Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Energi Listrik di Sekitar Kita

Energi Listrik di Sekitar Kita

Bisakah Anda bayangkan apa yang akan terjadi bila hari ini Anda kehabisan energi karena kelelahan dan akhirnya tidak bisa melakukan satu pekerjaan? 

Energi adalah daya yang kita punya agar dapat melakukan pekerjaan tertentu. Begitupun, energi yang ada di sekitar kita seperti energi listrik.

Jika tidak ada energi listrik, kita tidak bisa belajar dengan tenang pada malam hari karena tidak ada lampu sebagai penerangan, baju-baju yang akan dipakai pun tidak bisa kelihatan rapi karena tidak disetrika, dan banyak dampak lain yang dapat timbul tanpa energi hasil temuan Michael Faraday ini.

Sejarah Penemuan Listrik

Sebelum listrik dan kegunaannya sampai di tengah-tengah kita, energi ini mengalami masa penemuan yang panjang dan proses yang agak rumit. 

Bapak Listrik, Faraday, membuat listrik yang ditemukannya menjadi sebuah teknologi yang kegunaanya sangat luas dan bermanfaat sejak dunia berada dalam "masa gelapnya" hingga terang benderang.

Listrik merupakan salah satu penemuan mendunia yang terus diakrabi hingga saat ini. Kini, hampir seluruh manusia di muka bumi sangat menggantungkan hidupnya pada listrik. Manusia menggunakan benda-benda yang menggunakan energi listrik untuk memudahkan pekerjaan mereka.

Sumber-Sumber Energi Listrik

Listrik memegang peranan penting dalam tiap sisi kehidupan manusia modern. Dalam rumah tangga dan industri, listrik sangat dibutuhkan untuk menunjang setiap kegiatan yang dilakukan. 

Setiap sudut rumah kita pasti perlu energi ini, mulai lampu kamar, televisi, komputer, mesin cuci, dan kipas angin atau air conditioner (AC). Semua peralatan itu membutuhkan listrik.

Sumber energi listrik utama yang sampai sekarang masih digunakan berasal dari energi fosil yang diolah menjadi minyak bumi, batu bara, dan gas. Energi tersebut mengalami pembakaran menjadi uap yang kemudian membentuk energi kinetik atau gerak. 

Energi yang dihasilkan berfungsi menggerakkan generator dalam menciptakan energi listrik. Kemudian, disalurkan ke beberapa tempat di pelosok negeri, seperti rumah, sekolah, kantor, bank, swalayan, dan pabrik.

Sumber energi listrik lainnya, seperti baterai dan accumulator, banyak dipergunakan untuk menggerakkan sesuatu dengan kapasitas tertentu dan dapat direcharge. 

Kelebihannya benda yang menggunakan baterai dapat dibawa ke mana-mana, misalnya handphone atau aki mobil saat mobil sedang berjalan.

Pasokan listrik yang semakin menipis menimbulkan berbagai masalah di Indonesia. Namun, upaya penemuan energi listrik baru dari sumber lain yang potensial terus diusahakan. Misalnya, manfaat angin, pasang surut air laut, hingga tenaga nuklir. 

Penghematan pemakaian listrik juga turut membantu. Anda bisa menghemat dengan mulai menggunakan barang-barang elektronik yang hemat daya voltnya.

Demikian ulasan tentang energi listrik di sekitar kita, semoga informasi ini berguna dan bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for " Energi Listrik di Sekitar Kita"