Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengelompokan Hewan Karnivora, Herbivora, Omnivora

Pengelompokan Hewan Karnivora, Herbivora, Omnivora
credit:[email protected]_kepung

Bumi dan alam semesta ini tidak hanya dihuni oleh manusia. Namun, banyak spesies lain yang hidup serta beranak pinak menyemarakkan kehidupan di bumi tercinta ini. Salah satu spesies yang mudah diamati keberadaannya adalah spesies animalia atau binatang. 

Spesies animalia atau disebut juga hewan merupakan organisme multiseluler yang terorganisasi dalam jaringan-jaringan yang berbeda. Semua hewan termasuk dalam lingkup heterotrof, yang artinya tidak dapat membuat energi sendiri, melainkan harus mengambil makanan dari lingkungan sekitarnya. 

Makanan yang dikonsumsi pun berbeda-beda setiap hewan, sehingga ada sebutan hewan herbivora karnivora omnivora untuk setiap jenis makanan pokok yang dikonsumsinya.

Klasifikasi hewan herbivora karnivora omnivora bisa dilihat dari jenis makanan yang dikonsumsinya. Sebelum memasuki klasifikasi hewan-hewan berdasarkan jenis makanannya, ada baiknya kita terlebih dahulu mengenali jenis makanan yang tersedia bagi hewan-hewan tersebut. 

Sebenarnya, makanan tersebut bisa dikelompokkan menjadi tiga golongan besar, sama seperti sebutan bagi hewan herbivora karnivora omnivora, yaitu mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan, berasal dari hewan lainnya, atau pemakan tumbuhan sekaligus hewan lain alias pemakan segala. 

Uraian berikut akan menjabarkan jenis makanan yang biasanya dikonsumsi oleh hewan di sekitar kita.

1. Tumbuhan

Tumbuhan atau flora merupakan salah satu sumber makanan yang banyak dikonsumsi oleh mahluk hidup lainnya. Tumbuhan memiliki berbagai macam bagian yang hampir semuanya dapat dimakan dan diolah menjadi energi untuk bertahan hidup oleh binatang-binatang yang memakannya. 

Namun, ada beberapa bagian yang menjadi favorit binatang herbivora, seperti khusus memakan daun, batang, dan bagian-bagian lain dari tumbuhan itu sendiri. 

Mari simak uraiannya berikut ini:

a. Daun

Apakah Anda pernah memerhatikan hewan yang hanya memakan dedaunan? Memang, bagian yang umum disantap oleh para hewan herbivora adalah daun. Tapi, ada berbagai macam binatang yang khusus mengonsumsi daun dari tumbuh-tumbuhan tertentu untuk dijadikan penghasil energi. 

Salah satu dari hewan tersebut adalah ulat daun. Ulat kebanyakan bertahan hidup dengan mengonsumsi daun tempat di mana ia tinggal hingga mampu menghasilkan keturunan. 

Ulat sutra, misalnya, mengkhususkan dirinya untuk memakan daun pohon murbei dan menghasilkan kepompong sutra.

b. Batang

Bila ulat sutra hanya memakan daun pohon murbei, maka berbeda lagi dengan sapi atau kerbau. Memang, banyak dianalogikan bahwa sapi ‘merumput’ alias memakan rumput untuk memenuhi kebutuhan energinya. 

Namun, dalam bidang peternakan, para petani dan peternak menggunakan batang tumbuhan padi dan jagung untuk menyokong pertumbuhan ternak-ternak mereka. Berbeda lagi dengan hewan panda. 

Mereka juga termasuk binatang yang memfavoritkan batang tanaman tertentu untuk disantap, yaitu batang tumbuhan bambu. Ya, panda menyukai batang bambu, apalagi bila diberi batang bambu muda.

c. Buah

Buah tak hanya disukai oleh manusia. Berbagai buah-buahan yang ada di pasaran kebanyakan menjadi favorit manusia untuk dikonsumsi. Namun, tak hanya manusia yang suka mengonsumsi buah-buahan. 

Beberapa hewan bahkan mengkhususkan dirinya untuk mengonsumsi beberapa jenis buah-buahan sebagai makanan utamanya. Beberapa hewan tersebut antara lain kelelawar buah, ulat buah, serta lalat buah.

d. Biji-bijian

Biji merupakan bakal tumbuhan. Dari sekeping biji yang kecil dan rapuh, bisa menghasilkan tumbuhan yang kokoh dan rindang. Dari berbagai jenis hewan yang ada, sebagian besar burung menyukai biji-bijian untuk dijadikan makanan pokoknya. 

