Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 25 Aplikasi Android Paling Populer

 

Daftar 25 Aplikasi Android Paling Populer

Android adalah operating system (OS) buatan Google yang diperuntukkan bagi smartphone. Android merupakan sistem operasi yang ramah pengguna, dan mudah untuk ditambahkan berbagai aplikasi pendukung untuk meningkatkan kinerjanya. 

Berbagai software developer atau pengembang perangkat lunak berlomba untuk membuat aplikasi yang bisa dijalankan di platform Android ini, baik itu berbayar maupun gratis, terdiri atas aplikasi bisnis, hiburan, kantoran, dan sebagainya. 

Berikut ini 25 aplikasi Android paling populer. Aplikasi-aplikasi ini disarankan untuk diinstal di smartphone berbasis Android, tetapi tentu saja kembali pada penggunanya, membutuhkan atau tidak.

1. Documents To Go

Ini adalah aplikasi buatan DataViz, Inc. yang berguna untuk membuka file-file office, yang tentunya sangat berguna untuk yang ingin mengecek pekerjaan tapi sedang berhalangan untuk menggunakan komputer. 

Aplikasi ini mendukung format office yang populer, seperti doc, docx, xls, xlsx, ppt, pptx, dan PDF. Untuk versi gratis hanya bisa membuka file-file tersebut, jika ingin menyuntingnya maka bisa membelinya dengan harga 14,99 USD.

2. SPB Shell 3D

Aplikasi ini dikembangkan oleh SPB Software, merupakan aplikasi launcher yang sangat menarik. Aplikasi ini memodifikasi tampilan Android dengan berbagai efek 3D yang menarik sehingga Android tampak lebih atraktif. Aplikasi ini dihargai sebesar 14,99 USD.

3. Adobe Flash Player

Adobe System mengeluarkan produk Flash Player hampir untuk semua platform OS, tak ketinggalan untuk Android, walaupun tidak semua versi Android bisa diinstall aplikasi ini. Jika diperlukan aplikasi ini bisa di-install secara gratis.

4. Best Apps Market

Best Apps Market adalah aplikasi gratis yang mengarahkan pengguna Android ke situs market alternatif selain Google Play, yaitu best apps market.com. Di situs ini, seperti halnya pada google play, banyak tersedia berbagai game dan aplikasi alternatif yang bisa ditambahkan pada perangkat Android.

5. WhatsApp Messenger

Ini adalah salah satu aplikasi messenger lintas platform buatan WhatsApp Inc. dan juga menjadi salah satu aplikasi Android paling populer dan sangat menarik. 

Bukan hanya gratis, aplikasi ini juga bisa di instal tidak hanya pada Android, tapi juga pada Os lain seperti BlackBerry, iOS, Windows Phone, juga Symbian. Selain untuk chatting, WhatsApp juga bisa digunakan untuk bertukar file seperti gambar, suara, serta video call.

6. Opera Mini

Sejak awal pengembangannya, aplikasi buatan Opera Software ASA ini ikut merambah dunia Android, dan termasuk dalam jajaran aplikasi Android paling populer. 

Fitur andalannya seperti kemampuan kompresi data dari internet bisa menghemat pemakaian pulsa kala browsing lewat ponsel. Seperti pada platform OS lainnya, Opera Mini untuk Android ini juga gratis.

7. Facebook for Android

Aplikasi gratis dari Facebook ini berguna untuk memudahkan kita terhubung ke jejaring sosial yang sangat populer itu.

8. TweetCaster for Twitter

Aplikasi ini bukan resmi dikeluarkan oleh pengembang Twitter, tapi hasil pengembangan OneLouder Apps.

Aplikasi ini selain bisa mengoptimalkan Twitter juga bisa menghubungkan Twitter dan Facebook, update status yang kita buat bisa langsung tampil di Twitter dan Facebook. Selain itu, TweetCaster juga bisa memudahkan upload foto dengan menambahkan beberapa efek sebelum di-upload.

9. Battery Saver

Aplikasi gratis buatan antutu ini sangat berguna untuk manajemen baterai, agar penggunaannya lebih optimal dan tidak boros.

10. Poweramp Music Player

Dikembangkan oleh Max MP (MSR Ltd.) ini merupakan aplikasi alternatif untuk memutar file-file audio, khususnya musik. Tersedia versi standar yang gratis dan versi dengan berbagai kelengkapan fitur tapi berbayar seharga 5,19 USD.

11. MyBackup Pro

Aplikasi yang cukup penting bagi yang tidak ingin kehilangan data-data pada memori ponsel atau gadgetnya. Aplikasi ini dapat membackup hampir semua data penting dalam Android. Aplikasi dari Rerware, LLC ini dihargai sekitar 4,99 USD saja. Demi keamanan, mengapa tidak?

