Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Macam Hewan Pemakan Serangga

Bunglon

Tiap hewan yang hidup di bumi memiliki ciri khas masing-masing. Mulai dari bentuk tubuh, habitat, atau jenis makanannya. Hewan Pemakan Serangga adalah salah satu dari keaneka ragaman tersebut.

Hewan pemakan serangga ini termasuk dalam jenis insektivora, yaitu organisme yang hidup dari memakan serangga. 

Hewan pemakan serangga ini banyak macamnya, mulai dari jenis kadal, amphibi, bahkan dari bangsa burung. Serangga yang dimakan pun ada bermacam-macam, misalnya saja lalat, nyamuk, jangkrik, atau kupu-kupu.

Beberapa Jenis Hewan Pemakan Serangga

1. Cicak

Hewan melata yang satu ini paling populer sebagai hewan pemakan serangga. Hampir semua serangga terbang menjadi kesukaan mereka, mulai dari nyamuk, lalat, kupu-kupu, ngengat, atau laron.

Cicak banyak ditemukan di dinding-dinding rumah, merayap mencari mangsa yang sedang lengah.

2. Bunglon

Anda pasti tak asing dengan bunglon, hewan yang beradaptasi di lingkungannya dengan cara berubah warna ini termasuk hewan pemakan serangga. Mereka suka sekali memakan ngengat, kupu-kupu, atau capung yang ada di dekat mereka.

Habitat bunglon adalah di hutan, berkeliaran dari satu pohon ke pohon lain. Jika  ingin makan, mereka biasanya akan berdiam diri pada satu pohon. Lalu berkamuflase meniru warna di sekitarnya  sambil menunggu mangsa mendekat.

3. Katak

Katak termasuk hewan amphibi (hidup di air dan di darat) yang juga termasuk insektivora atau hewan pemakan serangga. Mereka memakan serangga-serangga seperti lalat, kupu-kupu atau nyamuk. Beberapa jenis katak, makan dengan cara menjulurkan lidah mereka yang panjang.

4. Trenggiling

Hewan yang satu ini memiliki tubuh agak panjang, bersisik kuat sebagai perisai tubuh, dan memiliki lidah yang panjangnya bisa mencapai sepertiga panjang tubuhnya sendiri.

Bila  merasa terganggu atau terancam, ia akan menekuk/menggulung tubuhnya hingga terlihat seperti bola yang kokoh.

Makanan kesukaan trenggiling adalah semut dan rayap. Itulah alasan lidah trenggiling berbentuk panjang. Lidah yang panjang ini sangat berguna untuk menjangkau semut yang berada di dalam sarang mereka (biasanya di dalam lubang-lubang tanah). 

Begitu pula dengan rayap. Lidah trenggiling ini bisa menangkap rayap-rayap yang ada di batang pepohonan.

5. Burung

Beberapa jenis dari hewan terbang ini termasuk hewan pemakan serangga. Misalnya saja burung prenjak. Burung bertubuh mungil ini suka memakan aneka jenis serangga, mulai dari belalang, kupu-kupu, atau jangkrik.

Contoh hewan pemakan serangga pada jenis burung ini adalah burung jalak.  Mereka suka sekali makan serangga berupa kroto (telur/anak semut yang masih berwarna putih).

6. Laba-laba

Hewan berkaki banyak ini termasuk ke dalam bangsa serangga. Namun mereka pun suka memakan serangga lainnya yang lebih kecil.

Hampir semua jenis laba-laba  menciptakan jaring-jaring dari benang halus untuk menangkap mangsa. Nyamuk, lalat, atau kupu-kupu adalah serangga-serangga kecil yang umumnya terjebak dalam jaring laba-laba.

Kalau sudah mendapat mangsa, laba-laba akan menggigit hewan malang itu dan membungkusnya dengan benang halus yang keluar dari perutnya. Ini dilakukan untuk menyimpan serangga tersebut sebagai cadangan makanan.

Beberapa jenis laba-laba lain tidak memerlukan jaring untuk menangkap mangsanya. Jenis laba-laba ini akan melompat dan menangkap langsung serangga yang menjadi target. Tarantula adalah salah satu laba-laba yang suka menangkap langsung mangsanya.

Beberapa jenis laba-laba yang lain, malah memakan laba-laba sesamanya (kanibal), biasanya ini dilakukan oleh laba-laba betina yang setelah kawin langsung memakan pejantannya misalnya  laba-laba black widow.

Post a Comment for " Berbagai Macam Hewan Pemakan Serangga"