Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Atlantis, Benua yang Hilang

Mengenal Atlantis, Benua yang Hilang

Selama berabad-abad, benua Atlantis telah menjadi salah satu legenda favorit dunia barat, campuran antara fantasi dan misteri. Banyak kisah yang menceritakan mengenai kerajaan yang kaya dan mulia ini hilang ke laut dan musnah begitu saja. Sekarang ini, beberapa bukti reruntuhannya masih ada, menunggu untuk ditemukan.

Surga yang Hilang

Sebagian besar informasi yang kita miliki mengenai Atlantis berasal dari filsuf Yunani kuno, Plato. Dia mengatakan bahwa Atlantis terletak di sebelah barat Pilar Hercules (formasi batuan di Selat Gibraltar), di Samudera Atlantik. 

Pada pulau besar ini terdapat kerajaan besar dan indah di mana orang-orang berani dan saleh hidup dalam sebuah tempat seperti surga.

Akan tetapi, kedamaian ini berakhir ketika orang-orang Atlantis mulai mencintai kekuasaan dibandingkan dengan mencintai para dewa. Mereka mengobarkan perang ke seluruh dunia, tetapi akhirnya diarahkan oleh orang Athena yang bijaksana dan bermoral. 

Kemudian, pada 9.000 tahun sebelum kelahiran Plato atau kira-kira 9.500 SM, gempa bumi menenggelamkan Atlantis ke laut.

Mencari Atlantis

Tidak ada bukti bahwa Atlantis pernah ada. Banyak orang yang percaya bahwa Atlantis hanyalah sebuah legenda yang diceritakan oleh Plato untuk memuji nilai-nilai masyarakat Athena. Tetapi, masyarakat lainnya percaya bahwa pulau bersejarah itu ada berdasarkan bukti-buktinya.

Beberapa orang berpendapat Atlantis berada di Amerika, atau di Kepulauan Canary, atau di Antartika. Sementara yang lainnya menunjuk Atlantik sebenarnya adalah Kepulauan Thera, Yunani. Teori ini muncul didasarkan pada temuan-temuan arkeologi baru-baru ini.

Teori Thera

Pada akhir 1960-an, Profesor Spyridon Marinatos menemukan puing-puing sebuah kota zaman perunggu dekat Akrotiri, di pulau Thera (Santorini). Jalan-jalan kota, bangunan, tembikar, dan lukisan dinding warna-warni ini membuktikan bahwa masyarakat kaya ini sangat mirip dengan peradaban Minoan di dekat Crete.

Akan tetapi sekitar 1.500 SM, sebuah letusan gunung berapi menghancurkan wilayahnya yang besar dan mengubur kota tersebut sedalam 15 kaki dibandingkan letusan yang menghancurkan kota Pompeii. Apakah Thera adalah tanah Atlantis?

Beberapa ahli percaya bahwa Plato memang menggambarkan Thera, akan tetapi dia salah mengenai lokasi dan tanggal kehancurannya. Apabila Plato tidak sepenuhnya membuat cerita tentang Atlantis, maka mungkin asal usul Atlantis diceritakan dalam catatan Mesir Kuno yang menceritakan peristiwa di Thera.

Wisata Kota Atlantis

Sangatlah mudah untuk memahami keinginan untuk menemukan berbagai bukti arkeologi dari Atlantis. Siapa yang tidak ingin mengunjungi sisa-sisa surga di Bumi ini?

Hari ini, legenda Atlantis yang besar membantu membawa para wisatawan ke Thera dengan menggunakan kapal. Pengunjung dapat menikmati pantai berpasir hitam, situs-situs arkeologi, dan tebing-tebing gunung berapi yang megah. Apabila lelah, para wisatawan bisa mengistirahatkan kaki mereka di Hotel Atlantis.

Post a Comment for " Mengenal Atlantis, Benua yang Hilang"