Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sains: Dasar-dasar Nanoteknologi

Sains: Dasar-dasar Nanoteknologi

Bagi banyak orang, istilah "nanoteknologi" mungkin memiliki arti yang berbeda. Beberapa orang membayangkan materi baru yang mempesona yang lebih kuat dari baja namun lebih ringan dari udara ketika mereka mendengar kata nanoteknologi. 

Yang lain membayangkan gambar robot mikroskopis yang membersihkan gusi dan gigi ketika mereka mendengar istilah nanoteknologi. Nanoteknologi jelas telah menarik perhatian tidak hanya komunitas ilmiah, tetapi juga media dan masyarakat umum, tetapi apa sebenarnya nanoteknologi itu?

Apa sebenarnya Nanoteknologi itu?

Nanoteknologi adalah ilmu yang sangat kecil dalam arti kata yang paling literal. Ini melibatkan item yang diukur dalam "nanometer", atau sepersejuta sentimeter. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang seberapa kecil nanometer itu, pertimbangkan untuk merentangkan satu meter dari New York ke Los Angeles dan setiap nanometer seukuran satu pil aspirin. Itu kecil, tapi juga begitu mempesona.

Aplikasi Apa yang Dimiliki Nanoteknologi?

Ini mungkin tampak sangat berteknologi tinggi dan futuristik, dan beberapa dari Anda mungkin percaya bahwa nanoteknologi hanya akan digunakan untuk hal-hal seperti robot atau spionase internasional (seperti yang digambarkan dalam film), tetapi mungkin digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk beberapa tujuan berikut ini:

Kedokteran

Para ahli sangat antusias dengan penggunaan nanoteknologi dalam pengobatan karena bisa menjadi jawaban untuk kanker, serta pengobatan tumor-fokus lainnya. Penelitian nanopartikel emas telah menunjukkan banyak harapan dan hasil yang menakjubkan. Nanoteknologi memiliki potensi untuk menghilangkan kanker tanpa menyebabkan trauma bedah setelah teknologi dan metode penyampaiannya dikuasai.

Komputer dan tablet

Apakah Anda percaya bahwa nanoteknologi hanya untuk teknologi ultra-tinggi? Anda mungkin menggunakan nanoteknologi jika Anda menggunakan tablet atau perangkat digital lainnya. Mereka ditemukan di banyak produk komputasi di pasar, dan nanoteknologi bahkan digunakan dalam pembuatan lapisan antimikroba untuk gadget Anda.

Apakah Ada Aspek Negatif?

Nanoteknologi, seperti banyak hal lainnya, memiliki beberapa kelemahan. Misalnya, "perak nano", yang digunakan untuk menghilangkan bau pada peralatan olahraga, sangat berbahaya bagi lingkungan dan dapat menyebabkan kelainan kelahiran pada ikan dan mamalia laut lainnya jika masuk ke air setelah pakaian ditinggalkan.

Post a Comment for " Sains: Dasar-dasar Nanoteknologi"