Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembahasan Mendalam Dalam Merencanakan Program CNC

 

Pembahasan Mendalam Dalam Merencanakan Program CNC
image via freepik

Pembahasan Mendalam Dalam Merencanakan Program CNC - Memahami Mesin Computer Numerical Control (CNC) serta mempelajari metode pemrograman mesin-mesin tersebut belum cukup untuk memaksimalkan kemampuan perangkat tersebut. Meskipun Anda mahir dalam kedua hal tersebut di atas, pemahaman yang tepat tentang prosedur langkah demi langkah tetap penting untuk di ketahui dan dipahami.

Pada artikel kali ini kita akan berbicara tentang prosedur langkah demi langkah pemrograman Mesin Computer Numerical Control (CNC) yang direkomendasikan oleh Operator Mesin CNC dan pemrogram paling berpengalaman. 

Prosedur Dan Langkah - Langkah Dalam Perencanaan Program CNC

Langkah pertama adalah setiap kali kita mencoba memprogram Mesin CNC, maka hal pertama yang harus dipertimbangkan oleh operator mesin adalah cetak biru dari bagian yang kita coba buat. Pemahaman dan pembacaan yang tepat dari cetak biru adalah keterampilan dasar dan terpenting dalam Industri manufaktur yang harus diketahui oleh para insinyur, manajer, operator mesin CNC serta pemrogram CNC.

Pemahaman yang benar tentang cetak biru ini akan membantu operator mesin CNC serta pemrogram untuk menggunakan mesin CNC yang sesuai untuk digunakan.

Langkah kedua pada pemrograman yang tepat dari Mesin CNC adalah dengan memilih jenis Mesin yang sesuai yang akan digunakan. Di sinilah pemahaman yang tepat dari setiap jenis mesin berperan. Mengetahui jenis desain, spesifikasi serta fitur mesin akan membantu Anda dalam memilih mesin yang sesuai.

Langkah ketiga adalah analisis operasi atau lembar penyiapan. Lembar penyiapan digunakan untuk menjelaskan proses yang diperlukan untuk membuat bagian-bagian pada mesin CNC. Lembar penyiapan mencakup urutan mesin yang tepat dan juga alat dan data pemotongan yang akan digunakan. 

Spesifikasi yang tertulis pada lembar pengaturan membantu pemrogram tentang algoritma yang tepat yang dibutuhkan oleh Mesin Computer Numerical Control (CNC).

Langkah keempat adalah pemilihan alat yang tepat yang diperlukan untuk membuat bagian. Langkah ini penting dalam praktik manufaktur industri, pada dasarnya alat yang akan dipilih didasarkan pada akal sehat dan operator dan pemrogram CNC yang baik harus mengetahuinya. 

Biasanya ada checklist tertentu pada langkah ini, poin terpenting dari checklist ini adalah mengetahui material apa yang akan dikerjakan serta karakteristiknya.

Langkah kelima adalah menghitung data pemotongan. Perhitungan yang tepat merupakan salah satu langkah penting dalam proses perencanaan. Di sinilah kecepatan spindel, nilai federasi, kecepatan potong, dan kedalaman pemotongan dihitung agar sesuai dengan spesifikasi di cetak biru. 

Langkah keenam adalah proses pemrograman yang sebenarnya, ini juga merupakan langkah di mana Unit yang tepat dimasukkan ke dalam algoritma pemrograman Mesin CNC. Di sinilah kami menggabungkan semua kode yang diperlukan untuk menjalankan seluruh mesin CNC dalam perangkat lunak CAD. 

Pertimbangan Pemrograman

Agar pemrogram lain dapat menganalisis dan menambahkan algoritme Anda, penting untuk memiliki pertimbangan pemrograman tertentu. Pertimbangan program ini disarankan oleh Pemrogram dan Operator Mesin CNC yang berpengalaman. 

Pertama, penting bagi Anda untuk mengembangkan teknik pemrograman yang akan mudah dipahami oleh pengembang lain, dengan program teknik pemrograman yang baik dapat dengan mudah ditambahkan jika ada kesalahan.

Kedua, penting juga untuk mengoreksi semua program untuk kesalahan tipografi sebelum dijalankan dalam perangkat lunak CAM, ini untuk memastikan bahwa mesin CNC akan mengoperasikan operasi yang diinginkan. 

Dan yang paling penting dari semuanya adalah menjaga program Anda sesederhana mungkin agar mesin dapat memproses instruksi lebih cepat. 

