Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kontrol Gerak Adalah Inti Dari Mesin CNC

 

Kontrol Gerak Adalah Inti Dari Mesin CNC
image via freepik

Kontrol Gerak Adalah Inti Dari Mesin CNC- Apakah Kontrol Gerak itu? Kontrol gerak dapat diterapkan dalam banyak kategori seperti robotika, peralatan mesin yang dioperasikan CNC dan Kinematika, dimana kontrol gerak dalam kinematika biasanya lebih sederhana. Ini dapat digunakan terutama saat ini dengan pengemasan, tekstil, industri perakitan, percetakan, dan produksi semikonduktor. 

Perangkat keras mesin yang dikendalikan gerak biasanya terdiri dari sistem penggerak, motor, komputer, PLC atau Programmable Logic Controller untuk menjalankan program, dan amplifier. 

Desain dasar dari sistem kontrol gerak akan mencakup pengontrol gerak untuk menghasilkan serangkaian titik termasuk menutup posisi, penggerak atau penguat untuk mengubah sinyal kontrol pengontrol gerak menjadi arus listrik daya tinggi, aktuator, satu atau lebih. sensor umpan balik, dan komponen mekanis untuk mengubah gerakan dari aktuator menjadi gerakan yang diinginkan. 

Mesin CNC menggunakan perintah yang dapat diprogram untuk mempermudah memasukkan gerakan ke mesin daripada menggunakan engkol atau peralatan mesin konvensional lainnya. Hampir semua peralatan mesin CNC dapat memiliki jenis gerakan yang dapat diprogram (apakah itu cepat, linier atau melingkar), jumlah gerakan, laju umpan balik, dan sumbu untuk bergerak.

Kontrol gerak adalah fungsi paling sederhana dari semua mesin Computer Numerical Control (CNC). Ini adalah sistem kontrol yang tepat, konsisten, dan otomatis. Peralatan CNC membutuhkan dua atau lebih mode arah yang disebut sumbu. 

Ada dua jenis sumbu yang sama dan disebut linier dan putar. Jenis kontrol gerak sumbu linier didorong di sepanjang jalur lurus sedangkan jenis sumbu putar didorong di sepanjang jalur melingkar.

Operator mesin yang dikendalikan gerak menghitung jumlah putaran yang dibuat pada handwheel, menambahkan generasi dial akan mencapai pemosisian yang akurat. Motor penggerak mesin akan diputar ke jumlah yang dihasilkan, yang kemudian akan menggerakkan sekrup bola, yang akan menyebabkan gerakan linier sumbu. Perangkat umpan balik di ujung sekrup bola akan mengkonfirmasi putarannya. 

Gerakan linier yang sama dapat ditemukan di catok meja. Saat Anda memutar engkol catok, itu juga akan memutar sekrup utama, yang kemudian akan dapat menggerakkan rahang yang dapat digerakkan di catok meja. 

Dibandingkan dengan mesin CNC yang dikendalikan motor, sumbu linier di dalamnya sangat presisi dibandingkan dengan catok meja. Ini karena jumlah putaran motor penggerak sumbu pada mesin CNC secara akurat mengontrol jumlah gerakan linier di sepanjang sumbu.

Perintah CNC yang diprogram dan dieksekusi dalam kendali mesin akan memberi tahu motor penggerak mesin tersebut berapa kali tepatnya ia akan berputar. Ini pada gilirannya akan memutar sekrup bola kemudian sekrup bola akan menggerakkan sumbu linier. 

Setelah proses dimulai, perangkat umpan balik yang terletak di ujung sekrup bola akan mengkonfirmasi jumlah putaran yang diprogram yang akan dijalankan mesin telah diterapkan.

Bagaimana gerakan sumbu dikendalikan?

Memanfaatkan bentuk sistem koordinat akan membuat pengendalian sumbu jauh lebih sederhana dan lebih logis untuk kontrol CNC. Dua sistem koordinat yang digunakan pada mesin-mesin CNC yang populer adalah sistem koordinat persegi panjang dan sistem koordinat kutub, yang lebih populer dari keduanya adalah sistem koordinat persegi panjang.

Grafik adalah aplikasi umum untuk sistem koordinat persegi panjang dan diperlukan untuk menyebabkan pergerakan pada mesin CNC.

Terima kasih telah berkunjung di blog saya. Dapatkan artikel - artikel menarik tentang dunia sains dan teknologi lainnya.

Post a Comment for "Kontrol Gerak Adalah Inti Dari Mesin CNC"