12. Anti-Virus Pro

Kecanggihan Android serta banyaknya aplikasi yang bisa ditambahkan tidak menutup kemungkinan untuk disusupi aplikasi-aplikasi yang bersifat merusak atau virus, maka keberadaan aplikasi buatan AVG Mobilation ini sangat dianjurkan, apalagi pengemnag aplikasi ini sudah sangat berpengalaman dalam menangani virus pada PC. Harganya 1,99 USD saja.

13. Skype-Free Video Calling

Satu lagi aplikasi sejenis messenger yang sudah lintas platform. Kita bisa saling terhubung bukan hanya dengan sesama pengguna Android, tapi juga iOS, Mac atau PC.

Dengan kemampuan bukan hanya berkomunikasi dengan sesama pengguna Skype, tapi juga bisa menghubungi nomor telpon rumah atau ponsel, juga bisa video call dengan tarif yang lebih murah, dan aplikasi ini gratis.

14. App 2 SD

Aplikasi yang sangat berguna untuk memindahkan aplikasi yang telah terinstall di memori internal Android ke memori eksternal (SD Card). Aplikasi yang dikembangkan oleh Sam Lu ini gratis.

15. VLC Direct Pro

Aplikasi buatan DevPlus ini merupakan remote control bagi aplikasi sejenis di PC. Jadi kita bisa mengoperasikan software VLC di PC dengan menggunakan gadget Android yang telah terinstal VLC Direct Pro, dengan fungsi yang lengkap. Harganya adalah 3,57 USD.

16. MX Video Player Pro

Pemutar video standar pada Android hanya bisa memutar sedikit saja format video, dengan aplikasi dari MX Technologies ini, format video yang bisa diputar menjadi lebih banyak, tak hanya itu, kita juga bisa menyertakan subtitle untuk film yang sedang kita tonton, fungsi zoom, dan masih banyak lagi, aplikasi ini memang tidak gratis, yaitu seharga 5,36 USD.

17. Camera ZOOM FX

Aplikasi dari android slide ini tidak gratis, dan dihargai sekitar 2,83 USD. Tapi, itu cukup sebanding dengan apa yang akan kita peroleh. Kamera dari seri Android kelas menengah ke bawah, akan berubah menjadi secanggih kamera digital kelas atas.

18. SoundHound

Aplikasi ini dapat mengenali informasi dari sebuah potongan lagu yang berasal dari fitur radio pada ponsel yang bersangkutan atau dari sumber lain, bahkan lagu yang disenandungkan oleh seseorang. Aplikasi ini dibuat oleh SoundHound Inc. dan dibanderol seharga 4,99 USD.

19. Yahoo! Messenger

Aplikasi Chatting yang fenomenal ini juga hadir pada perangkat Android. Selain gratis, juga memiliki fitur seperti aplikasi messenger lainnya dan dapat digunakan untuk SMS internasional.

20. Layar

Aplikasi gratis ini berbasiskan teknologi Augmented Reality (AR). Fungsinya adalah sebagai pengenal objek, kita hanya perlu mengarahkan kamera ke suatu objek, maka informasi mengenai objek itu akan tampil pada display gadget.

21. Google Goggles

Aplikasi gratis ini dibuat oleh pengembang Android, yaitu Google Inc. dengan aplikasi ini kita bisa mengetahui berbagai informasi yang berasal dari suatu objek yang kita ambil menggunakan kamera dari Android. Selain itu aplikasi ini juga bisa menerjemahkan beberapa bahasa asing.

22. YouTube

Ya, Aplikasi ini berfungsi untuk download dan upload file video dari dan ke situs YouTube dengan lebih mudah dan simpel. Aplikasi ini masih dari Google Inc. dan gratis.

23. ASTRO File Manager

Aplikasi gratis buatan Metago ini adalah sebagai alternatif file manager pada OS Android yang bisa memenej dengan cerdas berbagai file menurut jenisnya.

24. Vlingo Virtual Assistant

Aplikasi gratis ini dibuat untuk memudahkan penggunaan Android. Karena hampir semua fungsi dalam Android, seperti, mengirim SMS, email, melakukan penelusuran di internet, memutar lagu, dan lain-lain bisa dilakukan hanya dengan perintah suara.

25. Quadrant Standard Edition

Sebuah aplikasi gratis buatan Aurora Softworks yang berfungsi untuk benchmark, atau mengetahui kemampuan suatu perangkat untuk dibandingkan dengan perangkat lain. 

Dengan mengetahui kemampuan dari perangkat Android kita, maka kita diharapkan tidak salah dalam memilih aplikasi yang sesuai dengan kemampuan perangkat yang kita miliki.

Semua aplikasi Android paling populer itu dapat diunduh dari situs Google Play. Sebenarnya, penting atau tidaknya tergantung pada pemilik perangkat Android dan berhubungan dengan aktivitasnya. Satu aplikasi mungkin sangat berguna bagi seseorang, tapi bagi orang lain mungkin hanya dianggap merepotkan.

Posting Komentar untuk "Daftar 25 Aplikasi Android Paling Populer"