiliki nilai massa jenis yang lebih besar dibandingkan dengan massa jenis minyak tanah, yaitu sebesar 1 gr/cm3. 

Manfaat Pengetahuan Massa Jenis

Dengan mengetahui cara menghitung massa jenis dari suatu benda seperti massa jenis minyak tanah ini, dapat dilakukan penghitungan untuk peralatan lain yang dapat dipergunakan untuk kepentingan manusia.

Salah satunya adalah, dengan menghitung besaran massa jenis, manusia dapat membuat kapal laut yang bisa terapung di atas air.  Walaupun bahan pembuatan kapal laut dari logam atau besi yang memiliki nilai massa jenis lebih besar dari nilai massa jenis air.

Namun dengan menggunakan teknik pembuatan dengan lambung kapal yang dikosongkan dari benda padat dan hanya ruang kosong, maka kapal akan terapung di permukaan air.  Massa jenis dari udara dalam lambung kapal itulah yang membuat kapal dapat terapung di permukaan air.

Post a Comment for " Tahukah Anda, Massa Jenis Minyak Tanah?"