Industri Yang Terus Menentukan Presisi CNC

Sejak awal pengenalan mesin CNC (Computer Numerical Control) di sektor permesinan, mereka telah dipuji karena akurat, cepat, konsisten, dan fleksibel. Meskipun mesin CNC tidak sepenuhnya independen, banyak industri besar bergantung pada mesin ajaib ini. Industri umum yang bergantung pada CNC termasuk industri logam dan industri pertukangan. Namun, industri ini, ketika kecil-kecilan, dapat dioperasikan dengan tangan.

Pada artikel ini, Anda akan belajar tentang industri yang bergantung pada CNC bukan karena mereka tumbuh besar pada waktunya tetapi karena harus. Bisa juga mereka bergantung pada CNC karena industri mereka menuntut tingkat toleransi yang rendah dan tingkat kecanggihan yang tinggi. 

1. INDUSTRI AEROSPACE

Pertama, ini sudah merupakan industri yang sangat canggih. Gelar teknik (semata-mata) tidak akan membawa Anda ke mana pun di industri Aerospace. Permintaan industri ini sangat tinggi dari anggotanya sehingga produsen mesin yang termasuk dalam industri ini hanya mempercayai permesinan CNC terbaik dari yang terbaik. Faktanya, sumber mengatakan bahwa istilah "Mesin Presisi" telah diciptakan dari industri ini. 

Dalam material yang mereka gunakan, industri dirgantara sudah banyak menuntut. Mesin CNC yang digunakan di sini sebagian besar mampu menangani Inconel, Titanium, Magnesium, Stainless Steel dan banyak lagi. Dari bagian roda pendaratan, kursi antar-jemput, rumah, dan bahkan pembuatan oksigen, mesin CNC berperan besar dalam pembuatannya.

Bukan hanya itu, setiap mesin CNC yang digunakan dalam industri ini juga harus disetujui DAN DIPERINGKATKAN oleh Federal Aviation Administration (FAA) agar aman dan tentunya mampu melakukan "Mesin Presisi". 

2. INDUSTRI KEDOKTERAN

Jika Industri Dirgantara menuntut ketepatan di atas segalanya, Industri Medis menuntut kesterilan dan ketepatan. Itu adalah sesuatu yang mungkin sudah Anda ketahui sejak Anda mendapatkan vaksin pertama. Kebanyakan mesin CNC yang bekerja untuk industri ini adalah multi-spindle dan mengandung mesin bubut multi-turret.

Fitur khusus ini memungkinkan perusahaan mengeluarkan komponen untuk peralatan rumah sakit, pengukur denyut nadi, sistem pemurnian darah, dan alat kesehatan ibu. Mereka juga berguna dalam produksi massal barang sekali pakai dan komponen yang tidak dapat disematkan. 

Penggilingan torsi tinggi dan spindel putar sangat dibutuhkan dalam industri ini untuk memungkinkan pengguna memproses semua substrat yang saat ini digunakan di pasar perangkat medis dan implan ortopedi. Selain itu, mesin CNC yang direkomendasikan dalam industri medis adalah yang dapat menangani Titanium, Cobalt Chromium, Nitinol dan lainnya dengan baik.

3. INDUSTRI MILITER

Perhatian utama industri ini selain presisi adalah keamanan. Faktanya, jika Anda mencoba mencari secara online material yang diproduksi CNC atau mesin CNC yang digunakan dalam industri ini, tidak peduli seberapa terkenal reputasinya, produsen tidak dapat menampilkan (gambar) material yang telah mereka produksi untuk klien mereka. Mereka hanya dapat menampilkan produk yang mereka gunakan.

Industri ini sangat berhubungan dengan Inconel, Titanium, Kevlar, Monel dan Hastealloy; jadi sebagian besar mesin CNC yang direkomendasikan di industri Militer harus mampu menangani itu.

Penilai standar CNC terkenal dalam industri ini termasuk Departemen Pertahanan Dan Keamanan, Spesifikasi Mil (Spesifikasi Militer) dan sektor militer terpilih lainnya.

Manajer puncak industri ini juga menuntut mesin CNC mereka dibeli dari pemasok mesin CNC yang mematuhi Organisasi Standar Internasional (ISO). 

Demikianlah uraian artikel terkait dengan Pembahasan Mendalam Dalam Merencanakan Program CNC. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

Post a Comment for " Pembahasan Mendalam Dalam Merencanakan Program CNC"