Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Operator CNC

Apa Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Operator CNC
image via freepik

Apa Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Operator CNC - MenjadiMenjadi operator CNC mungkin tampak terlalu mudah tetapi lihat persyaratan dari perusahaan dan Anda akan berpikir dua kali tentang tingkat kesulitan menjadi operator CNC.

Menjadi operator CNC membutuhkan lebih dari sekadar mampu menangani berjam-jam menatap monitor atau membuat tumpukan input untuk program. Artinya adalah Anda harus memiliki kemampuan pemrograman yang luar biasa dan setidaknya pengetahuan dasar permesinan.

Persyaratan Pekerjaan

Seorang operator CNC harus memiliki pengetahuan tentang membaca cetak biru. Sebab, konsep desain dasar dan konstruksi sangat bergantung pada cetak biru. Selain itu, komponen yang diproduksi oleh perusahaan yang memiliki mesin CNC didasarkan pada cetak biru seluruh struktur. 

Oleh karena itu, jika Anda tidak tahu cara membaca cetak biru, Anda tidak akan tahu apa yang harus diprogram mesin untuk dilakukan.

Hal lain yang harus dimiliki oleh operator CNC adalah pengenalan dengan pengoperasian mesin. Jika operator tidak mengetahui peralatan mesin mana yang cocok untuk pekerjaan apa, atau seberapa cepat mesin dapat bekerja, atau berapa laju umpan untuk mesin, atau bahkan kedalaman pemotongan yang diperlukan untuk operasi tersebut, maka Anda tidak akan menjadi produktif dan operasinya akan gagal.

Hal paling jelas yang harus diketahui operator adalah karakteristik operasi umum alat berat. Dia harus tahu apa yang dijalankan mesin, tape, input data jaringan, atau floppy. Selanjutnya, prosedur input data yang tepat harus diperhatikan untuk menurunkan rasio kesalahan. Prosedur input data yang salah dapat menyebabkan seluruh siklus runtuh sehingga menurunkan tingkat efisiensi.

Bekerja dengan mesin CNC berarti Anda juga akan berhadapan dengan banyak pekerjaan komputer. Ini berarti Anda harus terbiasa dengan pengoperasian komputer dasar. Selain itu, Anda harus tahu cara menginterpretasikan data dalam tumpukan keluaran program.

Persyaratan Dan Keuntungan Perusahaan

beberapa perusahaan membutuhkan lebih dari apa yang tertulis di atas. Seringkali, mereka meminta pelamar untuk terbiasa dengan sistem yang mereka gunakan. Di lain waktu, mereka ingin pelamar memiliki tidak kurang dari lima tahun pengalaman bekerja di pabrik atau setidaknya bekerja dengan mesin CNC. 

Selain itu, beberapa perusahaan mengharuskan pelamar untuk melakukan program pelatihan khusus untuk memastikan pemberi kerja bahwa materi yang mereka peroleh sepadan dengan uang yang akan mereka keluarkan.

Namun, manfaat yang bisa dipetik cukup padat. Gaji dan asuransi sering kali bisa dinegosiasikan. Jam kerja juga sangat cepat! Yang harus Anda lakukan adalah memulai siklus dan kemudian duduk dan sesekali memeriksa gangguan. Selain itu, perusahaan-perusahaan ini sering kali menjaga operator mereka karena selalu ada kekurangan orang yang cukup terampil untuk memegang posisi tersebut. 

Jadi, apa yang dibutuhkan untuk menjadi operator CNC? Untuk mensintesis persyaratan, Anda harus sangat bertekad untuk lulus persyaratan perusahaan tempat Anda melamar. Dan kemudian, Anda harus dapat dengan cepat merestrukturisasi program jika terjadi kesalahan yang mungkin dihadapi komputer selama proses tersebut.

Manfaatnya kuat dan besar, tetapi untuk dapat melewati persyaratan itu seperti selamat dari dari sebuah tantangan. Pikirkan tentang karier ini. 

Post a Comment for "Apa Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Operator CNC"