Biji tanaman jagung dan padi biasanya menjadi incaran burung pipit untuk dijadikan makanan sumber energi. Walau ada juga tupai yang menyukai biji pohon kenari ataupun hamster yang menyukai jagung dan biji-bijian lainnya.

2. Hewan

Selain tumbuhan yang dijadikan makanan, hewan juga bisa memakan hewan lainnya. Terutama hewan-hewan kecil yang dijadikan mangsa bagi hewan-hewan yang lebih besar. Tentunya, Anda sudah sering melihat film Tom & Jerry yang beradegan kucing Tom mengejar-ngejar tikus Jerry untuk disantap. 

Tak hanya di film, pada kehidupan nyata pun memang demikian lazimnya. Kucing biasa memburu tikus untuk dimakan, elang memburu kelinci, kerbau diburu singa, dan masih banyak lagi lainnya.

Nah ,selain pemakan tumbuhan dan pemakan hewan, masih ada satu lagi golongan hewan pemakan segala, alias omnivora. Contohnya adalah beruang madu (yang tak hanya memakan daging, tapi juga merebut madu dari sarang lebah madu), tikus, musang, ayam, dan masih banyak lagi. 

Namun, mengapa ada binatang yang mengkhususkan diri untuk memakan jenis makanan tertentu? Apa pula perbedaan yang dimiliki dari masing-masing hewan tersebut? Untuk mengetahuinya, mari kita simak uraian berikut.

Masing-masing hewan herbivora karnivora omnivora tersebut memiliki perbedaan pada bentuk morfologis tubuh dan pencernaannya. Kata–vora pada hewan herbivora karnivora omnivora berasal dari bahasa latin vorare yang artinya memakan. Sehingga, penamaan tersebut masing-masing benar-benar mencerminkan jenis makanan yang dimakan oleh masing-masing hewan.

Setelah mengetahui jenis makanan yang biasanya disantap oleh hewan-hewan tersebut, sekarang kita berkenalan dengan masing-masing anggota hewan dari golongan herbivora, karnivora, omnivora.

1. Karnivora alias pemakan daging

Asal katanya dari bahasa latin carne yang berarti daging dan vorare yang berarti memakan. Hewan karnivora biasanya memiliki indra penglihatan, penciuman, dan pendengaran yang baik untuk dipergunakan memburu mangsanya yang biasanya berukuran lebih kecil dari tubuhnya. 

Bentuk tubuhnya pun biasanya dipersenjatai dengan cakar yang runcing, atau otot yang kuat, atau paruh yang kokok, atau bisa saja kombinasi dari ketiga hal tersebut.

Karnivora biasanya memiliki bentuk gigi yang khusus, seperti gigi taring yang panjang dan runcing untuk mengoyak daging buruannya. Gigi geraham kuat untuk menggilas daging serta gigi seri yang tajam dan kecil untuk menggigit serta memotong daging hewan buruannya.

2. Herbivora alias pemakan tumbuhan (daun, biji, buah, atau batang) 

Hewan ini biasanya jinak dan tidak memiliki insting pemburu. Bentuk morfologis tubuhnya pun khas. Biasanya, hewan herbivora memiliki gigi geraham yang lebar dan bergerigi seperti yang dimiliki oleh sapi untuk menggiling daun, batang, atau rumput yang keras. 

Ada pula yang dilengkapi dengan tembolok yang dimiliki oleh burung yang mengonsumsi biji-bijian. Fungsi tembolok ini hampir sama dengan geraham yang dimiliki oleh sapi.

3. Omnivora alias hewan pemakan segala, baik daging ataupun tumbuh-tumbuhan

Morfologi hewan omnivora biasanya merupakan gabungan dari bentuk hewan karnivora dan herbivora. Gigi geraham hewan karnivora dipergunakan untuk melumat makanan, gigi taring untuk mengerat, sedangkan gigi seri untuk memotong hasil buruannya.

Baik hewan herbivora, karnivora, omnivora memiliki ciri khas tersendiri untuk mempermudah konsumsi hasil buruannya. Namun, terkadang kita tidak bisa langsung mengklasifikasikan hewan-hewan berdasarkan jenis makanannya. 

Karena terkadang ada pula hewan yang memakan daging hewan buruan juga bisa mengonsumsi bangkai hewan lainnya. Bahkan, ada pula hewan karnivora seperti kucing yang sesekali mengonsumsi tumbuh-tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan seratnya.

Post a Comment for " Pengelompokan Hewan Karnivora, Herbivora, Omnivora"